30 April 2016

Setting Useetv Indihome Agar bisa digunakan Bersamaan Hotspot Mikrotik Via Wireless

Tags

FYI : Bagi anda yang pernah membaca Artikel saya yang berjudul "Tutorial Setting Koneksi Useetv Via Wireless" saya informasikan Bahwa Tutorial tersebut Sedikit Berbeda dengan Tutorial ini. Perbedaanya terletak pada Jalur Koneksinya. Pada tutorial "Tutorial Setting Koneksi Useetv Via Wireless" saya hanya meneruskan Koneksi UseeTv melaui Wireless, atau bisa dibilang Mengganti Kabel LAN dengan Wireless. Sedangkan Pada tutorial ini kasusnya Berbeda. di tutorial ini Koneksi UseeTV akan kita hubungkan Menggunakan Wireless juga, namun Jalur Wireless yang kita pakai adalah jalur wireless yang berasal dari Mikrotik dan Berfungsi Sebagai Hotspot.


Setting Useetv Indihome Agar bisa digunakan Bersamaan dengan Hotspot Mikrotik Via Wireless, bingung juga saya mw nulis judulnya  kayak gimana jadinya judulnya aga kepanjangan, intinya kira2 seperti gambar dibawah
Telkom Indonesia sebagai salah satu ISP terbesar di indonesia kini menghadirkan sebuah layanan baru yang sekarang kita kenal dengan istilah INDIHOME yang di dalamnya termasuk paket TriplePlay( kira2 sperti itu tulisanya) yang didalam 1 paket udah di sediain 3 layanan, yaitu Telepon rumah,Intenet, sama Useetv

Nah, ada beberapa lokasi di pinggiran kota di beberapa daerah yang tidak bisa mendaftar untuk menikmati layanan INDIHOME ini dengan alasan wilayah pinggiran kota belum tercover oleh telkom di tempat saya, salah satunya daerah  Tempat saya tinggal :D

saya mengambil inisiatif untuk memasang INDIHOME di rumah kenalan saya yang mana wilayahnya bisa tercover oleh dan telkom, dan akan saya teruskan ke Rumah saya melalui perantara Wireless. alhasil saya pun bisa berinternetan di rumah menggunakan INDIHOME, namun yang jadi masalah saya tidak bisa menikmati Useetv padahal pembayaran Iuran sudah termasuk dengan useetv itu sendiri.
tak mungkin lah saya menarik kabel dari Modem yang jaraknya kurang lebih 5km ke STB yang ada di rumah saya
dari pada kepanjangan ceritanya mending langsung ke pembahasan aja ya

perangkat yang di butuhkan
  1. Modem Indihome (udah ada dari telkom)
  2. Radio Wireless 2 buah. merk dan type disesuaikan dengan kebutuhan anda, yang penting keduanya bisa dijalankan di mode BRIDGE. pada kasus ini saya menggunakan Wireless AP keluaran ubiquity merk airgrid dan nanobridge. karena menurut saya mungkin ini radio yang pas untuk jarak 5km
  3. Mikrotik. Terserah maw pake routerboard atau routeros versi berapapun. namun saya menggunakan RB750 karena mikrotik rb750 yang paling pas dengan kantong saya :v
  4. STB (Udah ada dari Telkom)
  5. HUB. Ini Optional aja. namun saya pribadi menggunakanya untuk memisahkan koneksi internet dengan koneksi useetv. karena nantinya koneksi internet akan saya teruskan lagi ke AP lain. 
  6. TV
Caranya :
Setting Modem Indihome anda. namun pada umumnya Modem sudah di setting oleh Pihak telkom     dengan pengaturan seperti ini : Port 1,2,3 untuk Internet dan Port 4 Untuk useetv. jadi saya rasa       untuk tahap ini bisa di skip 

setting mikrotik anda, pastikan mikrotik anda sudah bisa mengakses internet, begitupun client di belakang mikrotik. 

