01 May 2016

Menampilkan Layar Komputer / Laptop di HP Android

Menampilkan Layar Komputer / Laptop di HP Android. Sebenarnya saya bingung mau nulis postingan ini apa tidak, soalnya rasanya jarang ada yang mau nyari tutorial kayak gini, kan umumnya orang nyari tutorial buat nampilin layar android di komputer, eh malah saya nulis yang sebaliknya hehehe :D.

Kalo di pikir-pikir apa sih gunanya nampilin layar Laptop atau PC di HP Android, kan layar Laptop/ Monitor PC udah gede, ngapain mau di lihat di layar di android yang ukuranya lebih kecil. Eits jangan salah, sebenarnya ada gunanya tergantung tujuan si penggunanya sih. Contohnya saya, kali ini saya menggunakan Android sebagai monitor bukan tanpa sebab, melainkan karena Laptop yang saya miliki tidak punya LCD, karena udah pecah sekitar 1 tahun lalu. alhasil sampai hari ini saya menggunakan Laptop saya dengan Monitor PC Bekas. Namun hal ini menjadikan Laptop yang tujuanya dibuat portable alias bisa dibawa kemana saja dan digunakan dimana saja kini tidak dapat lagi difungsikan seperti itu, karena gak mungkin kemana-mana nenteng Monitor trus nyari Colokan buat hidupin Monitornya jadinya gak praktis lagi ni laptop.

Stiker Setrikanya di abaikan saja :v hahahaha


Suatu hari karena suatu kebutuhan untuk membawa laptop saya pun mencoba mencari cara agar laptop kesayangan saya ini bisa dibawa tanpa harus ada monitor. saya pun terpikir untuk menggunakan HP Android saya berfungsi menggantikan LCD/Monitor tadi agar Laptop tetap bisa saya gunakan dimana saja walaupun tanpa LCD/Monitor.

Caranya pun mudah saja, kita hanya memanfaatkan aplikasi VNC (Bukan VLC ya, Kalo itu video player :v).

Prinsipnya di laptop dijadikan VNC Server sedangkan di Hp Android di install VNC Viewer
zip password : catatan-lamers.blogspot.com

Selanjutnya untuk HP Android silahkan install VNC Viewer dari Playstore

How To :
Jika kasus anda sama dengan saya yaitu Laptop anda tidak mempunya LCD alangkah baiknya anda menyiapkan dahulu Mointor PC lalu dihubungkan ke Laptop anda dengan Menggunakan Kabel VGA. Tujuanya untuk melakukan settingan awal.

  • Install VNC Desktop di Laptop anda
  • Install VNC Viewer di Hp Android anda
  • Konfigurasi VNC Desktop

Setelah VNC Desktop Selesai disetting, selanjutnya adalah memikirkan Media penghubungnya. Jika Laptop dan Android anda berada dalam 1 router maka akan mudah saja untuk menghubungkan keduanya, anda hanya tinggal melihat IP Address Laptop anda dan memasukan IP tersebut ke Aplikasi VNC Viewer yang ada di Android.

Selesai ! :D. Muncul masalah baru, bagaimana caranya jika nanti kita berada disuatu tempat yang tidak ada Jaringan, atau katakanlah ada jaringan Namun kita harus mengisi password wireless tersebut ke Laptop agar bisa terhubung dengan Hp Android. bingung kan? apalagi kalau ditempat itu kita tidak membawa Monitor PC yang kita pakai melakukan setting sebelumnya.
Hal ini bisa diatasi caranya, Buat Hotspot Tethering dulu di HP Android anda ( Lakukan ini sebelum Keluar rumah) lalu Koneksikan/hubungkan Laptop anda dengan Tethering yang tadi di buat Oleh HP Android anda. pastikan Pilihan Connect Automatically di centang agar nantinya di tempat manapun saat Hotspot Tethering di HP Android anda di aktifkan, Laptop akan otomatis Konek dan terhubung ke jaringan yang sama dengan HP. Tapi ingat untuk Mencatat/Mengingat IP Address Laptop anda yang terkoneksi ke Tethering agar nantinya bisa di akses dari VNC Viewer yang ada di Android anda.

Oh ia hampir Lupa saya, Ini hasilnya 


Sekian Dan terima Kasih :D.




23 komentar

gan, klo pake kabel data bisa gk?

Bisa kyknya, kan ada USB Tethering
intinya PC sama Android harus dalam 1 Network yang sama

Gan untuk main game bisa ngak

bisa, tpi patah2 gambarnya

sangat membantu, jadi bisa natap laptop seperti biasanya, btw, lcd saya juga hancur (layar pink gitu, bukan karena kabel fleksibelnya, emang minta ganti layar :v)

Senang bisa membantu :D
Btw, itu LCD laptop yg brpa inch gan

seandainya main game dari komputer,di
hp muncul suara gak ? apa suara cma dari kmputer aja

Suaranya keluar gan..
Nonton film pun suaranya keluar di hp

gan pas mau connect diminta password. itu password yang mana ya

Saya pernah pake VNC Viewer tapi gagal. Dan ada yang lebih gampang dengan aplikasi lain. Kunjungi Cara Menjadikan Android sebagai Layar Monitor

min punya ane awalnya bisa min. tapi sekarang gak bisa. padahal ip nya udah bener. tulisannya lisensy corectly kalo gak salah. mohon petunjuknya min

Paswordnya extrack apa

Jangkauan nya segimana bang?

ga kluar gan Catatan lamers

Gan klo buat layar blank tapi biar muncul di hp bisa gak gan ?

jarak jangkauan berapa meter gan,..apa bisa
lebih dari 2 km

Sangat membantu gan wkwk, kayaknyabini artikel satu2nya yg ngebahas ginian.
Kasusna sama, layar rusak wkwk

@Frans Yustisio : Nasib LCD pecah, laptop msih pengen di pake tapi Pas lagi kere ya jadinya kek gini, putar otak mikirin gmna carnya biar ni lepi kesayangan msih bsa di pake walau tnpa lcd dan tnpa hrus bwa2 monitor 🤣🤣

Bang kok suaranya gak keluar di hp malah tetep di laptop

Ini menguras data gak min?kalo misal di tathering dan kalo gk ada kuotanya apa konek?

Tethring kan gak harus ada Internet...

Kayaknya bukan hanya layar LCD pecah aja gan.. Awalnya gua pengen gambar di laptop tapi laptop gua gk support touchscreen jadi saya cari cara agar bisa hubungkan layar laptop ke hp, saya yakin banyak yang seperti saya

Bang itu satu laptop bisa konek 2 layar hp gk apa cuman 1 doang


EmoticonEmoticon