Lagi-lagi Bikin RT/RW Net Sistem Voucher | Catatan Lamers

24 May 2016

Lagi-lagi Bikin RT/RW Net Sistem Voucher

  13 comments
RT/RW Net Sistem Voucher merupakan usaha yang lumayan menjanjikan, sebelumnya saya sudah pernah membuat yang serupa di tempat tinggal saya yang lama, dan alhamdulillah sampai sekarang masih terus beroperasi walaupun saya sekarang tidak lagi berada di tempat tersebut. Pengelolaannya pun saya wariskan kepada teman saya, dan tiap bulan saya sering mengunjungi tempat lama saya untuk mengambil pendapatan sekaligus Maintenance jika ada perangkat yang bermasalah.

Posisi saya sekarang sudah lumayan jauh dari tempat tinggal asal saya, Setelah beberapa hari menempati tempat tinggal baru saya berfikir untuk membuka RT/RW Net lagi karena pasar yang menjanjikan. Tempat tinggal saya sekarang berada di daerah pinggiran Kota, walaupun jauh dari Kota ,ekonomi di tempat ini terbilang cepat semenjak berdirinya Beberapa Perusahaan Minyak di daerah ini. Sebagian besar Masyarakat ditempat ini bekerja di Perusahaan-perusahaan Besar tersebut dengan Sallary yang lumayan tinggi. Bukan maksud merendahkan, Namun masyarakat disini masih terbilang awam untuk dunia informatika, Barulah setelah Masuknya Perusahaan-perusahaan besar disini Masyarakatnya mulai Melek Internet ini dibuktikan dengan Sudah ramainya penggunaan smarthphone Android dibandingkan dahulu sebelum adanya perusahaan-perusahaan tersebut diatas.

Tolak ukur inilah yang mendasari saya ingin membuat RT/RW Net lagi ditempat ini. Apalah arti Smartphone Android Tanpa Internet. Kira-kira seperti itu kata yang cocok untuk saya gambarkan di kondisi saya sekarang ini. Telkom sebagai Salah satu ISP pun mulai membuka sayapnya ditempat ini, namun karena kurangnya pengetahuan Masyarakat tentang prosedur pemasangan jaringan dari telkom membuat kurang berkembangnya Jaringan telkom di tempat ini, Kesempatan ini  secepatnya saya manfaatkan dengan membangun RT/RW Net.

Kebutuhan Untuk membangun RT/RW Net pun terbilang Simpel, Karena baru mau mulai saya pun hanya menggunakan beberapa perangkat sederhana seperti :

  1. 1 Buah Modem (Dari Telkom)
  2. 1 Buah Mikrotik (RB750)
  3. 2 Buah Access Point ( TP-LINK WA5210G)
Perangkat2 tersebut pula yang dahulu saya gunakan di awal membangun RT/RW Net di tempat lama saya sampai akhirnya saya mengganti semua perangkat ditempat lama saya dengan menggunakan Perangkat UBNT

Langkah-langkah :
  • Harus punya seumber internet. Saya menggunakan Indihome (Telkom) dengan Bandwicth 3Mb dan biaya sekita 450rbu/ Bulan
  • Setting Router Mikrotik untuk dijadikan Server Hotspot
  • Setting TP-LINK WA5210G Menjadi Access Point alias pemancar Signal Wireless
  • Bikin Voucher menggunakan Fitur Userman yang ada di Mikrotik
  • Promosi dan Promosi :D
Simpel Kan ? untuk Settingan lebih detail tentang Step-step di atas bisa anda Bongkar isi Blog ini, karena sudah pernah saya tulis sebelumnya :D







13 comments :

  1. assss.... bang gimana cara mmbuat voucer hotspot dengan mikrotik rb 750 gl


    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ia ya, saya Lupa..
      saya belum pernah menulis artikel tentang Setting Hotspot

      Ntar saya tulis :D

      Delete
  2. kalau 3mbs bisa brpa user mas dan brpa pembagian kecptannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah user sama kecepatan,itu tergantung mas nya sendiri
      bsa di bikin 1 user 1mb jumlahnya 3 user
      bisa dibikin 1 user 512k, jadi dpt 6 user
      dst,,
      100 User pun bisa, masing2 dapat 30kb :v

      Delete
    2. tapi kok mahal amat ya 3mb sampe 450 :v

      Delete
    3. ya begitulah
      hehehe
      satu2nya ISP yg ad di daerah sy cma Ada telkom

      Trus untk iurannya pun lebih tinggi dari pada dikota2 lain untuk kecptan BW yg sama

      Cma bsa sabar., semoga ISP lain yg harganya merakyat bisa masuk di daerah sy :D

      Delete
  3. Jangkauan TP-LINK WA5210G brp meter gan? Klo user 1km, cukup gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lngsung ke HP/Laptop -+300m

      kalo clientnya pake radio jga 2km msih bisa konek

      Delete
  4. mas saya sudah bikin internet sistem voucher pake mikrotik OS dan saya berencana meningkatkan coverage area dengan menggunakan Tp link 7210n sebagai penerima dan 941HP sebagai akses poitnnya tapi kok billingnya sering error.kadang user akun sering di tolak kadang 1 konek yang lainnya gak bisa konek...mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dijelasin lebih rinci Errornya seperti apa ? apa pesan errornya ?

      Delete
    2. pesannya akun di tolak ( aktivkan java scrip atau refresh halaman )
      tapi kalo saya bikin dengan mode extender ( repeater ) normal tapi kejadiaanya ap sering hank

      Delete
  5. struktur saya spertti ini
    modem ----->mikrotik-------->AP( CPE 210 /mode access point ) kalo langsung dari sini diterima oleh HP/Laptop/Tablet normal

    kemudian coverage saya saya tingkatkan dengan memamakai AP Outdor tplink 7210n---> tplink 941HP-----> dengan settingan tplink 7210 sebagai penerima dari CPE210 kemuadian 941HP sebagai access point kejadiannya kalo login satu orang maka orang yang lain tidak perlu masuk ke web login mikrotik alias langsung konek. tapi kalo saya setting 7210n sebagai birgade dan 941HP sebagai ap maka yang bisa login hanya 1 orang yang lainya user akun selalu di tolak. mohon jelaskan settingan yang benar untuk perangkat tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gini gan
      saya belum pernah make CPE210, jadi sy kurang tw menu2 didalamnya sama fungsi2nya..sy cuma nyoba pake TP-Link Simulator aja

      Ok Next, Untuk 7210N coba pake Mode Bridge With AP
      nah jika kasusnya saat ada 1 Client yang konek dan login terus yang lainya langsung bisa berinternet, Bisa dipastikan AP yang di pake dalam Mode Bridge, untuk membuktikan silahkan Cek IP Address Clientnya, apa masih 1 subnet dengan IP Hotspot Server gak

      Solusinya, semua radionya harus dalam Mode bridge..

      Delete