12 May 2016

Setting Mikrotik RB750 - Cerita Bypass Binding User Hotspot Mikrotik di Belakang Router

  22 comments

Bingung dengan Judulnya ?
begitupun saya, saya bingung mw nulis judulnya kayak apaan, namun untuk mepermudah penjelasannya, mungkin cerita saya akan bisa mempermudah anda untuk memahami tujuan postingan ini.

Saya menyediakan layanan Internet di tempat saya memanfaatkan "Hotspot" yang ada di Mikrotik. 
Jadi untuk orang yang ingin menggunakan Layanan Internet yang saya sediakan maka pelanggan harus mengisi username & password untuk login, yang mana user & pass saya berikan jika ia membelinya dari saya. Namun Layanan saya masih sangat terbatas, hal ini di sebabkan Saya hanya menggunakan sebuah Access Point Merk TP-Link WA5210. yang artinya layanan ini hanya terbatas sesuai dengan wilayah yang di jangkau oleh AP ini.

Muncul lah sebuah Problem, karena ada orang yang ingin berlanggan Layanan saya untuk perbulan dan ingin di pasangkan di Rumahnya Yang cukup jauh dari Wilayah Radius AP yang saya gunakan untuk memancarkan.

Intinya si calon client meminta beberapa hal
1. Ia ingin agar bisa mengakses internet dari rumahnya langsung.
2. Ia ingin semua perangkat wifinya bisa mengakses internet tanpa login yang berbeda2

maka saya memberikan saran kepada calon pelanggan untuk membeli sebuah AP yang nantinya akan digunakan menangkap signal dari AP Pusat.

Setelah calon pelanggan menyanggupi hal tersebut, saya segera menyetel AP yang baru itu dengan Mode Client, 
(Permintaan Nomor 1 pun Solved)
 Kabel LAN yang turun dari AP Client itu langsung di Colok di PC Pelanggan. alhasil pelanggan sudah bisa menggunakan internet namun hanya untuk 1 Device/Perangkat namun masih melalui Login Hotspot Mikrotik.

Selanjutnya saya, mencoba merubah AP-Client tadi menjadi Mode "Repeater" hasilnya pun sukses,
PC, Laptop dan HP, bisa mengakses internet, namun masih sama halnya dengan sebelumnya, tiap perangkat tersebut harus melakukan Login terlebih dahulu dengan login yang berbeda-beda untuk bisa mengunakan Internet. yang artinya permintaan Nomor 2 Belum terpenuhi.

saya pun menganjurkan ke Pelanggan untuk membeli sebuah Router, yang nantinya router inilah yang akan langsung terhubung ke AP-Repeater/Client.
alhasil, semua perangkat yang di dalam rumah tersebut bisa menggunakan layanan internet namun harus ada salah satu device yang login ke mikrotik dan device lainya tidak perlu lagi melakukan Login. (Permintaan Nomor 2 udah hampir Solved)

Namun hal ini masih belum memuaskan Pelanggan, ia ingin Bisa mengakses internet tanpa login apapun. Akhirnya saya menemukan Solusi untuk Mem-Binding IP Router dari menu Hotspot Mikrotik, Alhasil sukses, Orang yang Konek Ke Router dalam rumah tidak perlu login lagi, sedangkan orang yang konek ke AP-Pusat maupun AP-Client, AP-Repeater tetap masih harus menggunakan Login :D

Oh ia, untuk pelanggan ini, AP miliknya saya Setting ke menu Repeater karena hitung2 untuk memperluas Coverage Jaringan saya. Sambil menyelam Minum Kopi :v

Untuk cara setting binding Routernya cukup mudah
kita tinggal memberi IP Static ke WAN yang ada di router yang 1 segmen dengan IP Hotspot Mikrotik
Sedangkan untuk IP LAN router bisa kita gunakan IP sembarang asalkan tidak sama dengan IP Hotspot Mikrotik

Selanjutnya di Mikrotik, Masuk Ke menu IP-Hotspot
lalu pindah ke Tab IP Bindings dan tambahkan IP Router di kolom address, MAC Address bisa dikosongkan jika anda tidak mengetahui MAC address Router Tersebut, selanjutnya di kolom type Pilih Bypassed dan Klik OK



SELESAI :D



22 comments :

  1. nah saya sudah mengikuti cara ini gan tapi speed nya los ngak sesuai paket gimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Queue bisa langsung di Simple Queue tinggal masukin aja IP Router Client di src-address, atau bisa juga di Queue tree
      ntar sya tulis artikelnya om :D

      Delete
    2. Silahkan dibaca om :D
      http://catatan-lamers.blogspot.com/2016/09/limit-user-hotspot-bypass-binding-simple-queue-tree.html

      Delete
  2. Mas..untuk perangkat Airgrid M2HP dan Loco Nano Station gimana caranya mas?saya sudah oprek sana sini tetap ga berhasil..klo mas berkenan bisa kirimkan tutornya ke email saya andreaspasaribu@gmail.com
    Terimakasih banyak mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentar, yang dibikin jadi AP Router yang mana ?

