12 October 2016

Memperbaiki Komputer yang Tidak menampilkan Apapun di Layar Monitor

Assalamualaikum
Beberapa jam sebelum saya menulis artikel ini, saya sempat di panggil di salah satu warnet di daerah saya untuk memeriksa PC Billing yang katanya tidak tampil apa apa di layar Monitornya, karena lagi gak ada kegiatan apa apa jadinya saya pun langsung berangkat ke lokasi.

Dalam perjalanan, saya berfikir kira-kira apa penyebab dari kerusakan dan apa langkah yang harus saya ambil untuk mengatasi masalah ini. Biasanya sih kalau ada masalah kayak gini saya hanya bersihin soket atau slot dari Memory yang biasanya berdebu namun kasus kayak gini pun tidak selalu bisa di jadikan patokan karena masih banyak kemungkinan-kemungkinan lain yang pasti berbeda di tiap PC.

Nah sesampainya saya di Lokasi, saya pun mencoba terlebih dahulu, apakah benar Keadaan PC ini seperti yang dikatakan sebelumnya, dan ternyata benar, saat tombol power di tekan, komputer hidup dengan di tandai adanya Lampu Power yang menyala dan Kipas Heatsink prosesor yang berputar namun di Layar monitor tidak menampilkan Apapun.

Langkah yang saya ambil selanjutnya adalah, melelpas ssemua periperhal yang terpasang di Motherboard PC Tersebut, saya lepas Kabel dari power Supply yang terhubung ke Board, Saya lepas juga, Hardisk,RAM,VGA External serta Heatsink dan Prosesornya dengan tujuan untuk membersihkan dulu debu-debu yang ada di dalam PC, karena kebetulan PC ini sudah sangat berdebu seperti padang sahara. jadi sekalian aja saya bersihkan dulu , karena Kebersihan sebagaian Dari iman kan :D

Setelah dibersihkan barulah saya coba pasang kembali semuanya dan memulai analisa letak kerusakan pada komputer ini. Setelah semua terpasang kembali dan saya menekan tombol power, saya merasakan ada sedikit yang janggal dimana putaran Kipas Heatsink tidak kencang seperti biasanya yang saya tahu, karena hanya dengan saya tahan menggunakan Jari saja, kipas yang sedang berputar itu bisa berhenti, padahal biasanya tidak seperti itu, Normalnya kipas akan berputar sangat kencang dan tidak mungkin bisa dihentikan hanya dengan sentuhan jari.

Dari petunjuk diatas, saya sudah mempunya beberapa tersangka yaitu Power Supply, Processor, dan RAM. RAM saya jadikan tersangka juga karena, saat RAM tidak di pasang pada Slotnya, Putaran Kipas heatsink prosesor menjadi Kencang dan Normal, namun jika RAM dipasang kembali maka Putaran Kipasnya menjadi Loyo dan tidak bertenaga kembali

Nah dengan begini saya mengambil beberapa kesimpulan yaitu, Headsink Prosesor dalam Keadaan Normal dan Power supply pun dalam keadaan Normal, sehingga menginggalkan hanya 2 Tersangka saja yaitu Prosesor dan RAM.

Saya lepas kembali heatsink dan terlihat diatas Prosesor begitu banyak luberan Pasta prosesor yang tertinggal di atas prosesor, saya coba angkat prosesornya dan benar saja, di bagian kaki kaki prosesor sudah kena dengan cairan pasta prosesor yang mungkin mencair atau bagaimana sehingga sampai di kaki prosesor, analisa saya mungkin Ini dia penyebabnya.

Kebetulan jenis Prosesor yang digunakan di PC ini sama dengan Prosesor bekas punya saya yang ada di rumah, karenanya saya coba pulang kerumah untuk mengambil Prosesor AMD Athlon II X2 3.20Ghz yang saya simpan di lemari buat dijadikan pajangan, 

Saya coba pasang ganti dan pasangkan kembali prosesor milik saya ke Slot Prosesor di PC Billing ini dan terlihat adanya sedikit harapan, ditandai dengan Putatan kipas Heatsink yang menjadi Normal namun masih belum tampil gambar apapun di layar monitor

Karena tersanka hanya tersisa Memory, makanya saya pun mencoba juga mengganti Memory DDR2 2Gb yang terpasang di Slot Motherboard dengan Memory milik saya yang sama persis namun beda Merek dan Syukurlah hasilnya PC yang tadinya sudah bolak balik masuk tempat servis namun tak kunjung pulih tadi akhirnya bisa hidup kembali dan bisa di pake untuk mencari nafkah kembali oleh pemiliknya :D


EmoticonEmoticon