Cara Memperbaiki Canon IP2770 Blink 3x Bergantian / Error 6000 | Catatan Lamers

17 January 2017

Cara Memperbaiki Canon IP2770 Blink 3x Bergantian / Error 6000

  No comments
Assalamualaikum, akhir-akhir ini Blog Catatan Lamers ini mulai jarang di update karena aktifitas didunia nyata yang lumayan padat sehingga tidak sempat buat saya menulis konten di blog ini. Salah satu kegiatan yang saya lakukan akhir-akhir ini adalah Service Printer atau lebih tepatnya "belajar Memperbaiki Printer".

Salah satu jenis printer yang coba saya pelajari cara memperbaikinya adalah Canon IP2770, dengan problem atau indikasi masalah lampu led hijau (power) dan kuning/orange berkedip bergantian sebanyak 3 x (tiga kali) dan pesan error yang muncul dilayar komputer adalah Error 6000
Cara Memperbaiki Canon IP2770 Blink 3x Bergantian / Error 6000

Sebelumnya saya pernah mendapati masalah yang hampir mirip, yaitu ketika lampu led orange/kuning berkedip sebanyak 3 kali dan lampu powernya normal alias tetap menyala dan tidak berkedip. dan untuk hal tersebut penyebabnya ada pada gir gir mekanik yang macet sehingga untuk penangananya kita harus mengecek gir gir tersebut apakah ada yang patah atau ada benda yang nyangkut disela-sela sehingga roda gir mekanik tidak dapat berputar.

Nah untuk masalah yang sekarang (Blink 3 kali bergantian / Error 6000) Penyebab dan Solusi penangananya pun sama persis seperti problem pada "Blink orange 3x" yaitu ada masalah pada roda-roda gir mekanik sehingga perlu dilakukanya pengecekan dengan cara membongkar Printer IP2770 untuk mencari tahu lokasi Gir yang macet.

Umumnya, letak kerusakan ada di bagian motor/dinamo yang menggerakan Roda2 gir mekanik yang terletak di kiri depan Printer ( Cover printer menghadap anda). 
Cara Memperbaiki Canon IP2770 Blink 3x Bergantian / Error 6000
Dinamo Motor Gir Mekanik
Pada kasus yang saya alami, ternyata benar bahwa masalahnya ada disitu, yaitu Roda2 Gir tidak dapat berputar saat saya mencoba memutarnya dengan tangan secara manual. setelah saya cek lagi, penyebabnya ada pada Dinamo/Motor yang sudah berkarat, entah mungkin karena kena tinta dan sudah mengering untuk waktu yang cukup lama, maklum Printer Canon IP2770 yang saya tangani ini memang hanya saya dapatkan di gudang, dan saya perbaiki dengan tujuan untuk dijadikan kelinci percobaan untuk belajar memperbaiki Printer.
Cara Memperbaiki Canon IP2770 Blink 3x Bergantian / Error 6000
Dinamo / Motor IP2770 yang berkarat
Kebetulan saja, ada lebih dari 1 Printer yang ada di gudang, karena itu saya mencopot dinamo dari printer lain yang juga sudah rusak (Rusak mainboard) dan saya pasangkan ke Printer yang dinamonya berkarat tadi.

Pas dicoba, ternyata benar saja printer akhirnya sudah tidak lagi Blinking 3 kali bergantian, dan sudah ada respon dari printer, yaitu roda-roda gir berputar kembali dengan normal. 
Cara Memperbaiki Canon IP2770 Blink 3x Bergantian / Error 6000
Gir mekanik yang sudah diperbaiki dan dibersihkan
Karena printer ini emang udah lumayan berumur, setelah masalah Error 6000 tersebut teratasi, muncul lagi beberapa problem seperti Error 5100 dan beberapa error lainya. Namun setelah saya pelajari, akhirnya semua masalah tersebut bisa diatasi dan kini Printer Canon IP2770 tersebut sudah beroperasi kembali.

Untuk penanganan masalah Error lainya pada IP2770 akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Terima kasih
Wassalam :D.

No comments :

Post a Comment