Mikrotik Ether 1 = public (192.168.1.2)
Mikrotik Ether 2 = local(192.168.2.1)
Mikrotik Ether 3 = hotspot(192.168.3.1)
Mikrotik Ether 4 = backup(192.168.4.1)
Mikrotik Ether 5 = proxy(192.168.5.1)

Port mikrotik yang akan kita gunakan yaitu Port 1 (public), Ether 3 (Hotspot) dan Port 4 (Backup)
port 2 dan 5 bisa kita abaikan dulu
untuk Port 4,5 bisa di remove dahulu network addressnya dari winbox sehinggan hasilnya kira2 seperti ini

Proses pemasangan kabel
  • Colok Kabel di Port1 modem ke port 1 mikrotik (public)
  • Colok Kabel di Port4 modem ke port 4 mikrotik (Backup)
  • Colok Kabel di Port3 mikrotik (Hotspot) ke Port Access Point
Konfigurasi VLAN

  • di menu interface winbox tambahkan sebuah VLAN baru dan beri nama VLANUseeTV,
  • VLAN ID di isi = 2
  • Interface pilih = Hotspot


Setting Bridge
  • Masuk Kemenu Bridge, dan tambahkan Bridge baru

  • Beri nama Bridgenya = BridgeTV
  • Pindah ke tab Ports
  • Tambah Port baru untuk BridgeTV. Pada interface Pilih VLANUseeTV
  • Tambah Port baru lagi, namun interface yang di pilih adalah port4 (Backup)

Setting Radio

  • radio 1 di setting sebagai access point pada mode bridge
  • radio 2 di setting sebagai station pada mode bridge
  • kabel dari radio 2 bisa di colok langsung ke TV, namun bisa juga di colok ke HUB dahulu dan selanjutnya ke TV
Setting STB
  • Masuk ke menu setting STB dan pastikan VLAN di STB adalah 2
Selesai :D


Update 15 Oktober 2016
Menjawab pertanyaan dari saudara Hadi maka saya sertakan Juga gambar instalasi Kabel

Setting Useetv Indihome Agar bisa digunakan Bersamaan Hotspot Mikrotik Via Wireless

Ket
Merah = Port 1 Modem --- Port 1 Mikrotik (Internet)
Biru   = Port 4 Modem ---- Port 4 Mikrotik (UseeTV)
Hijau = Port 3 Mikrotik --- Wireless Access Point (Hotspot + UseeTV)




102 komentar

gan untuk radio sudah ane setting keduanya mode bridge. trus untuk stb ini langsung settingnya dimana ? mohon pencerahannya. tks

di STB tinggal di aktifkan VLAN, trus isi ID VLAN sesuai dengan ID VLAN yang sudah di buat di Mikrotik

ntar saya foto Settingn VLAN di STBnya

stb saya ZTE, ko g bisa di aktifkan Vlannya y gan? ke off selalu? apa di kunci sama pihak telkom?

@Dedik dwiyanto, STB nya yang warna Hitam atw Putih?

waktu itu saya juga ngalamin hal yang sama, tiap kali di setting eh VLAN nya kembali Disabled

Solusinya, Saya minta tukar STB baru di Plaza telkom langsung

Selamat sore gan, ane newbie banget neh, sy pakai tplink wa7210, u settingan bridge nya gimana y. Mohon petunjuk. Bisa hub sy di hndktr@yahoo.co.id kah atau pin bbm/wa. Biar bisa tanya2 lebih lanjut. Tks

Pake mode Bridge With AP pak..

STB yang dipake jenis apa gan, Standar atau hybrid ?

Masih STB lama Om..
kebtulan masih tembaga di tempat saya, blum nyampe FO

Mohon bantuannya gan, karena saya mengalamai kasus yang sama.
Pada setting di mikrotiknya :

......Port mikrotik yang akan kita gunakan yaitu Port 1 (public), Ether 3 (Hotspot) dan Port 4 (Backup)
port 2 dan 5 bisa kita abaikan dulu
untuk Port 4,5 bisa di remove dahulu network addressnya dari winbox sehinggan hasilnya kira2 seperti ini
Kemudian
......Proses pemasangan kabel
Colok Kabel di Port1 modem ke port 1 mikrotik (public)
Colok Kabel di Port4 modem ke port 4 mikrotik (Backup)
Colok Kabel di Port3 mikrotik (Hotspot) ke Port Access Point

Maaf saya masih bingung gan :
- Port di mikrotik yang aktif 1,2 dan 3. Port 4 dan 5 di non aktifkan dulu (remove).