      Delete
  3. mas mhn mf sblmnya mgkn sy yg gk faham,kalau AP dibinding semua device yg terhubung ke AP brrt bs otomatis lgsung browsing ya?tnp login trmasuk tetangga yg termasuk bkn pelanggan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo AP yg di binding itu di set sebagai Router, jawabanya Iya...semua Client dibawah AP Router tersebut gak perlu login lagi

      Kalo AP yg dibinding itu diset sebagai Bridge, Jawabanya tidak, semua harus login..

      Delete
    2. kalau bridge kan harus login..brrt tdk solved dong mas permintaan client..pdhl client minta tnp login,mksd sy client tnp login hny untuk yg berlangganan,sedg tetangga hrs login..mf pertanyaan bulet..

      Delete
    3. Ya di tambahin lagi 1 AP yg diset mode Router

      pengalaman ane sih kyk gini gan
      Di sisi Client kan ada 2 perangkat yg 1 Outdoor (Buat Nangkep/Nerima signal dari AP pusat) dan yg 1 Indoor (Buat mancar dalam rumah, ini yg dibinding)

      nah biasanya kalo disekitar rumah client itu banyak calon client, AP yang Outdoor tadi ane ubah Modenya dari Station menjadi Repeater/WDS/PTMP jadi dia nerima sambil mancar lagi...untuk client dalam rumah tetep gak perlu login..krna dia konek dari AP Indoor yg dibinding, sedangkan tetangga Konek dari AP Outdoor yang dibikin jadi repeater tadi


      Delete
    4. iya ya..faham sy,tp client sy paling jauh 300 mter sy dilokasi perumahan.jd gk usah AP outdor sdh bisa,didalam rumah sy pasang TENDAn301,meskipun AP didalam rumah tetangga ttp bisa akses..

      Delete
    5. Bisa juga kok walaupun cuma 1. tapi harus pake firmware dd-wrt (baru dd-wrt yg pernah saya coba) jadi nanti tinggal main di VLAN aja pak..cuman, saya gak tau itu tenda n301 bisa apa tdak firmwarenya di Upgrade ke DD-wrt . pengalaman kmaren sy pake tplink 741nd

      Delete
  4. ok mksh bnyk mas untuk ilmunya dan responya..

    ReplyDelete
  5. numpang naya gan bisakah ip yg di binding bypass kita batasi waktu pemakaian,, misalnya hanya bisa di pakai 1 bulan, lewat dari itu ip otomatis harus masuk halaman login.. klo bisa caranya gimana ya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah nyoba atw nerapin yg kyk gitu gan
      tapi analisa sy seharusnya bisa pake Script sama fungsi Scheduler di mikrotik

      Delete
    2. thank you gan pencerahannya,, akhirnya setelah ngotak-ngatik mikrotiknya, dapat juga script scadule blokir otomatis ip yg di bypass

      Delete
    3. Oke gan makasih udah berkunjung :D

      Delete
  6. mau tanya gan setingan nya yg gan post itu seperti apa,,,,
    postingan nya >> "saya pun menganjurkan ke Pelanggan untuk membeli sebuah Router, yang nantinya router inilah yang akan langsung terhubung ke AP-Repeater/Client.
    alhasil, semua perangkat yang di dalam rumah tersebut bisa menggunakan layanan internet namun harus ada salah satu device yg login ke mikrotik dan device lainya tidak perlu lagi melakukan Login. (Permintaan Nomor 2 udah hampir Solved)" itu seting AP dan wifirouter nya gimana gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya disetting mode AP Router
      Contohnya gini
      Access Point Pusat (Hotspot) Modenya AP Bridge
      Trus ditangkep di Client pake radio penerima dengan mode Client Bridge
      trus disebarin lagi pake AP didalam rumah dengan mode AP Router

      kalo mw irit bisa pake 1 AP saja di sisi Client yang support atau tersedia mode AP Client Router kayak TP-Link 7210 gitu om

      Tiap Merek Wireless biasanya beda2 nama modenya tapi fungsinya ya hampir2 sama sih..

      Delete
  7. #ask
    gini gan ane pke mikrotik rb750 sudah di set. hotspot juga sudah.
    tpi ada maslh ini.... apabila ada 1 user login maka yg lain tanpa hrus login lngsung bisa.....
    salahnya dimna?
    maf newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. AP nya diset Bridge mas..
      kalo APnya dijadikan Router ya emang gitu jadinya...

      IP End Client (Laptop/Hp) harus sekelas dngan IP Server Hotspot

      itu AP nya pake Merek apa?

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas saya baru coba-coba nie buka hospot di rumah kebetulan saya baru beli antena bekas hospotnya teman dan ada beberapa antena antara lain :

      1. ns loco m5 3 buah
      2. nsm2 pemancar 2 buah
      3. sektoral 1 buah
      4. bulet n2 dan omni 1 buah
      5. rauter tenda N301

      dan ini alat-alat yang saya beli kira2 masih bisa untuk hospot tidak mas
      dimohon pencerahannya mas kalau sempat tolong ke
      lamonerangga@yahoo.co.id
      terima kasih atas bantuan dan pencerahannya mas

      Delete