14 May 2016

Penjelasan Mode Wireless Pada Perangkat Radio Wireless

Tags

Penjelasan Mode Wireless Pada Perangkat Radio Wireless - Saat kita sudah pernah melakukan konfigurasi pada salah satu Merk,Type Radio AP maka akan sangat mudah untuk kita jika diminta untuk mengkonfigurasinya kembali. Namun saat di hadapkan dengan Radio AP yang berbeda, Mungkin kita akan sedikit kebingungan,Hal ini pernah terjadi pada saya pribadi. Saya merasa bingung saat menetukan Mode pada Menu Wireless di halaman Konfigurasi Radio tersebut, Yang sebelumnya saya hanya mendapati 2 atau bahkan 1 pilihan yaitu Mode "AP" atau "Client" namun di Radio AP Lain ada beberapa Tambahan. Untuk itulah saya akan sharing sedikit pengetahuan saya berdasarkan pengalaman dan referensi dari sana-sini.

Penjelasan Mode Wireless Pada Perangkat Radio Wireless


  1. AP / AP Mode - Pada mode ini Radio bertindak sebagai Pemancar dan dalam Kondisi Bridge, artinya, Proses Routing tidak terjadi di Radio dan Radio hanya bertugas untuk menjadi jembatan penghubung antara Klien Dengan Router 
  2. AP Router - Pada Mode ini Radio bertindak sebagai pemancar dan juga Router
  3. Client - Radio Hanya akan menjadi Penerima
  4. AP WDS (Wireless Distribution System) - Artinya Radio sedang menjalankan fungsi ganda, yaitu menerima dan memancarkan signal untuk diteruskan, mode ini sering digunakan untuk bisnis RT/RW Net untuk memperluas wilayah jangkauan, untuk mode ini tidak semua Merk Radio Memilikinya, jadi untuk Menggunakan mode WDS, Pastikan Radio Pasanganya pun mensupport Mode Ini.
  5. Repeater - Sebenarnya mode ini hampir sama persis dengan WDS, namun yang membedakan, Port LAN pada Radio tidak bisa lagi digunakan, beda halnya dengan WDS, yang Port LAN tetap bisa digunakan
  6. Universal Repeater - Sama Dengan Repeater, Perbedaanya untuk mode Repeater hanya bisa digunakan untuk Radio Sama Merk contoh TP-Link, namun jika Radio Pusatnya adalah Merk Ubiquiti (UBNT) dan Radio yang akan digunakan Menjadi repeater adalah TP-LINK maka kita harus memilih Mode Universal Repater
  7. Bridge (PTP/PTMP) - Sebenarnya mode ini sama saja dengan Mode AP WDS, Hanya berbeda tulisan, Mode ini akan kita dapati di Radio Merk TP-LINK
Mungkin Itu dulu yang bisa saya share :D
Jika ada tambahan silahkan di komentari, begitupun jika ada yang keliru dengan tulisan saya :D

1 komentar so far

Mat pagi gan klu aku mau jadikan ubnt sebagai pelempar dan engenius EOS 5610 sebagai penerima itu setting mode wirelesnya gamana ... Mkasih


EmoticonEmoticon