22 September 2016

Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2

Tags

Assalamualaikum
Kali ini saya ingin membahas seputar konfigurasi Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN. Walaupun dijudul saya tuliskan "Konfigurasi VLAN" namun selain itu saya pun akan membahas beberapa hal terkait Modem Zyxel ini yang menurut saya menarik untuk kita kupas lebih dalam.

Modem Zyxel P-660HN ini mungkin beberapa tahun lagi akan menjadi sejarah dan kenangan masa masa kejayaan ADSL, karena tak bisa dipungkiri lagi Fiber Optic kini mulai merambah dengan cepat sampai ke beberapa pelosok di Indonesia,sehingganya Modem ADSL harus mulai rela tersingkirkan oleh Pesaing barunya yaitu Modem GPON.

Sebelum Jadi sejarah, ada baiknya kita bahas dulu beberapa Fungsi dan konfigurasi yang ada pada Modem Indihome Zyxel P-660HN ini, karena bisa jadi beberapa konfigurasi yang ada pada modem ini pun bisa kita terapkan pada Modem jenis lainya dan tak menutup kemungkinan bisa digunakan pada Modem GPON yang penting mengerti Alur dan Cara kerja sistemnya.

Untuk Konfigurasi standart Pada modem ini bisa anda baca di "Setting Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1". Nah mari kita mulai dengan membahas VLAN. Saya pribadi belum begitu mengerti tentang VLAN, namun dari banyak literatur yang saya baca VLAN itu adalah Virtual Local Area Network atau Bahasa mudahnya adalah sebuah Port LAN Virtual. Penggunaanya pun sangat dibutuhkan untuk suatu jaringan dengan skala besar yang memiliki begitu banyak segment didalamnya namun tak menutup kemungkinan pula diterapkan pada Jaringan skala kecil atau Rumahan.

Sebelum saya lanjut membahas VLAN, perlu diketahui juga bahwa defaultnya Modem Zyxel ini memiliki 2 User Credential yang mempunyai hak Akses ke Web Managementnya yaitu admin dan Support. mungkin sekarang sudah banyak yang tahu akan hal itu, namun sekedar mengingatkan saja siapa tahu ada diantara pembaca yang belum mengetahuinya. 

umumnya pengguna awam taunya hanya admin saja, sedangkan support tidak mereka ketahui, padahal User Support inilah yang mempunyai Hak lebih tinggi dibanding user admin. dan User Support ini pula yang menjadi Sebuah BUG atau celah keamanan yang sering terabaikan seperti yang pernah yang saya tulis di  "3 Celah Keamanan pada Modem Telkom".
Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2

Kebanyakan orang hanya mengganti user default yaitu admin dan password admin, dan untuk user support hanya di biarkan default. padahal jika anda coba login menggunakan akun admin, maka anda tidak bisa melakukan konfigurasi beberapa fitur yang ada pada Modem, salah satunya adalah VLAN atau kalau di menu tulisanya adalah Port Mapping
Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2

Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2


Jika anda lihat di menu Port Mapping disitu tertera informasi VLAN, namun anda hanya bisa melihatnya saja dan tidak bisa melakukan perubahan atau konfigurasi pada VLAN, Karena itu untuk melakukan konfigurasi VLAN anda harus masuk ke Modem menggunakan user support dengan password defaultnya "theworldinyourhand".

Oke, jika anda telah masuk menggunakan akun support maka anda sudah bisa melakukan banyak hal yang sebelumnya dibatasi jika menggunakan akun admin

Sebelum VLAN ada baiknya kita bahas PVC terlebih dahulu karena keduanya sangat berkaitan erat. untuk mengkonfigurasi PVC silahkan Klik menu WAN. Lalu klik menu PVCs Summary untuk melihat seluruh informasi PVC pada modem Zyxel P-660HN anda
Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2

Gambar diatas bukan settingan default, melainkan settingan yang sudah saya ubah2 sedikit. Gambar diatas menunjukan informasi PVC yang sudah saya ubah, sesuai dengan kebutuhan saya, jadi anda tidak perlu mengikuti Gambar diatas, cukup pahami dan mengerti cara penggunaanya maka anda pasti bisa melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan anda sendiri.

PVC sendiri adalah Permanent Virtual Circuit atau Sebuah Sirkuit Virtual, defaultnya sudah tersedia 8 buah PVC yang bisa anda gunakan sesuai keperluan dan kebutuhan anda.

