Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall | Catatan Lamers

31 August 2016

Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall

  2 comments
Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall ini ditulis berdasarkan pengalaman saya, yang artinya Tutorial yang ada di Postingan ini benar-benar sudah saya lakukan dan berhasil 100% pada kasus yang saya alami.

Bermula dari adanya seorang client saya (Rt/Rw Net)  yang mengeluhkan tentang koneksi Internet di rumahnya yang sering kali mengalami gangguan, dan pada akhirnya selama 3 hari sudah Internet dirumahnya tidak jalan atau tidak berfungsi seperti biasanya.
Baca juga : Memulai Usaha RT/RW Net
Sebagai penyedia layanan Internet untuk skala kecil (RT/RW Net) maka saya pun mau tidak mau harus memperbaiki masalah ini. Langkah pertama yang saya ambil adalah memeriksa kondisi internet pada client client saya yang lain, dan ternyata tidak ada masalah karena pada client lainnya, internet dalam keadaan normal dan tidak ada gangguan yang serupa dengan Client saya yang satu ini.
Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall

Kesimpulan awal yang saya ambil adalah, bahwa masalah yang sedang terjadi ini ada pada perangkat yang ada pada client saya ini. Ada 2 buah perangkat yang digunakan oleh Client saya ini, Yaitu Mikrotik SxT 5nD r2 yang difungsikan sebagai penerima (Receiver) signal dari AP Utama milik saya. dan perangkat 1 nya lagi adalah Home Router D-Link DIR-600 yang difungsikan untuk menjadi AP Pemancar di dalam rumah yang terhubung dari SxT 5nD r2 yang difungsikan sebagai penerima (Receiver) tadi.
Menarik dibaca : RT/RW Net Sistem Voucher
Ternyata benar saja, ini dibuktikan dengan tidak adanya SxT 5nD r2 yang terhubung ke AP Utama saya. Akhirnya saya pun mencoba mengakses melakukan konfigurasi kembali pada SxT tadi menggunakan Winbox, namun sayangnya  SxT tidak bisa dideteksi dari Winbox ataupun Webfig.
Terkait : Konfigurasi RB750 Dengan mudah
Berselang 1 Hari, kerusakan ini menjadi makin parah, karena Kabel LAN yang terhubung dari SxT ke PC/Laptop tidak terdeteksi lagi. Untung saja client saya ini termasuk orang yang berduit, akhirnya ia memutuskan untuk membeli AP Penerima baru untuk menggantikan SxT yang bermaslah ini. Dan syukurnya juga SxT 5nD r2 ini dihibahkan kepada saya tanpa biaya sepeserpun. :D
Lainya : Kupas Tuntas Pembahasan TP-Link WA5210G
Akhirnya saya mencoba untuk memperbaiki SxT 5nD r2 yaitu dengan melakukan instalasi OS kembali pada Mikrotik ini dengan bantuan Netinstall dan hasilnya pun sangat menggembirakan, karena SxT 5nD r2 ini bisa pulih kembali seperti sedia kala.

