14 May 2016

Tutorial Setting Koneksi Useetv Via Wireless

Tags

FYI : Sejauh ini ada 2 Artikel saya yang membahas Tentang Penggunaan Wireless untuk UseeTV. pada artikel saya yang berjudul "Setting Useetv Indihome Agar bisa digunakan Bersamaan Hotspot Mikrotik Via Wireless" sebenarnya sama saja Prinsipnya dengan Tutorial yang ini, Yang membedakan adalah pada tutorial tersebut saya membahas tentang Penggunaan Wireless untuk UseeTV bersamaan dengan Koneksi Hotspot yang Berasal dari Mikrotik, Sedangkan Pada tutorial yang ini lebih Simpel, karena kita hanya menggunakan Wireless sebagai Media penghubung pengganti Kabel tanpa perlunya mikrotik

Tutorial Setting Useetv Via Wireless ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi.
Saat ini saya berlangganan Internet dari ISP yang Seluruh orang indonesia mungkin sudah mengenalnya. Ya Telkom. Walaupun di awal tahun ini Telkom sempat membuat Banyak pelangganya mengeluh dengan Keputusan sepihaknya tentang pemberlakuan FUP yang di anggap tidak adil oleh beberapa pelangganya namun hal itu tidak mengurangi minat calon pelanggan yang berada di pelosok (Seperti saya) untuk tetap menggunakan layanan Telkom.
Salah satu Produk Telkom yang kini sedang booming adalah INDIHOME dengan Triple Play.
Yaitu 1 paket Layanan yang berisi "High Speed Internet", Telepon Rumah dan "IPTV(Useetv)".

Nah layanan UseeTV inilah yang akan kita bahas pada tutorial ini.
Maksud dari Judul Tutorial ini adalah, Normalnya Modem yang kita gunakan (Yang dipinjamkan Oleh telkom) memiliki 4 Port LAN, yang mana Port LAN no 4 itulah yang digunakan untuk UseeTV dengan menhubungkan STB (Set Top Box) ke Port 4 pada Modem Tersebut. Sedangkan untuk Port 1,2, dan 3 hanya untuk Internet.(Lihat Gambar dibawah)

Setting UseeTV Indihome Via Wireless
Modem Indhome

Setting UseeTV Indihome Via Wireless


Ada kondisi dimana saya ingin Layanan UseeTV ini bisa digunakan ditempat lain yang letaknya cukup jauh dari letak Modem. saya pun bertanya pada Tekhnisi Telkom yang waktu itu mengkonfigurasi modem waktu pemasangan baru tentang hal tersebut. dan Jawabanya "Tidak Ada Cara". Sungguh jawaban yang mengecewakan. tidaklah mungkin untuk saya Memasang kabel dari Modem Ke STB yang jaraknya hampir 1KM. saya pun berfikir untuk mengganti Kabel Tersebut dengan Wireless. karena dari namanya dan pengertianya Wireless adalah media Penghubung Pengganti Kabel.

Untuk mengimplementasikan Ide itu saya harus menyiapkan Perangkat wireless berupa Radio AP dan Radio Client. Kebetulan saya mempunya beberapa radio Wireless yang pernah saya beli semasa kuliah dulu (TP-LINK WA5210). Setelah mencoba sendiri akhirnya kini saya bisa menggunakan UseeTV dari Tempat yang jauh dari Modem Menggunakan Wireless :D

Caranya :
  • Siapkan 2 Buah Radio Wireless (Radio A & Radio B)
  • Radio A di Setting Mode Sebagai Access Point Bridge
  • Radio B di Setting ModeSebagai Client Bridge
  • Hubungkan Kabel LAN dari Port 4 Modem Ke Port LAN Radio A
  • Hubungkan Kabel LAN dari Port LAN Radio B ke STB
  • Selesai

Cukup Simpel Kan, intinya kita hanya mengganti Kabel dengan Wireless. maka dari itu kedua Radio itu harus dalam Keadaan bridge.

Pemilihan Jenis Radio Pun diserahkan kepada anda sesuai kebutuhan dan kemampuan Kantong anda :D.
Untuk rincian Konfigurasi Radio AP dan Radio Client Akan saya bahas di Postingan Lain, Mengingat banyaknya Merk,Model dan type Radio yang ada saat ini, makanya saya akan membahasnya secara terpisah. :D









49 komentar

pak,gimana dengan ip radionya?

Kedua radio dibikin IP yang sekelas,
atw ngikutin IP modem aja(192.168.1.x) biar gampng ngingatnya
jadi Radio A di set 192.168.1.2
Radio B diset 192.168.1.3

lha terus internya bisa sambung?

ya internetnya ga ada, cuma koneksi useetv aja,
kecuali pake vlan

Apakah dengan konfugarsi seperti itu... bisakah menggunakan lebih dari 1 STB ? Misalnya selain STB bawaan Telkom, ditambah dengan TV Box Android.

