19 August 2016

Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia

Tags

Halo, kali ini saya akan share bagaimana caranya melakukan flashing pada Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM alias Gucci. Ceritanya gini, beberapa jam sebelum saya menulis artikel ini saya sempat mengalami hal buruk, yaitu redmi note (gucci) yang sudah saya gunakan selama kurang lebih 2 tahun ini mengalami Stuck di Logo. Hal ini berawal dari percobaan saya menghapus beberapa aplikasi bawaan gucci ini menggunakan System App Manager yang saya Download dari Playstore, alhasil saat Gucci ini melakukan Reboot alias restart, Redmi Note ini hanya berhenti sampai di logo saja
Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia

Sebenarnya beberapa bulan sebelumnya saya sudah berencana untuk melakukan flashing pada Redmi Note ini, dengan tujuan untuk mengganti ROM yang ada Bahasa Indonesianya, namun baru kali ini kesampaian untuk melakukan flashing, berhubung kebetulan Redmi Note ini Stuck di logo mau tidak mau saya harus melakukan Flashing ulang sekaligus mengganti ROM aslinya.
Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia

Setelah browsing kesana kemari, saya tidak menemukan ROM untuk Gucci yang support bahasa Indonesia, karena informasi yang saya dapatkan ternyata ROM stable untuk Gucci hanya tersedia untuk bahasa Cina saja. Saya pun mencoba untuk sedikit berimprovisasi untuk mencoba menggunakan ROM Redmi Note Prime untuk di pasang di Redmi Note 4G Dual SIM alias Gucci

Walaupun Redmi Note Prime ini hanya dirilis di India namun Redmi Note Prime memiliki fitur bahasa Indonesianya dan jika diperhatikan spesifikasi dari Redmi Note Prime dengan Redmi Note 4G Dual SIM terlihat banyak kesamaan sehingga kemungkinan besar ROM Redmi Note Prime ini akan cocok untuk di Gunakan di Redmi Note 4G Dual SIM.

Oh ia ROM yang akan saya gunakan adalah Stable Version MIUI7 karena untuk Dev Version MIUI8 baru akan Rilis di akhir Agustus Nanti.

Ada 3 Cara Yang bisa kita pilih untuk melakukan Flashing pada XIAMOI
  1. Via Recovery
  2. Via System Updater
  3. Via Fastboot

Tutorial Flashing VIA Stock Recovery Alias Recovery Bawaan XIAOMI

  • Download dulu Stable ROM Redmi Note Prime 
  • Setelah Di Download, Rename ROM tersebut menjadi update.zip
  • Masukan file ROM update.zip tersebut ke dalam Memori Internal XIAOMI, taruh di luar, jangan taruh didalam Folder
  • Dalam keadaan Off, masuk ke menu Recovery dengan memencet tombol Power dan Volume UP secara bersamaan. 
    Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia
  • Lalu pilih Install update.zip to system
  • Lalu tunggu hingga prosesnya selesai

Simpel Bukan ? nah untuk Flashing VIA System Updater lebih mudah lagi

Tutorial Flashing VIA System Update Xiaomi

  • Download ROM nya dulu (sama Seperti diatas)
  • Rename ROM menjadi update.zip (Sama seperti diatas)
  • Simpan file ROM ke memori Internal
  • Lalu buka aplikasi UPDATER lalu pilih Chose Update Package
    Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia
  • Selanjutnya Pilih file update.zip tadi dan tunggu Hingga prosesnya Selesai
Dua Cara diatas tidak bisa saya terapkan untuk kasus yang sedang saya alami, karena Posisi Android dalam keadaan Stuck dan Memori internalnya tidak terbaca di PC sehingganya tidak memungkinkan untuk saya menyalin file update.zip yang ada di PC Ke memori internal. Makanya saya menggunakan cara Flashing VIA Fastboot

