Susah Cari kerja ? Coba jadi Freelancer dari 4 Situs ini | Catatan Lamers

13 August 2016

Susah Cari kerja ? Coba jadi Freelancer dari 4 Situs ini

  No comments
Apakah saat ini anda masih nganggur ? atau sudah memiliki pekerjaan dan memiliki waktu luang dan ingin mendapatkan tambahan uang saku ? kalo jawaban anda iya, maka anda sudah berada di tempat yang benar, karena artikel ini memang ditulis untuk anda yang ingin mendapatkan uang dengan menjadi freelance atau pekerja lepas.

Berawal dari rasa solidaritas antar sesama pengangguran yang selalu ngumpul di Group group facebook khusus pencari kerja, maka saya berinisiatif menulis artikel "4 Situs Freelance di indonesia" ini.

1. Projects.co.id

Situs yang dipublish pada November 2014 ini menawarkan lebih dari sekadar situs untuk mencari atau menawarkan pekerjaan. Selain bisa mendapatkan proyek pekerjaan atau menawarkan jasa, pengguna Projects juga bisa melakukan transaksi jual-beli produk digital di situs ini.
Adanya platform jual-beli produk pada Projects.co.id merupakan salah satu hal yang membedakan Projects dengan para pesaingnya sesama situs freelancer lainya. Produk-produk digital yang dijual di Projects pun  bervariasi, mulai dari e-book, desain kaos, software, game, template situs, dan produk digital lainnya.
Susah Cari kerja ? Coba jadi Freelance dari 4 Situs ini

Tak hanya itu, Projects.co.id juga menyediakan program Affiliate Referral sebagai alternatif penghasilan pasif bagi pengguna. Pengguna hanya perlu mempromosikan Projects melalui URL yang telah disediakan. Nantinya, Projects bisa melacak siapa saja orang yang mendaftar di situs ini berdasarkan referral tersebut. Jika orang yang baru mendaftar tersebut berhasil melakukan transaksi, maka pengguna yang memberikan referral bisa mendapatkan komisi sebesar 10 persen hingga 20 persen (dari komisi yang didapat oleh Projects).

2. Freelancer.co.id

Situs Freelancer Indonesia mungkin merupakan situs marketplace untuk freelancer terbesar di Indonesia. Situs ini sebenarnya merupakan versi Indonesia Freelancer yang merupakan startup asal Australia. Pada bulan Agustus 2014 saja, Freelancer Indonesia mengeluarkan pernyataan resmi bahwa mereka telah memiliki lebih dari 350.000 freelancer dan 25.000 perusahaan atau pencari jasa.
Susah Cari kerja ? Coba jadi Freelance dari 4 Situs ini

Pada situs ini, Anda bisa menelusuri beragam proyek dari berbagai sektor seperti IT, jurnalistik, jasa penerjemahan, marketing, desain, dan masih banyak lagi. Proyek-proyek tersebut biasanya ditampilkan dengan nama dan deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, tenggat waktu, jumlah pelamar, dan upah. Uniknya, Anda bisa menawar atau melelang upah untuk mengerjakan proyek.
Satu kekurangan yang sangat mengganggu saya yaitu, Jenis transaksi yang bisa dilakukan di freelancer.co.id ini hanya melayani penggunaan Kartu kredit dan PayPal saja. semoga dikemudian hari nanti Freelancer.co.id menyediakan pembayaran melalui transfer bank untuk mempermudah penggunanya yang tidak memiliki kartu kredit seperti saya.

3. SribuLancer.com

SribuLancer lahir ditahun yang sama dengan projects.co.id hanya saja berbeda bulan, bulan September tepatnya. Dalam waktu kurang lebih setahun, melalui situs resminya SribuLancer mengklaim sudah memiliki lebih dari 18.800 freelancer terdaftar dengan lebih dari 770 proyek yang dipasang oleh berbagai perusahaan dan individu.
Susah Cari kerja ? Coba jadi Freelance dari 4 Situs ini

Sama seperti Freelancer Indonesia, SribuLancer juga menyediakan berbagai macam pekerjaan, meski tidak sebanyak dan seluas jangkauan Freelancer Indonesia. Dibanding Freelancer Indonesia, SribuLancer tampak lebih lokal. Ini bisa dilihat mulai dari klien, pekerjaan, hingga sistem pembayarannya.
SribuLancer menerapkan pembayaran melalui transfer bank, dimana klien melakukan pembayaran ke rekening Sribulancer yang bertindak sebagai akun rekening bersama. Ini tentu saja lebih cocok dengan pasar di Indonesia yang sebagian besar penduduknya belum memiliki kartu kredit.

4. Serba50ribu.com

Serba50ribu.com Situs ini juga menerapkan upah Rp50.000 untuk setiap jasa yang ditawarkan oleh para freelancer. Serba50ribu hanya menyediakan ragam kategori jasa. 
Susah Cari kerja ? Coba jadi Freelance dari 4 Situs ini

Anda bisa menemukan berbagai penawaran jasa yang unik di situs ini. Serba50ribu menyediakan dua metode pembayaran yakni melalui transfer bank dan PayPal.


masih Banyak lagi situs situs freelancer atau situs pencari kerja lainya yang bersebaran di internet seperti Gobann (Hampir sama dengan serba50ribu.com), tess (desain baju/kaos), sribu dan kreavi (desain umum).

No comments :

Post a Comment