Agar modem bisa terhubung ke Internet maka di perlukanya authentikasi dari Modem ke PPPoA/PPPoE server telkom dengan memasukan username dan password PPPoE/PPPoA Client yang kita dapatkan saat instalasi Indihome dari pihak telkom. Disinilah peran PVC, anda bisa menentukan di PVC berapa (0-8) yang akan digunakan untuk dijadikan PVC Yang berfungsi sebagai PPPoE/PPPoA Client.

Seingat saya, defaultnya ada 3 buah PVC yang aktif yaitu PVC 1,2 dan 3. dimana PVC 1 difungsikan sebagai PPPoE Client,  PVC2 untuk Wifi.id dan PVC3 (ada juga yang pake PVC4) untuk UseeTV.

Mari kita melakukan sedikit Eksperimen agar anda bisa lebih mudah memahami tentang PVC ini, karena jika hanya baca dan tidak di praktekan biasanya akan cepat di lupa. 

Karena di Firmware modem Zyxel ini tidak ada menu untuk Backup konfigurasi maka sebaiknya catat dan simpan username dan password PPPoE Client yang diberikan dari Telkom agar jika ada hal-hal yang tidak di inginkan terjadi maka anda tidak perlu kuatir, karena dengan mereset ke Factory default dan di lanjutkan dengan mengisi username dan password maka modem bisa kembali terhubung ke internet.

Oke, sekarang Disable terlebih dahulu semua PVC yang tersedia (0-8)
Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2

Setelah di disable, maka pasti modem anda akan terputus dari Internet. Namun tak perlu kuatir karena hal tersebut merupakan hal Normal. Agar bisa terhubung kembali ke internet, anda cukup mengaktifkan kembali PVC yang digunakan untuk dial ke PPPoE server Telkom. 

nah kali ini PVC yang akan kita gunakan adalah PVC0, maka aktifkan kembali PVC0. Untuk VPI dan VCI menurut beberapa penjelasan yang pernah saya baca berbeda-beda untuk tiap daerah, ada yang menyarankan untuk menggunakan  VPI=0 dan VCI=35 dan ada pula yang menggunakan nilai lainya, Ditempat saya, saya menggunakan VPI=8 dan VCI=81. jadi alangkah baiknya anda cek kembali berpa nilai VPI dan VCI asli yang digunakan sebelumnya sebelum tadi anda mengdisable semua PVCs. jika ketemu Lalu lanjutkan dibagian Encapsulations pilih PPPoA/PPPoE.

Dibawahnya isi username dan password PPPoE client yang anda miliki, untuk konfigurasi selanjutnya tinggal disesuaikan saja seperti standartnya (Baca di Setting Model Telkom). Seharusnya, pada tahap ini modem sudah terhubung kembali Ke Internet jika Dial PPPoE berhasil dilakukan.

Selanjutnya, kita akan mengaktifkan PVC untuk UseeTV, yang akan kita gunakan adalah PVC 1, maka Aktifkan PVC1 lalu isi nilai VPI=8 dan VCI=88. pada Encapsulations Pilih Bridge Mode. silahkan Uji apakah UseeTV anda sudah kembali normal atau belum, dengan menghubungkan Kabel LAN dari Port 4 Modem ke STB anda yang terhubung ke TV

Untuk urusan PVC saya rasa cukup itu aja, jadi hanya ada 2 PVC yang kita gunakan yaitu PVC0 untuk dial PPPoE dan PVC1 untuk Bridge UseeTV, PVC lainya biarkan dalam keadaan Disabled.

Modem Zyxel P-660HND-T1 Memiliki 4 Buah Port LAN (ethernet port 4-1) dan 1 PORT Wireless. Port Wireless ini pun bisa digunakan untuk Multi SSID, dan Otomatis sudah ada 4 Buah VAP atau Virtual AP (Wireless LAN Port 0-3) yang bisa anda gunakan untuk jadikan Wireless AP dengan fungsi sesuai keinginan anda.

Dalam Keadaan Default, atau baru disetting dari Pihak Telkom, dari 4 Buah Port LAN yang tersedia hanya 3 buah port yang bisa digunakan untuk koneksi ke Internet, sedangkan Port terakhir yaitu Port ke 4 difungsikan untuk UseeTV, jadi jangan heran jika anda menghubungkan Laptop ke Port 4 modem anda tidak akan bisa terhubung ke Internet. 

Selanjutnya untuk Wireless, biasanya ada lebih dari 1 SSID yang muncul dari Modem ini yaitu "SSID asli kita" dan SSID bawaan telkom biasanya ditandai dengan adanya ssid @wifi.id . Jika anda coba konek dari HP atau Laptop ke SSID Wifi.id maka anda tidak bisa terhubung ke Internet, walaupun anda sudah melakukan konfigurasi IP Address secara manual. 