Langkah-langkah yang saya lakukan untuk memeperbaiki SxT 5nD r2 ini adalah sebagai berikut :
  1. Saya mencolok kabel LAN dari SxT 5nD r2 ke PC, namun hasilnya mengecewakan karena LAN dari SxT tidak terdeteksi di PC saya.
  2. Saya mencoba melakukan Reset dengan menekan tombol Reset yang ada pada SxT 5nD dengan harapan setelah melakukan Reset maka Mikrotik SxT ini bisa terdeteksi di PC, namun hasilnya masih nihil
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  3. Selanjutnya saya mencoba melakukan Reset dengan cara menempelkan Obeng kembang pada Lubang Config Reset pada SxT. Kabel LAN yang terpasang di SxT saya cabut untuk mematikan/Turn Off SxT, lalu saya menempelkan Obeng Kembang pada lubang Config Reset. kurang lebih 5 detik barulah saya pasangkan kembali Kabel LAN ke SxT untuk menghidupkanya kembali namun Obeng masih tetap tertempel di Config Reset.  setelah kurang lebih 20 Detik barulah saya melepas obeng dari Config Reset.
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  4. SxT saya matikan lalu saya hidupkan kembali, hasilnya, Mikrotik SxT 5nD r2 sudah terdeteksi di PC namun belum bisa di akses Via winbox ataupun webfig
  5. Sampai disini satu masalah sudah teratasi, yaitu SxT sudah bisa terdeteksi di komputer dengan menghubungkan kabel LAN dari PC ke SxT.
  6. Langkah selanjutnya adalah melakukan Install atau ada yang menyebutnya Flashing
  7. Saya mendownload Netinstall dan File NPK untuk SxT 5nD r2 (mipsbe)
  8. Setelah kedua bahan tersebut tersedia, maka hal yang pertama di lakukan adalah melakukan settingan IP Address pada LAN Ethernet PC menjadi Statik IP 
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  9. Buka/Jalankan aplikasi Netinstall yang tadi di Download, setelah terbuka klik menu Net booting, lalu centang Boot Server Enabled, pada kolom Client IP Address isi dengan IP lain yang sekelas dengan IP yang tadi disetting pada PC, Contohnya, jika pada PC di set IP nya adalah 192.168.1.3 maka pada Net Install IP yang digunakan adalah 192.168.1.4
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  10. Dibagian bawah pada aplikasi Netinstall Klik Browse lalu arahkan ke Folder tempat tersimpanya file NPK yang tadi Didownload
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  11. Hubungkan Kabel LAN di PC, namun Ujung 1 nya lagi belum terpasang pada SxT
  12. Tekan dan tahan tombol Reset pada Mikrotik SxT selama kurang lebih 3-5 Detik lalu Colok kabel LAN ke SxT namun Tombol reset masih tetap dalam keadaan di tekan
  13. Masih tetap menekan tombol reset, dan perhatikan juga tampilan pada aplikasi netinstall, jika netinstall sudah mendeteksi adanya Mikrotik SxT 2nD r2 ini barulah tombol Reset tersebut bisa dilepas.
  14. Langkah selanjutnya adalah, dengan menekan tombol Install pada Mikrotik
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  15. Setelah proses Instal selesai, Mikrotik akan melakukan Restart/Reboot, dan syukurlah pada kasus saya Mikrotik SxT 5nD ini sudah bisa terdeteksi kembali dari Winbox dan sudah siap untuk di konfigurasi dan dgunakan kembali. 
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall

Jika ada yang kurang di Mengerti, silahkan meninggalkan Komentar atau Nonton Tutorial ini dalam Bentuk Video yang ada di Bawah ini

Tips:

  • Tombol Reset dan Lubang Config Reset adalah 2 hal yang berbeda
  • Jangan menekan tombol Reset maupun lubang Config Reset terlalu kuat untuk menghindari kerusakan lainya
  • Gunakan Obeng kembang pada Lubang Config Reset
  • Gunakan Obeng mines untuk tombol Reset
  • Bongkar dan keluarkan Mikrotik SxT 5nD r2 ini dari body untuk mempermudah anda menekan atau menempelkan Obeng pada lubang Config Reset.
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall

Note : 

  • Saya tidak bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi pada Mikrotik anda jika menggunakan Tutorial yang saya tulis ini
  • Cara ini tidak 100% akan berhasil untuk smua kasus yang ada, dikarenakan tiap kasus mempunyai faktor penyebab kerusakan yang berbeda2.
  • Cara ini sudah terbukti berhasil pada kasus yang saya alami



2 comments :

  1. ane punya ilmu baru aja dipake sore tadi, lebih simple.
    pencet tombol reset 30 detik utp masih tercolok, lepas utp masih ditekan reset nya 30 detik, colokin lagi masih ditekan 30 detik ( Hard Reset ) back to factory configurasi.
    30 - 30 - 30

    dan berhasil.
    btw mKasih blog agan juga mayan memebri inspirasi buat belajar

    ReplyDelete