Sesuai diskripsinya :
- port 1 internet
- port 2 local
- port 3 hotspot

=Colok Kabel di Port4 modem ke port 4 mikrotik (Backup)=
Port 4 mikrotik non aktif?
Gimana gan? Makasih banget ya....sangat bermanfaat. Mungkin penjelasan dan fotonya bisa dikirim juga ke email.

yang di nonaktifkan(Tidak Terpakai) hanya Port 2 dan Port 5
sedangkan Port 4 itu dipakai, hanya saja IP Addressnya di Hapus (Kalau sudah ada), atau di kosongin,

Cek kembali di postingan diatas gan, sudah saya update disertakan dengan Gambar Pemasangan kabelnya gan :D

Makasih banget gan diskripsi dan fotonya...
Juga emailnya...
Sangat bermanfaat sekali....langsung praktek.
Semoga ilmunya barokah....

Hallo gan
bisa di perjelas semua alat (merk & seri)dan harga nya ?
saya masih awam
Matur nuwun

Modem (di pinjamkan dari Telkom)
STB (di pinjamkan dari Telkom)
Mikrotik (Harga bervariasi,tergantung kebutuhan dan budget)
Radio Wireless 2 buah (Harga bervariasi,tergantung kebutuhan dan budget)
TV (Milik pribadi, jgan pake TV Tetangga)

Gan, ane kan buka warnet juga ni, nah ane pake mikrotik nya bukan di dekat modem, tapi ya disini di penerima radio, berarti harus beli 1 lagi donk ya gan?

Gan, apa itu bisa useetv dan intern bersamaan di pancarin lewat ap? Artinya useetv sma internet jalan bersama dalam satu ap?

prinsipnya sama aja gan..
atw biar agan lebih mudah memahaminya, coba bikin yang simpel dlu kayak gini

sediain 1 buah switch/hub 8 port

Port 1 Modem (Internet)di colok ke Hub
Port 4 Modem (UseeTV) di colok ke hub
Access Point Colok ke Hub
STB colok juga ke hub

jadi internet sama useetv sama2 dalam satu hub,
dengan cara gini aja udah bisa, tanpa perlu mikrotik

Intinya yang membedakan hanya pada vlan nya aja ya gan? Modem indihomenya gak perlu disetting? Pdhal vlan pada modem indihome internet vlan 881 tv vlan 111. Apa gak ngaruh tuh?

bukan vlan om, tpi pvc (vpi&vci)
intinya walaupun koneksi useetv dilewatkan bersamaan dengan internet, tetap ujungnya2 koneksi useetv hanya akan mengenali perangkat STB saja..

kita kan indihome buat game online bisa nggak jalan bersamaan menggunakan wifi nya gan

kemaren coba...tidak bisa, malah terjadi loopback

nice info gan..mau coba ah

Nanya pak admin, kalo stb yg hybrid android seting VLAN nya dmna

Belum pernah nyoba yg hybrid gan :D
maklum masih tembaga

bisa minta backupan mikrotiknya gak pak, saya coba gk bisa, mikrotik kita sama mohon kerendahan hatinya buat berbagi ilmu kirim ke email bano.bungsu@gmail.com
terimakasih

Kebetulan saya udah gak pake lagi UseeTVnya..jadi settingan Mikrotik saya cuma seadanya aja..gak pake VLAN lgi
tpi kalo mw sy bisa bantu remot

kmren STB yg di pke type apa gan, ada kontak WA gak ?