Tutorial Flashing VIA Fastboot

  • Download ROM Xiaomi dalam format TAR melalui Link ini
  • Download Juga MIUI ROM Flashing Tools
  • Extract File ROM yang suda Didownload tadi
    Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia
    Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia
  • Install dan Jalankan MIUI ROM Flashing Tools di PC anda
    Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia
  • Di Address Bar Flashing Tools, arahkan ke Folder hasil Extract dari File ROM tadi
    Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia
  • Matikan Redmi anda,lalu tekan tombol Power dan Tombol Volume Down untuk masuk ke Fastboot
    Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia
  • Sambungkan Redmi anda ke Komputer menggunakan Kabel USB. Lalu tekan tombol Refresh yang ada di Flashing Tools, maka Flashing tools akan mendeteksi adanya  Redmi yang terhubung Ke PC
    Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia
  • Selanjutnya tekan Tombol Flash, maka Proses flashing akan mulai berjalan dan and tinggal menunggu proses ini selesai
    Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia
  • Tunggu Loading Bar selesai seperti pada gambar dibawah ini. Setelah proses flashing selesai maka redmi akan melakukan Rebooting dan membawa anda ke menu Recovery
    Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia
  • Dimenu Recovery anda hanya cukup melakukan Wipe ALL lalu Restart kembali Redmi Note Anda
  • Dan Selesai. Ini Penampakan Hasil akhir ROM Redmi Note Prime yang di pasang di Redmi Note 4G Dual SIM 
    Tutorial Flashing ROM Redmi Note 4G Dual SIM (Gucci) Bahasa Indonesia
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, maka saya minta kepada anda untuk share artikel ini kepada teman-teman anda yang mungkin memiliki problem yang sama seperti saya. dan Jika ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan jejak melalui Kolom komentar dibawah, saya akan berusaha membantu anda jika ada kendala saat anda mempraktekan tutorial dari artikel ini

Terima Kasih


UPDATE ! ROM Yang anda download melalui Link "Flashing VIA Fasboot" Adalah ROM asli Redmi Note 4G. Sehingganya, jika anda ingin Redmi note anda menjadi Bahasa Indonesia, Gunakan ROM Redmi Note Prime 

UPDATE 21 September 2016
Menjawab Pertanyaan atas Komentar perihal 4G LTE
Nah atas pertanyaan tersebut berikut dibawah ini saya lampirkan juga Screenshoot bukti bahwa 4G LTE nya masih ada
Sebagai catatan, Screenshoot ini saya ambil barusan, Makanya Versi MIUI saya sudah bukan 7.5 lagi melainkan sudah Versi 8, dan Karena sudah saya Root makanya muncul tulisan 8.0(1) di bagian Versi MIUI yang seharusnya hanyalah 8.0 saja. Untuk cara Upgrade dan Root bisa dibaca di Artikel saya yang baru


42 komentar

Kunjungan balik gan.
tetap semangat ya gan jadi penulis nya. btw tutorialnya terlihat lbih lngkap dr yg admin tulis. nilai plus nih blog agan. salam admin miuitutorial.com

Wih makasih gan, Kirain komentarku di abaikan :D

Ga lengkap2 amat gan
hehehe
kebetulan aja yg saya pake skrng Note 4G Dual SIM, jadi enak nulisnya , sekalian bisa jadi catatan pribadi kalo besok2 ada mslah dengan si gucci ini :D
Heheheh

4g nya fungsi gak gan???

Berfungsi om
cuma kebetulan di daerah saya blum support 4g

tpi dlu waktu saya ke pulau Jawa, 4G nya berfungsi kok :D

Disetingannya ada prefer 4g lte brrti gan??

Silahkan di cek diatas, di Akhir artikel ini :D

Iya sukses gan.. Thanks bangetttt... 👌

Iya sukses gan.. Thanks bangetttt... 👌

tq solusinya...
Akhirnya bs bhs indo jg setelah 2 tahun pake si gucci kesayangan..
tapi kok signal 4Gnya gak muncul ya? pdhl jaringan sdh cover 4G, kartu jg 4G,device lain bs pake 4G :( bs bantu gak gan?? sdh keliling dunia google tp blm nemu solusi

Kalo boleh tw posisi di daerah mana mbak ?
trus di settingan Prioritas Jaringan apa sudah di pilih LTE ?

daerah Bulukumba, sulawesi selatan,jaringan sdh pilih LTE tapi ttp tdk muncul 4Gnya mentok di H+ sj. kartu sdh 4G, jaringan jg sdh 4G krn HH lain bs dpt jaringan 4Gnya

Mantap gan, makasih banyak link fastboot romya ya gan ;)

