01 June 2016

Mengamankan Jaringan Wireless dengan MAC Filtering Pada Linksys WRT54GL (DD-WRT)

Tags

Jaringan Nirkabel atau yang biasa kita kenal dengan Wireless sudah menjadi sebuah tekhnologi yang lumrah dewasa ini, penggunaan Kabel pun tersaingi dengan adanya Tekhnologi Wireless ini. namun dari sisi keamanan penggunaan wireless terbilang masih sangat besar celah yang bisa di susupi oleh pengguna ilegal (Red : Hacker). Penggunaan Password Authentication menjadi solusi yang digunakan untuk meminimalisir penggunaan ilegal tersebut namun hal itu belum bisa dibilang solusi terbaik, karena sudah banyaknya cara yang bisa dilakukan Oleh Hacker untuk mendapatkan Password wireless. maka dari itu dibutuhkan sistem lain sebagai keamanan Lapisan kedua setelah password.

Kali ini saya memilih Penggunaan MAC Filtering sebagai keamanan lapisan kedua pada Radio Wireless saya. Saya menggunakan Radio Linksys WRT54GL yang firmwarenya sudah di Upgrade Ke DD-WRT. Tujuan penggunaan fitur MAC Filtering ini dikarenakan pada kasus saya, Password wireless dirumah saya sudah Bocor ke tetangga-tetangga, entah bagaimana caranya password tersebut bisa mereka dapatkan. Sebenarnya Cara yang paling simpel cukup dengan mengganti password yang baru, namun saya berfikir hal itu kurang efektif, karena bisa saja nantinya Password tersebut Bocor kembali, maka saya memilih Option MAC Filtering sebagai Keamanan tambahan, sehingga walaupun ada device yang ingin Konek ke Wireless saya dengan Password yang benar maka Device tersebut akan di tolak karena MAC Addressnya tidak di daftarkan di Radio. Dan yang bisa tehubung hanyalah Device-device yang MAC Addressnya sudah saya daftarkan di Radio.

How To :

  1. Buka Web GUI Linksys di Browser anda dengan Mengakses IP Router anda, pada kasus saya IPnya 192.168.1.2 Lalu Login

  2. Klik Wireless - MAC Filter - Use Filter : Enable - Filter Mode : Permit Only - Edit MAC Filter List
  3. Masukan MAC Address device anda
  4. Scrol Kebawah lalu Klik Apply
  5. Selesai
Hasil akhir yang didapatkan, Hanya MAC Address terdaftar saja yang bisa terhubung Ke Radio LinkSys ini melalui LAN/WLAN. Cara ini pun sebenarnya masih belum sepenuhnya menjamin keamanan Jaringan anda, karena masih banyak lagi celah lain yang masih bisa dimanfaatkan oleh Hacker untuk mengakses jaringan kita, namun paling tidak, Trik ini sudah cukup Membantu Mengamankan dengan adanya 2 Lapis Keamanan (Password & MAC Filter)




1 komentar so far


EmoticonEmoticon