STB yang warna putih itu, yg untuk indihome tembaga...belum yg hybrid
kalo gak salah tipenya zxv10 b600

Saya coba pakai yg stb hybrid ipnya 192 terus, pusing saya, ada neh stb bekas grovia 100k, isa gk ya zxv B660

haloo om salam kenal.
mau tanya port 4 untk tv bisa ngga kita paralelkan?
jadi saya mau pke 2 stb untuk 2 tv. bisa kan?
tinggal pke spliter/hub gtu kah? ato hrs masukin username dll?
ditunggu jawabannya

Salam kenal juga om :D
aduh saya belum pernah nyoba untuk pake 2 stb di 2 tv dari 1 modem :D

Salam kenal Gan dari konisi agan di atas udah coba dan berhasil tapi ada masalah yg lebih luas, minsalnya di ruamh saya di jkt sudah pasang indihome, 2 setbox tv 1 modem. 1 setbox tv saya pasang di R.tamu satu lagi nggangur, yg nggangur ini saya mu pasang di ibu saya di bekasi, di bekasi saya pasang internet tapi bukan indihome, pertannyaan saya apakah bisa setbox tv ter sebut terpasang? dangan cara apa dan butuh apa? teria kasih Gan

Salam kenal juga gan :D
maaf, saya kurng tahu tntng bisa atau tidaknya STB milik telkom dipake di jaringan lain (Selain Indihome)

kalo seandainya, ISP yg agan pake di bekasi itu nyediain juga layanan IPTV, mungkin dengan begitu baru bisa di pake itu STB dari indihomenya, dgn catatan mungkin akun IPTV yg dipake, udah bukan yg dari telkom lagi

Maaf, sya tak bisa bnyk mmbntu untuk hal ini, krena sya sendiri belum pernah mempraktekan yg seperti itu gan :D

Ok Gpp gan, nanti kalo bisa saya sahre di blog ini Trima kasi

Ok, makasih gan..di tunggu hasilnya :D

Dah coba masih ga bisa, ip di STB masih ga dapet yang 10xxx bawaan useetv..
semua tahapan diatas dah dipake padahal

itu STB hyrid ya gan ?
coba gini aja dulu
port 1 modem sama port 4 colokin ke HUB/SWITCH
trus dari switch colok juga ke STB
kalo dgn cara seperti itu aja gak bisa berarti ad yg salah, ntah di modem atw di stb nya

tanya mas,ap repeater-ap repeater(mikrotik,hotspot) - station (warnet)useetv bisa di gunakan di warnet gk ? kalo bisa tlg di cerahkan ,krna msh belajar

Mas, mau menanyakan tentang indi home hitam zte dan tp link untuk type saya kurang mengerti mas.
kebetulan tp link sudah ga saya pakai, saya sendiri berlangganan indi home belum ada 1 tahun.
indi home saya pasangkan ke tv tabung, mau menanyakan gimana ya, supaya ketika ada orang salah masuk in pasword wi fi kita, tv tabung nya berbunyi, pada saat tv tabung tsb siap beroprasi.

waduh Out of topic nih mas :D
sy kurang tw kalau yg seperti itu mas :D

minta pencerahannya mastah untuk useetv.
klo dri modem port4/ uctv ke mikrotik ke converter lan ke fo. terus ke mikrotik lagi. lalu ke switch terus ke stb? gmna setingnya?
2 mikrotik 2 tempat jarak 1km an. stb nya di tmpat ke 2. modem/sumber uctv nya di mikrotik 1.

gan semuanya sudah saya atur seperti yang agan bilangin, ternyata koneksi useetv berjalan lancar dengan menggabungkan hotspot dengan useetv via mikrotik, tetapi pada saat useetv berjalan dan sudah on air, yang jadi permasalahan adalah internet putus (RTO), dan kalau saya matikan STB internet jalan lagi...(seperti terjadi IP Conflig gan).. Mohon solusi gan

tidak mungkin IP Conflict gan..
karena IP Internet sama IP UseeTV beda ..
kan useetv lewat vlan..jadi walaupun secara fisik melewati LAN yang sama dengan Internet, tetap sja useetv terpisah networknya dari Internet(hotspot)

Bingung saya topologinya gan :D

modem, useetv port 4, masuk ke port 4 mikrotik1, dari mikrotik1 port 5 ke mikrotik2 port1, dari mikrotik2 port5 ke lan, dari lan ke STB. lalu ke tv
nah gitu kali hehe? gmn om mastah settingnya/

itu di pake 2 mikrotik untuk apa gan, dijelasin dlu gan routingnya gimana tpi seharusnya kalo kedua Mikrotik udah Konek ya tinggal dibikin kyk gini aja
Vlan bikin di Ether5 Mikrotik A .
Vlan tsb dan Port 4 Mikrotik A di Bridge .

trus di Mikrotik B tinggal dilanjutin dibikin vlan di port 1 (idnya sama kyk vlan di mikrotik A). trus vlan itu di bridge lgi dgn port yg mw di colok ke stb


itu Port5 ke lan maksudnya gimana ?