Sepengetahuan saya, 1 Nomor Speedy/Indihome hanya untuk 1 STB. Saya pernah mencoba menggunakan 2 STB pada 1 Jaringan yang sama hasilnya jika siaran pada STB 1 diganti, Maka di STB 2 pun ikutan terganti. Kalau untuk TV Box Android saya belum pernah coba

apakah bisa menggunakan TPlink 701ND sebagai receiver ?

Saya belum pernah coba pake 701, tapi jika radio tersebut memiliki mode Client itu artinya bisa di pake sebagai penerima(Receiver) :D

Boleh tau beberapa AP yg murmer untuk mendukung design seperti ini pak?
Karna harus type mode bridge yah AP transmitter dan receiver nya?

seberapa jauh jaraknya mba..
Kalo jaraknya cuma dekat, bisa pake AP Indoor + Antena External (Ini Optional)
kalo jraknya masih relatif dekat (dibawah 3Km) pake 5210G aja
kalo jaraknya jauh, mungkin bsa beralih ke merek ubnt atau mikrotik untk hsil yg lebih bagus

oia, perlu diketahui jga, topologi jringan sperti diatas artinya Yang lewat hanya UseeTV, sedangkan Internetnya tidak. kalo mw internet sama useetv di barengin bisa pake VLAN, ada artikelnya di blog ini

Jarak tv dgn indiehome cuma sekitar 30mtr, dan saya sdh beli wireless repeater kextech 2pcs(1 transmitter dan 1 receiver) karna murmer, karna klo diliat speknya support bridge tp sy bingung settings nya sebagai transmitter dan receiver nya..

30 Meter ? lumayan deket juga ya
pdhal kalo dihitung2, menurut saya lebih murah klo pake kabel dripda pake wireless..
klo boleh tw, radio wirelessnya merek & type apa ya..

Kalo untuk settingan, nnti hub saya aja via facebook, mudah2an saya bisa bantu :D

gan ane sudah beli perangkatnya semua. rencana saya mau gunakan useetv dan internetnya. untuk konfigurasi setting gimana y ? ada artikelnya kah. tks

Kalo berdasarkan Judul di atas, gak ada yang perlu disetting Selain Radionya

Nah koneksi lewat hanya UseeTV saja, sedangkan Internet tidak.

Kalo mw useetv+internet bersamaan, maka harus menggunakan Router yang support Vlan dan tentunya harus punya lebih dari 1 Port..

Coba baca di tutorial yang satunya lgi pak

pak,saya sudah mencoba tahap" diatas,namun sekarang permasalahnnya swkt menyalakan STB useetv, kode 1302 muncul dengan note sebagai berikut:STB IPTV tidak mendapatkan IP yang sesuai. apakah ada kesalahan?Saya mengunakan WAP TP link tl - wa801nd dengan 1 diconfig menjadi AP dan yg ke 2 diconfig client..mohon bantuannya

Begini aja pak, sebelum langsung ke STB, mending di coba dulu ke PC/Laptop.
Jika di Laptop/PC bisa mendapatkan IP Address dari DHCP server Modem, itu artinya kesalahan ada di STB, tapi kalo di Laptop aja ga bisa dpat IP dari DHCP, otomatis di STB pun pasti error, itu artinya ada kesalahan Konfigurasi di Wireless AP, jdi di periksa kembali (AP dan Client), apakah IP yang keluar di Port ethernet AP Client itu udah dtang dari DHCP modem atau tidak.

Baik pak, sudah saya coba dengan langkah mengecek IP address dan gateway melalui cmd ipconfig, hasilnya client telah menerima sinyal dari AP, namun tetap mendapatkan kode 1302(Kemgkninan AP salah config)
Setelah dicek, ternyata port 4 mempunyai address tanpa Default Gateway,hanya Autoconfig IPv4 Address & Subnetmask (berbeda dari port 1,2,3)
Apakah untuk AP dan client sebaiknya mengikuti port 4?
configurasi DHCP server sebaiknya disable atau enable?
dan untuk gatewaynya apakah perlu diubah,karena default merupakan 0.0.0.0
Terima kasih banyak pak.

berarti ada yang salah di AP atau AP Client
karena seharusnya, saat kabel dari AP Client ke STB. Maka STB akan mendapatkan DHCP IP berupa 10.x.x.x subnet 255.255.240.0 dengan DNS 10.0.0.91
Beda halnya dengan kalau dari Port 4 Modem ke PC, Kalo ke PC, maka PC tdak akan mendpatkan DHCP IP,

Rencananya tadi saya mw buatkan Videonya biar lebih mudah di praktekan, tpi kebetulan smua AP saya lagi di Pake..

Bisa gk mas stb nya kita koneksikan dr modem biasa ( pakai jaringan d luar telkom). Trims atas jawaban nya

Gak bisa kyknya mas :D
kan tiap akun indihome(UseeTV + Internet) itu koneknya ke telkom, jadi gimana ceritanya jaringan yg gak konek di telkom bisa akses layanan telkom :D

Kalo streaming online tanpa STB itu bisa
UseeTV Tanpa STB

Apa ada cara memakai 2stb untuk 1 router, saya punya 2 stb, yg 1 sudah all channel sedangkan yg 1 blm all channel, tapi stb nya sudah support yg android box tv, rencana saya yg all channel di hdmi 1 dan yg 1 lagi di hdmi 2, ..