Beda halnya dengan jika anda Konek ke SSID yang satunya lagi atau SSID yang memang anda Setting sesuai keinginan anda, karena kalo menggunakan SSID selain @wifi.id maka anda bisa langsung terhubung ke Internet tanpa perlu penyesuaian IP Address. 

Ini disebabkan karena DHCP Server diseting hanya untuk SSID dengan nomor Index 0 alias SSID milik kita, sedangkan untuk SSID dengan Nomor index 1 hingga Index 3 tidak disetting DHCP Server, Nah disinilah peran VLAN digunakan. 

Pada settingan Defaultnya, terdapat 4 Buah VLAN yang aktif dengan Fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Inilah alasanya saya membahas PVC Terlebih dahulu sebelum VLAN, dan untuk mempermudah silahkan Lihat gambar settinga Default PVC dan Settingan Default VLAN dibawah ini
Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2

Dari gambar di atas, yang paling penting untuk diperhatikan ada pada VLAN 2 ID 2 dan VLAN 3 ID 3 sedangkan untuk VLAN 1 dan VLAN 4 bisa kita abaikan dulu. dan untuk bagian PVC yang perlu di perhatikan adalah PVC1 dan PVC2 saja, sedangkan lainya bisa diabaikan saja.

Mari kita bedah 1 per 1
  • Pada PVC List terilhat ada 2 PVC yang digunakan sebagai PPPoE Client yaitu PVC0 dan PVC1
  • PVC1 adalah PVC yang terhubung ke Internet (Ditandai dengan Status UP), karena pada PVC1 lah username dan Password PPPoE Client di Masukan, sedangkan pada PVC0 statusnya N/A atau Down alias tidak konek
  • PVC2 di set sebagai Bridge dengan VPI=8 dan VCI=88 dan statusnya UP, artinya PVC inilah yang digunakan untuk UseeTV
  • Perhatikan VLAN 2, pada bagian ATM VCs Port terlihat ada 3 PVC yang digunakan yaitu PVC0, PVC1 dan PVC4. walaupun ada PVC0 dan PVC4 yang statusnya N/A, VLAN 2 inilah bisa dikatakan adalah VLAN yang terhubung ke Internet karena disitu Terdapat PVC2 yang notabenenya sudah terhubung ke Internet 
  • Masih di VLAN 2, pada bagian Ethernet Port terlihat ada 3 Port Ethernet dan 1 Wireless LAN Port yang terhubung, yaitu Ether3, Ether2,Ether1 dan WLAN Port Index 0. yang artinya Jika anda menghubungkan PC menggunakan kabel ke Port-port ethernet tersebut (Eth3,2,1) maka anda bisa terhubung ke Internet, begitupun jika anda menghubungkan Smartphone Via Wireless ke SSID dengan Index 0 maka anda akan terhubung ke Internet.
  • Sekarang perhatikan VLAN 3 ID 3. pada bagian ATM VCs Port terlihat VLAN 3 ini terhubung ke PVC 2 yang mana PVC 2 itu adalah PVC yang digunakan untuk UseeTV
  • Pada bagian Ethernet port VLAN 3 terlihat VLAN 3 ini terhubung ke Ether 4 yang artinya pada Port Ether 4 lah anda harus mencolok kabel LAN ke STB untuk menikmati layanan UseeTV karena VLAN 3 berfungsi untuk menjembatani Port Ether 4 dengan PVC 2.

Mudah2an anda tidak kebingungan membaca penjabaran diatas, karena jika anda sudah paham dengan penjelasan saya tersebut diatas, maka akan sangat mudah untuk melakukan Konfigurasi PVC dan VLAN sesuai kemauan anda

Nah setelah penjelasan tersebut diatas, mari kita kembali ketujuan awal kita yaitu membuat Multi SSID, dan kesemuaan SSID tersebut bisa digunakan untuk terhubung ke internet. Selain Multi SSID, tujuan kita lainya pada kasus ini adalah kita mengubah Port untuk UseeTV yang tadinya ada di Port 4 menjadi di Port 3. dan Port 4 digunakan untuk Lan ke internet layaknya Port ether 1 dan 2.