2 mikrotik (1 diwarnet, 1 dirumah untuk hotspot, koneksi internet di warnet)
iya port 5 mikrotik B, ke switch dari switch ke stb.
terima kasih om saya coba dulu

artikelnya menarik om...
lebih sangat membatu jika di sertai file download nya yg hasil bacupan dari microtik,jadi saya tinggal restor aja tuh file di microtik saya hehehh... maklum pemula udah puyeng ngotak-ngatiknya...

trimaksi,

aduh, settingan di mikrotik saya sekarang udah gak kayak itu lagi om :D

mas, ini kan maksudnya Useetv + internet nya di pancarkan lewat wiress AP atau pake hotspot , nah misal untuk RTRWnet, apalah untuk useetv user nya harus punya STB dari telkom atau bisa pakai stb lain? terus kan pakai nomor useetv punya saya, di user apa bisa jalan sendiri (paralel) maksudnya di saya nonton rcti di user bisa nonton chanel lain?? lalu apakah tidak bermasalah nanti nya dengan pihak telkom?? terus useetv nya ga makan kuota indihome kan soalnya ada FUP , oh iya boleh minta alamt email atau WA nya?
. mohon dibalas, trims..

1. Pendapat sy, mw pake STB apa aja seharusnya bisa..(sy belum pernah coba pake STB selain dri telkom)

2. Artikel ini ditulis tujuanya agar useetv yg ada tempt lain bisa nyampe di rumah sya..bukan untuk sya share ke tetangga. jadi sy belum tahu apakah bisa di paralel atw tdk

3.Untuk FUP tdak berlaku pada UseeTV

kl seting modem sudah bridge [dial ppoe sudah di mikrotik] bagaimana cara menyederhanakan topology nya pak?

- apakah ap tetep harus di bridge?
- apakah seting stb tetep pakai vlan? [mengingat seting stb utk vlan gk mau di ON kan]

(sya chat di fb tidak aktif ya pak)

Gan.. ada temen yg bs bantu borongan pasang😆, spy sy bs pake usee tv dan internet (jarak 300m)

Maksudnya gmna gan sy gak ngerti

Selamat malam mas.. saya punya case yang aneh..

Mikrotik
Eth 5 ( sumber dari eth 4 modem useetv ) - Di bridge ke port yang saya jadikan wifi/ hotspot untuk siap di tembak - done

Ubiquity
AP ( bridge ) untuk yang dari mikrotik
Station ( bridge ) untuk yang di sisi client

masuk stb mode vlan ( id 5 ) ini sudah sesuai dengan vlan yang di mikrotik - done

Pertanyaannya.

Knpa STB tidak mendapatkan IP hasil dari brigde antene litebeam.
apa untuk ubiquty versi litebeam harus ada yg di setting kebamli?

Mohon pencerahannya

reply byemail boelh kang.? rizkyher.1104@gmail.com

saya belum pernah coba pake Litebeam,, tpi seharusnya sama aja dgn produk Ubiquity lainya gan
terakhir, sy cobanya pake Nanostation M5 sebagai AP terus di Client Airgrid M5.. settinganya ya standart..
atw coba dlu pake mode WDS gan..
siapa tau bisa, hehehe (sy belum nyoba sih)
Oh ia, liat juga di Mikrotiknya, apa ada Trafik gak di VLAN tsb..
eh ia, di STBnya udah di set VLAN kan ??

