17 January 2017

Bongkar isi Catridge Karena masalah tinta yang tidak keluar pada Canon IP2770

Tags

Assalamualaikum
Postingan ini masih berkaitan dengan postingan saya sebelumnya tentang Solusi Error 6000 pada Canon IP2770.

Ceritanya, printer yang error tersebut kini sudah mulai memperlihatkan tanda-tanda kehidupanya setelah melewati beberapa kali operasi karena komplikasi penyakit. maklumlah printer tua yang sudah tidak terurus.

Nah, kali ini penyakitnya adalah tidak ada tinta sama sekali yang muncul di kertas. Analisa saya awalnya mungkin ini karena emang Catridgenya kosong, setelah di isi tinta dan dicoba kembali melakukan print eh ternyata masih saja tetap tidak ada tinta yang keluar.

Kemungkinan besar, ada tinta yang membeku di head catridge karena sudah lama tak terpakai. Nah saya mencoba untuk membersihkanya dengan cara mencelupkan bagian head catridge ke dalam wadah yang berisikan air hangat dengan tujuan agar tinta yang membeku bisa keluar dan tinta bisa jalan normal kembali.

Oh ia, saat mencelupkan bagian head catridge, usahakan agar Pin Pin konektor tidak mengenai air untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan. Air yang digunakan usahakan hangat, karena kalau dingin Tinta yang beku akan sulit cair, dan kalau terlalu panas bisa bisa merusak head catridge. Celupkan bagian head catridge tersebut berulang-ulang agar tinta yang membeku dan menyumbat bisa keluar.
Bongkar isi Catridge Karena masalah tinta yang tidak keluar pada Canon IP2770

Setelah di celupkan ke Air hangat, saya membersihkan head catridge dan Pin-pin konektor menggunakan tisu dengan cara menempelkanya saja secara perlahan. selanjutnya saya memasang kembali catridge kedalam printer, sebelum melakukan printing, saya melakukan Deep Cleaning sebanyak 3 kali. 
Hasilnya tinta warna biru sudah bisa keluar, sedangkan kuning, merah dan hitam masih belum nampak dikertas. Saya ulangi lagi langkah mencelupkan Head ke dalam wadah berisikan air panas beberapa kali dan dilanjutkan dengan melakukan Deep Cleaning namun hasilnya sama saja. Hanya tinta biru saja yang keluar. Anggapan saya, ini pasti mau tidak mau, harus ganti catridge karena masalahnya pasti ada di catidge.

Karena tak ada Catridge cadangan, dan tidak mau keluar ongkos (ngirit, hehehe) akhirnya saya putuskan untuk mencoba membongkar isi catridge tersebut, tujuanya siapa tahu jika dibersihkan langsung dari dalam, catridgenya bisa berfungsi lagi, dan Kalo ternyata tidak berhasil ya paling tidak saya bisa lihat bagaimana penampakan isi dalam catridge.

Kirain untuk membuka catridge itu susah, ternyata sangat mudah. saya hanya menggunakan Obeng mines lalu saya congkel bagian atas atau penutup catridge secara perlahan untuk membukanya.
Bongkar isi Catridge Karena masalah tinta yang tidak keluar pada Canon IP2770

Abis itu saya keluarin gabus/serat (entah apa namanya) yang ada di dalam Catridge lalu saya bersihkan dengan air biasa sampai terlihat bersih. sedangkan bagian dalam Catridge saya cuci dengan Air hangat untuk mempermudah keluarnya tinta, karena kalau dengan air dingin agak sulit dan lama untuk membersihkanya. namun tetap perhatikan agar tidak ada air yang mengenai Pin Pin Konektor catridge.

Setelah dikeringkan dengan cara di jemur dan diangin-anginkan sebentar, saya masukin kembali gabus kedalam catridge dan ditutup kembali. 
Bongkar isi Catridge Karena masalah tinta yang tidak keluar pada Canon IP2770

Untuk merekatkan bisa gunakan Lem, namun saran mendingan dipakein isolasi aja supaya besok besok bisa dibuka lagi dengan mudah, asalkan pas ditutp harus benar-benar rapat serapat-rapatnya ya gan :D.

Tinta pun mulai diisi kembali kedalam Catridge, dan mulailah masuk uji coba. Seperti biasa awali dulu dengan melakukan Head Cleaning beberapa kali sampai terlihat ada tinta yang keluar di pembuangan. setelah itu barulah mulai melakukan printing. Dan hasilnya alhamdulillah Catridge yang tadinya hampir saya buang kini sudah bisa digunakan kembali tanpa harus diganti.

Wassalam :D

Hati-hati, usahakan agar tidak ada pin yang kena air, dan waktu dipasangkan kembali ke dalam dudukanya, Pin konektor harus dalam keadaan Kering untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada printer.


EmoticonEmoticon