Pada paragraph awal saya sudah meminta anda untuk mengkonfigurasi PVC modem anda dengan menggunakan PVC0 sebagai PPPoE dan PVC1 sebagai UseeTV yang disetting Bridge, maka seharusnya pada PVCs Summary akan terlihat kira-kira seperti pada gambar dibawah ini
Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2

Kita akan menggunakan VLAN 1 ID 1 untuk dijadikan VLAN yang terhubung ke Internet dan VLAN 2 ID 2 akan digunakan untuk UseeTV sedangkan VLAN lainya bisa di Disable Saja.

Mari kita setting VLAN 1 ID 1 Terlebih dahulu hingga hasilnya terlihat seperti pada Gambar dibawah ini, lalu Klik Apply
Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2

Setelah di Klik Apply, sekarang Scrool kebawah untuk memasukan VLAN PVID ke Port port yang terkait dengan VLAN 1 ini. perhatikan yang saya berikan tanda pada gambar dibawah ini, sedangkan yang tidak ditandai bisa diabaikan saja.

Sekarang kita akan mengkonfigurasi VLAN 2 untuk UseeTV pada port 3 Modem
Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2
Lanjutkan dengan Mengisi VLAN PVID pada Port 3
Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2
Sampai pada tahap ini, Seharusnya jika tidak ada kesalahan, maka hasil yang kita dapatkan adalah
  1. Port Ether 1,2, dan 4 sudah bisa terhubung ke Internet
  2. TV dan STB sudah bisa terhubung ke UseeTV melalui Port Ether 3 Modem Zyxel

Sekarang waktunya Konfigurasi Wirelessnya untuk dibuat Multi SSID nya
Masuk ke menu WiFi lalu kita mulai dengan Wireless SSID index 0 terlebih dahulu
Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2

Lanjutkan dengan SSID index 1 sampai Index 3

Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2

Sehingga  hasilnya akan seperti ini
Konfigurasi VLAN Untuk Multi SSID pada Modem Telkom Indihome Zyxel P-660HN-T1 v2

Ke 4 SSID tersebut bisa digunakan untuk ke Internet seperti layaknya menggunakan Kabel LAN pada Port 1,2 dan 4

Akhirnya selesai juga ya, Pasti anda capek membacanya karena mungkin terlalu panjang dan berbelit-belit hehehe. Jika anda capek membacanya, saya pun lebih capek lagi, karena saya sambil baca sambil ngetik juga, jadi jika ada kesalahan dan kekeliruan dalam penulisan artikel ini, mohon untuk di koreksi dengan berkomentar.

Semoga Artikel Konfigurasi WLAN pada Modem Zyxel P-660HN ini bermanfaat untuk anda

Sekian dan Wassalam :D




10 komentar

aduhhh, serius tibakne mumett. ndanio sing sekolah.

sebenere mung pingin seting QOS , dari bawaan indihome dikasih TD-W8961ND . saya tambah kan TL-WA701ND dengan tujuan ada fasilitas multi SSID dan QOS. pertama saya tancepin di port 4 TD-W8961ND ke TL-WA701ND. tujuan saya TL-WA701ND dapat jatah 60% bendwit total , trus saya buat 4 ssid di TL-WA701ND dng pembagian 15% per ssid nya. ternyata setelah beli TL-WA701ND ya pusing jugak nyetingnya.

Pake Indihome ya..
gini, biasanya Port 4 Modem dari Indihome itu dipake untuk UseeTV, jadi coba dulu di Port 1,2,atau 3

Nah untuk Multi SSID sebenarnya gak harus 701nd, perangkat apapun bisa asal support dd-wrt..coba wr7401nd nya di upgrade dulu firmwarenya ke DD-WRT biar lebih joss

Untuk QOS, ada baiknya menggunakan Router external seperti Mikrotik, biar kinerja AP yang di bikin Multi SSID tadi tidak berat

:D

Cara mematikan wps di modem zyxel gimana gan? Tolong!!!

jgan pake Password WPA/WPA2
krna kalo pake Password dengn Enkripsi WPA/WPA2, maka WPS otomatis Aktif gan
itu kelemahan modem zyxel

Mas kalo ada eror 20701, perangkat pelanggan telah terpenuhi maksimal. Cara mengatasinya bagaimana?

This comment has been removed by the author.

kalau setting usernamenya sudah dirubah menjadi admin tidak bisa dirubah menjadi support ya? kalau tahu bisa beri tahu caranya?

Klu untuk mematikan WPS modem Speedy Zyxel P-660HN-T1.v2 gmn bro??? banyak maling WIFI nih T__T

Password support theworldinyourhand sudah tidak bisa.. kira2 apa gantinya gan


EmoticonEmoticon