Apa ada cara memakai 2stb untuk 1 router, saya punya 2 stb, yg 1 sudah all channel sedangkan yg 1 blm all channel, tapi stb nya sudah support yg android box tv, rencana saya yg all channel di hdmi 1 dan yg 1 lagi di hdmi 2, ..

Sy kurang tau om
Belum pernah nyoba, krna STB cuma punya 1 nih :D

Numpang tanya gan,
Apakah bisa Radio A menggunakan TD-W8951ND sedangkan Radio B menggunakan TL-MR3020 (Asumsi sinyal terjangkau) ?
Terima kasih atas artikel & jawabannya

Asumsi saya hrusnya bisa sih
krna waktu testing saya pun menggunakan produk TP-Link disisi AP dan juga di Client

Asumsi saya hrusnya bisa sih
krna waktu testing saya pun menggunakan produk TP-Link disisi AP dan juga di Client

Bagaimana dengan settingan IP Radio A nya gan?
IP 192.168.1.1 / 192.168.100.1 sudah digunakan untuk internet

Settingan IP dibiarkan saja mengikuti Konfigurasi IP untuk internet..
asalkan tetap dalam mode Bridge
walaupun STB berada sejalur dengan Gateway Internet (192.168.1.1), ttp saja, STB akan dapat IP dari DHCP server useetv (Bukan dari modem) berupa IP seperti ini 10.xx.xx.xx

Om mau tanya , kalo pake extender kira2 bisa ga om ?

skilan dengan petunjuk videonya dengan TPLINK 5210 yang paling umum gan... ditunggu ya

Malam Gan Sdh dicoba dengan cara diatas connect sih, cuma kalau STB di matikan dan di on kembali kagak bisa connect lagi.

coba settingnya dengan gambar gan, saya sudah coba mnggunakan 2 radio TLW5210G mode bridge point to point, ip sy ganti 192.168.1.101 dan radio 2 192.168.1.102 hasilnya 1 hari bisa menikmati siaran usee tv, tapi hari ke 2 eror 1302, kalau saya langsung dari modem zte siarannya bagus. apa ada yang salah, dengan settinganya, default gatewanya apa harus diisi.

Tolong impormasi sy langganan Hindi home Zx v10 B 760 H kebetulan punya tetangga sdh dicabut ttpi Masi ada stb zxv10B700v 5 apa sy bisa gunakan kalau di coba selalu minta nama dan PIN apa bisa di buka dan apakah BI Patel trmksh


kalau semua fasilitas indihomenya(TV; Internet dan Telp) yang dikirim bisa gak pak? jarak 1 km

Klo Telpon sy kurang tw, mungkin bisa kalo dibikin VOIP

siang mas....useetv saya mendapatkan kode eror 1305...itu penyebab nya apa dan cara mengatasi nya gimana mas.?

untuk ip address stb mendapatkan 192.168.1.12

Berarti UseeTV belum dapat IP dari Servernya om

Siang gan, bisa tolong bantu setting utk router tp link TL-WR741ND supaya bisa nyambung dgn STB? Krn sudah dicoba setting lan, wan, dan dhcp masih blm bisa connect dan keluar kode 1302 (tdk dapat ip yg sesuai). Thanks sebelumnya.

IP nya gak bisa tembus boss kalau melewati acces point. tetap aja error 1302

Jadi settingnya tinggal sambungin kabel lan modem ke ap sama receiver ke stb aja ya?ada settingan di dalem ap sama receivernya gak?kalau ad gimana ya caranya?kebetulan modem saya d atas dan tv saya di bawah kalau mau tarik kabel panjang banget dan bakal keliatan berantakan di tembok nanti

Saya ga yakin bisa nih... soalnya blm ada yg komen berhasil....

Gan mau tanya, misal dari router bawaan indihome zte f660 useetv langsung via wireless trus tangkap pake ap yg support bridge bisa ngga ya?
Udah oake ubnt juga ttp ngga bisa
Saya coba topologi kaya gt ngga bisa gan,
Tapi kalo langsung ke hp bisa,
Jarak cuma 20 meter tapi beda rumah

Apakah koneksi useetv lewat wireless memakan quota indihomenya juga?

Mas mau tanya, itu kan ada 2 radio, yang 1 apa disetting sebagai AP mode Bridge dan yang satu dekat tv di setting sebagai Client mode Bridge, seperti itukah mas? terima kasih.

Caranya gmn gan pke 2 stb?

makasih gan, tulisannya sangat membantu. tapi gini gan, saya mau nanya terkait tulisan agan ini. bandwidth saya yang lewat sekitar 30mbps, tapi setelah useetv dimainkan, bandwidth down dan useetv nya jadi gak lancar, kira2 kenapa ya? mohon bantuannya gan.

Kalau pake vlan setting diradio A sama diradio B gimana biar usee tv sm internet bisa terkoneksi mohon penjelasannya mksh

Saya punya 2 buah route tenda N301, apakah bisa dibuat konfigurasi seperti diatas mas?


EmoticonEmoticon