Ehm saya sii standart juga untuk settingan radionya. cuma saya g cek lagi tuh WDSnya. nanti saya coba deh cek wdsnya.

ehm untuk settingan AP mode brigdenya, apa perlu setting scurity nya juga pke aes wpa2?

apa langsung menggunakan wds dan acl aja buatpengamannya?

klaw mikrotik dan stb smua udah sesuai dan sama kaya settingan sebelumnya. karena sebelumnya saya pke TPlink cuma doi g kuat klaw trafik udah tinggi. per 25menit down klaw udh tvnya di nyalain hehehe

makanya saya mauu pensiunin ganti sm yg lebih gede lagi Bandwidth nya dan memorinya gt mas.

sy gak pake password gan, soalnya kan udah ad hotspot..
jdi sy kurng tw pasti apakah security wpa2 aes itu brpngaruh apa gak..

klo share lebih dari satu apa bisa pak?
Di BTS biar bisa nonton tv dan di klien juga bisa nonton tv harus tambah setingan apa lagi pak?

Aduh saya blum pernah nyoba untuk dishare gan...
klo udah sya coba, nnti saya tulis hasilnya gmana :D

saya pake stb hybrid .. dengan topologi seperti artikel diatas
koq masih belum bisa ya useetv nya .. apakah ada setting tmbahan atau bagaimana ya pak?
karena saya tidak bisa masuk STB untuk setting vlan nya

Saya juga gak bisa gan....bisa minta bantuan nya gak....saya pakai stb hybird dan modem fiber home bawaan telkom....klo bisa hub...saya di 085208888981

Dear All

Ane coba juga blm berhasil nih.. nah mending yg udah pada comment disini dan berhasil. Taroin di gdrive atau kasih dropbox tuh konfigurasi mikrotiknya. Biar kita bisa sma2 menikmati.. piss..

ini maksudnya jaringan internet + tv nya jadi 1 kan intinya?

Gans kalau pakai ubnt litebeam m5 bisa gk ??

apakah useetv bisa tunnel?
topologinya saat ini seperti ini :
dari modem saya masukan ke hub lalu dari hub saya pecah ke 2 stb dan berhasil.
nah saya mau coba seperti cara agan. dari modem saya masukan ke mikrotik lalu saya berikan ip. tentunya saya siapkan 2 port kosong untuk saya bridge lalu saya masukan ke hub untuk memakai dua stb. nah yang jadi pertanyaan saya apakah bisa saya tunnel ? tentunya dilokasi yang berbeda saya menggunakan stb telkom hanya saja ISP nya bukan menggunakan telkom.
klo dalam logika saya sih seharusnya bisa namun saya belum coba karna posisi yang menggunakan telkom ini untuk kafe. hehehehe.... sehubungan indihome ada bein sport jadi penting untuk saya dimana bisa menonton bola lebih asyik...

sya kurang paham maksdunya gmana pak
kalo udah bisa pake HUB, trus dipakein mikrotik tujuannya untuk apa ?
kalo sekedar ngelewatin useetv saja tanpa internet, port di mikrotik gak perlu dipakein IP

pak kalo stb nya hybride bisa gak?

om, apakah mikrotik di setting nat? sama ip routers?

Ada yg berhasil ga ngikutin tutorial ini?

Koq blm ada yg komen sukses.

saya sudah berhasil oom, tp tidak menggunakan tutorial ini,. saya menggunakan eoip-tunnel, dan harus punya 2 mikrotik, satu dsisi server dan satunya lagi disisi klien

ada panduannya..? saya ikut tutorial diatas juga nggak bisa. stb hybrid colok dari eth hotspot dengan vlantv bridge nggak dapet ip

Kira kira Dari Modem ( Port 1 dan port 4 ) ke switch. Dari switch ke Radio ( bridge ) mode AP trus ditangkap Radio ( Bridge mode client. Ke switch. Swit bisa ke stb dan mikrotik. Bisa gak ya. Acyusuf@gmail.com

pm juga om...
pertanyaan saya sama dengan achmad yusuf...
arieschoirul@gmail.com

Dengan kasus yg sama, pasang indihome di lokasi 1 di tembakkan dengan antena ke lokasi 2. Apakah layanan useetv bisa dinikmati di kedua lokasi. Terimakasih infonya...

