30 September 2016

Tutorial Cara Install/Flashing DD-WRT Pada Wireless Router TP-LINK WR741ND V4

Tags

Assalamualaikum,
Seperti biasanya, artikel kali ini saya tulis pada malam hari karena kalau pagi saya jarang ngurus blog, ya karena banyaknya pekerjaan yang harus saya lakukan di kantor tempat saya bekerja. Ngomong-ngomong tentang Kantor, tadi pagi saya diminta oleh atasan saya untuk melakukan Rekonfigurasi pada jaringan Kantor. Setelah survey perangkat apa saja yang sudah terpasang di kantor, saya tertarik pada sebuah Wireless Router yang dipasang di dekat ruangan HRD. 

Saya berfikir untuk menggunakan Wireless AP tersebut untuk dijadikan pintu masuk Pribadi khusus untuk saya seorang. Cara yang terpikirkan oleh saya waktu itu adalah dengan menggunakan VLAN dari Mikrotik terus di hubungkan dengan Wireless Router TP-Link WR741nd lalu di pancarkan kembali menggunakan SSID yang khusus hanya saya seorang yang bisa Konek. itu artinya saya harus membuat Multi SSID alias lebih dari 1 Nama Wireless pada TP-Link tersebut (SSID1 dan SSID2). Dengan tujuan agar SSID1 bisa melayani user seperti keadaan normal dimana semua yang tau passwordnya bisa konek langsung ke SSID1 dan untuk SSID2 hanya bisa digunakan oleh saya sendiri dengan tujuan untuk mempermudah saya melakukan monitoring langsung ke Mikrotik tanpa ada gangguan trafik dari user lainya.

Yang jadi masalah, Firmware bawaan TP-Link WR741ND ini tidak support untuk dibuat Multi SSID, makanya saya mengambil inisiatif untuk melakukan Flashing menggunakan Firmware DD-WRT

Hal yang pertama saya lakukan adalah mencari Informasi dari Situs DD-WRT untuk mengetahui apakah Wireless Router ini support jika di pasang atau di install DD-WRT atau tidak dan hasilnya ternyata cukup menggembirakan, lihat pada screenshoot dibawah ini
Tutorial Cara Install/Flashing DD-WRT Pada Wireless Router TP-LINK WR741ND V4

Selanjutnya, setelah mendownload File Firmware DD-WRT dalam bentuk BIN Tersebut, hal selanjutnya yang saya kerjakan adalah mencatat beberapa hal, yaitu SSID yang sedang digunakan di TP-Link ini serta password authenticationnya dengan tujuan agar, User yang sudah pernah terhubung ke SSID Tersebut bisa langsung konek kembali setelah Router ini di Flash tanpa harus mengisi password kembali

Langkah selanjutnya adalah seperti berikut
  • Melakukan Factory Default pada TP-Link WR741ND dengan tujuan tidak ada lagi Komputer/Laptop/PC lain yang terhubung ke Wireless Router ini selain komputer yang saya gunakan untuk melakukan Flashing yang terhubung langsung ke salah satu Port LAN yang ada di Router tersebut menggunakan Kabel LAN.
    Tutorial Cara Install/Flashing DD-WRT Pada Wireless Router TP-LINK WR741ND V4
  • Melakukan Flashing/Install melalui menu Firmware Upgrade dengan cara mengklik tombol Browse lalu memilih File Firmware DDWRT yang dalam bentuk BIN tadi lalu mengklik Upgrade.
    Tutorial Cara Install/Flashing DD-WRT Pada Wireless Router TP-LINK WR741ND V4
  • Setelah itu Router akan melakukan Flashing, anda harus menjaga pasokan listrik pada Router tetap stabil untuk menghindari kerusakan pada Router. Karena banyak kasus yang terjadi dimana Router Rusak dikarenakan Proses Flashing yang tidak selesai dengan sempurna karena Router tiba-tiba kehilangan daya saat proses flashing sedang berlangsung.
Setelah TP-Link WR741ND ini di flash maka yang tadinya IP Defaultnya adalah 192.168.0.1 akan berubah menjadi 192.168.1.1 karena telah menggunakan Firmware DD-WRT. makanya untuk melakukan konfigurasi pada TP-Link WR741ND yang telah menggunakan Firmware DD-WRT ini anda harus mengakses Halaman konfigurasinya melalui alamat IP 192.168.1.1.

Sekian Dan terima kasih :D.






EmoticonEmoticon