13 May 2016

Kontrol Lampu Arduino Dengan Android Via USB OTG

Tags

Kontrol Lampu Arduino Dengan Android Via USB OTG. Kontrol Lampu ini sebenarnya merupakan sebuah project yang sangat simpel dan mungkin hanya orang awam seperti saya yang tertarik untuk mempelajarinya.

Sistem sebenarnya hanyalah memberikan sebuah perintah ke arduino melalui serial data, anda bisa saja mengontrol lampu menggunakan metode lain seperti menggunakan Serial Monitor,Hyper terminal, Bluetooth, Wireless dan lainya. namun disini saya menggunakan Kabel OTG dikarenakan saat saya membuat video ini saya belum mempunya Modul modul seperti Bluetooth, maka saya pilih USB OTG sebagai media penghubung antara Android dengan Arduino.

Oia, Perlu diingat sebenarnya yang di kontrol bukanlah lampu, melainkan hanya Relay saja yang memutuskan alur listrik yang mengalir dari Listrik AC ke Lampu

yang diperlukan adalah

  • Arduino uno (Versi Lain Pun Boleh)
  • Relay
  • Android
  • USB OTG
Untuk android sendiri harus yang sudah support Host dan bisa Support OTG Pastinya.

Wiring:
  • DC + Pada Relay dihubungkan dengan Pin 5v Pada Arduino
  • DC - Pada Relay dihubungkan dengan Pin Ground Pada Arduino
  • Pin In pada Relay dihubungkan dengan Pin 5 Pada Arduino
  • Pin Com Pada Relay dihubungkan dengan Sumber Listrik AC
  • Pin NO pada relay dihubungkan dengan Lampu 
Colok Kabel USB pada Arduino dan Hubungkan dengan Komputer
Lalu Upload Sketch di bawah Ini

/******************************************

KEDALI LAMPU DENGAN ANDROID + ARDUINO
LANGSUNG MELALUI PORT USB
https://catatan-lamers.blogspot.com
*******************************************/
const int LAMPU=5;

 void setup() {
  
  Serial.begin(115200);
  pinMode(LAMPU,OUTPUT); 
}

void loop() {
  
  if(Serial.available()){
      String data="";
      while(Serial.available()){
        char c =Serial.read();
        data=data+c;
      }
      Serial.print(data);
      if (data == "ON1"){
        digitalWrite(LAMPU,HIGH);
      }else if (data == "OFF1"){
        digitalWrite(LAMPU,LOW);
      }  
  }

}

Setelah itu Cabut USB yang ada di PC lalu hubungkan Ke Android Menggunakan USB OTG

Untuk Aplikasi Androidnya saya buat menggunakan Aplikasi B4A
Ditutorial lain nantinya akan saya bahas cara membuatnya, namun disini saya hanya akan memberikan File APK nya saja yang sudah jadi.

Download Lampu.apk

Setelah Android dan Arduino terhubung buka aplikasi Kontrol lampu dan cobalah menekan Tombol dan Off, jika tidak ada kesalahan maka lampu akan menyala dan Mati ketika anda menekan tobol nya

Silhakan Nonton Videonya untuk mempermudah pemahaman anda :D



Selesai :D






EmoticonEmoticon