Gan saya mau tanya,saya punya hp xiaomi redmi note 4g dual sim dlm keadaan matot,trus saya flashing normal ,pke rom note prime 4g dual sim.,trus muncul tulisan reached the end of the file,kesalahan nya dimna y gan..??

maksudnya Flashing Normal tu kayak gimna gan

gan kalau abis flash kartu sim dua2nya tidak kediteck gimana gan (ada simbol x nya)???
mohon solusi / tutorialnya gan ?

itu Androidnya bener Redmi Note ?
soalnya waktu sy coba, sy ga pernah ketemu mslah kek gitu

Via updater work gan tanpa kendala makasih

Sama2 gan :D senang bisa membantu

gan setelah di flashing dan selesai kenapa galery dan note nya tidak bisa di buka yah? hp ane xiaomi redmi note 4g dual sim gan. mohon pencerahannya. terimakasih

aneh jga ya,
sy gak ngalamin yg kyk gitu

mungkin wktu proses flashing, filenya ad yg corrupt atw mnglami masalah wktu instalasi

coba d.flash ulg aj, atw di update ota aja gan ke versi miui terbaru

maaf gan mau tanya
saya punya redmi note 4g dual sim
masalahnya, di hp saya si kartunya terbaca, tapi tidak ada layanan
cara memperbaikinya gimana ya?
makasih banyak

punya saya redmi note
1SCMCC dual sim , RAM 2gb, support gak ya?

sy kurang tw mas..
dicoba aja biar gak penasarn.. Modal Nekat aja
hehehehe

Gan ane Gucci dual sim 1S CMCC, terlanjur salah pasang yg BETA, kalo mau ganti yg STABLE gimana caranya gan..?

ya tinggal nyari firmware yg cocok trus flashing lgi om

malam gan, saya udah pusing nih ngeflash gagal terus error : reached the end of file bla bla bla..posisi HH Matot gan, HH saya Redmi Note 4G versi pertama,laptopnya 32bit,boleh minta Rom yang akurat gak skaligus cara yang aman ? tolong ya gan,makasih

coba gini gan
-pake laptop lain (ushakan windowsnya masih fresh,blum ada aplikasi2 yg diinstall kecuali driver)
- usahakan pake kabel usb original
- Download Mi Flash Tools
- Download firmware versi fastboot dari situs resmi miui

bagus sekali blognya, saya sudah baca sebagian artikel disini, cara penyampainnya melalui tulisan dengan rangkaian kata perkata mudah di pahami bagi yang awam, dan saya suka dengan cara anda menanggapi dari berbagai komentar di blog ini, low profile, tidak menyudutkan, dan terkesan memberi semangat bagi mereka yang sudah galau mencari opsi kesana kemari. . terus kembangkan blog nya, dan terutama diri kita. sukses selalu dan banyak rejekinya. . barakallah

sy senyum2 sendiri baca komentarnya..
hahahaha
Makasih bnyk om
Salam sukses jga om :D

Sy punya resmi note 4g dual SIM, saya flashing, flashing jalan terus tidak berhenti. HP juga terus dalam kondisi flashboot

gan knapa hh ane klo di tekan tombol vol down
+power mau masuk mode fastboot malah yg muncul menu recovery dan cuman ada tiga,recovery,fastboot dan reboot dan klo di pilih fastboot malah ga mau muncul gan????

Itu xiaominya tipe apa ya

gan, berarti untuk xiaomi redmi note 4g LTE download ROM nya yang redmi note prime (4G Dual-sim) ?

Bang klo note 4G dual yg versi 1/8 bisa ga ya pake cara ini.. atau flash rom redmi note prime.. trimakasih salam sukses.

Yg saya soalnya redmi note 4G dual yg versi 1/8

Gan and make note 1s cu , cocok ga pake cara diatas ?a

kl hm note 1s ct bisa ndak bang pake rom diatas?

Om punya saya kan redmi note 1s dual sim ram 2 udah tak coba update pake miui versi 9 punya ne redmi note prime tpi kog malah sim ya yg bisa aktif cma satu ya? Mohon solusinya gan

gan punya ane yang versi ram 1/8 pake rom ini kok wifi sama bluetootnya ngga fungsi ya? tolong solusinya thanks


EmoticonEmoticon