Bang gmna klo topologinya gini.
Port 1 Indihome ke Port 1 Mikrotik (Internet)
Port 2 Mikrotik ke PC (Lokal)
Port 3 Mikrotik ke Port 4 Indihome (UseeTV)
Port 4 Indihome ke STB.

Gmna biar di PC itu bisa UseeTV + Internet ?

Lokasi 1 indihome, akan di pancarkan melalui powerbeam m5 hp to lokasi 2, dgn PTP. Lokasi dua terdapat mikrotik. Nah untuk yg di lokasi satu, apakah perlu mikrotik juga? Jika tidak, lalu bagaimna menggabungkan internet dn usee tv yg jelas di modem adalah beda port dan akan saya tembakan melalu powerbeam dgn PTP. Apakah cukup dgn hub, yatitu interen dn usee tv saya colokan di hub lalu saya naikan ke AP yg ada di lokasi satu untuk saya tembakan ke Station Lokasi 2, lalu di lokasi setting mikrotiknya. Supaya bs terpisah internet dan useetv. Mhon pencerahan, atau email kan saya:
icud.sadchar@gmail.com

link bagus nih gan http://sigernetwork.blogspot.co.id/2016/11/cara-setting-share-useetv-di-mikrotik.html

nitip jawaban mas, mudah2an bisa membantu : https://goo.gl/9YRadg

gan kalau menggunakan 2 stb gmna ?

Gan, saya dial indihome dari mikrotik, untuk useetv nya bisakah dihubungkan ke mikrotik juga?

oh iya gan mau tanya, berarti diruma temen agan gak pake tv dong? rencana saya mau beli stb 1 lagi jadi bisa di rumah teman saya dan dirumah saya itu apa sama caranya gan?
kebetulan nasib saya sama kaya agan ngambil internet dari temen yang sudah tercover fo hehehe

kalau tanpa mikrotik bagaimana gan....
mohon pencerahannya...
hatur nuhun

Gan. Selain useetv, apakah di lokasi kedua bisa menggunakan pesawat telp dari lokasi pertama? Mksdnya modem indihome dan pesawat telp ada di lokasi pertama. Lokasi kedua jg memerlukan pesawat telp. Apakah bisa?

Gan. Selain useetv, apakah di lokasi kedua bisa menggunakan pesawat telp dari lokasi pertama? Mksdnya modem indihome dan pesawat telp ada di lokasi pertama. Lokasi kedua jg memerlukan pesawat telp. Apakah bisa?

Malam gan. Selain useetv, apakah pesawat telp juga bisa di share / di pindahkan ke lokasi kedua?

saya mau bang
kalau ada vidio nya biar lebih paham

Mohon saya ditraining. Atau apakh boleh sya minta contactnya om. Biar bs lgsg komunikasim

Om catatan lamers, ini contact hp saya 081277665899

di training buat apaan om?

makasih gan, tulisannya sangat membantu. tapi gini gan, saya mau nanya terkait tulisan agan ini. bandwidth saya yang lewat sekitar 30mbps, tapi setelah useetv dimainkan, bandwidth down dan useetv nya jadi gak lancar, kira2 kenapa ya? mohon bantuannya gan.

klo di sisi client selain pake stb bisa ga macem pake latop atau vlc ???

Aduh sy belum pernah nyoba gan

Bang Kalo Pas STB ny Di nyalain Pesan Ny IP Tidak Sesuai Apa Yang Masalah Ny . . .

bang bisa nga dikirimin backup setingan mikrotiknya seperti topologi di atas saya nga bisa seting bang ini email saya nt saya kasi ongkos na bang pliss email : raffa.fotocopy@gmail.com

Kang, saya dapat pesan error 1302.
Salahnya di mana ya?

Apa karena router saya tidak mendukung?
Saya memakai RB450.

semua settingan tadi apa gk butuh user dan password dari telkom ya? stb kan juga minta user dan password??

Gan apa kalo ikut setingan di atas misal kita tembak pake ubnt,,aoa bias kebawa internet dan tvnya dlm 1 ptp..pencerahannya gan

Berhasil gan...ane berhasil..jadi di ap dan st harus di aktifin vlan idnya


EmoticonEmoticon