18 November 2017

Pengalaman Pertama Menambang Bitcoin dari Genesis Mining

Assalamualaikum
Beberapa bulan yang lalu saya akhirnya berani masuk kedalam dunia Cryptocurrency setelah sekian lama hanya menjadi penonton saja. Dan pada hari ini melalui postingan ini untuk pertama kalinya dalam blog catatan-lamers saya akan membahas tentang pengalaman saya berkecimpung di dunia cryptocurrency.

Yang ada dipikiran saya saat itu hanya satu yaitu "Menambang Bitcoin", maka mulailah saya mencari informasi mengenai "Cara menambang Bitcoin" dengan berselancar menggunakan mesin pencari Google. Informasi yang saya dapati ternyata untuk menambang bitcoin ternyata membutuhkan perangkat khusus/Komputer khusus yang artinya saya harus memiliki alat tersebut terlebih dahulu sebelum bisa mulai menambang bitcoin.

Memang sih bisa saja saya menambang bitcoin menggunakan Komputer/Laptop yang biasa, namun jika dihitung-hitung butuh waktu yang sangat lama untuk bisa mengumpulkan bitcoin dan juga bukanya Untung malah rugi yang didapat karena mengingat biaya listrik yang tidak sebanding dengan pendapatan dari menambang menggunakan Komputer biasa.

Tanggal 28 Juli 2017 kemarin saya mendapat informasi dari seorang teman bahwa kita bisa menambang Bitcoin tanpa harus memiliki mesin atau komputer khusus yaitu dengan cara meyewa alat tambang secara online melalui situs Genesis Mining.

Untuk bisa mulai menambang di genesis mining kita harus membeli yang namanya Hashpower, hashpower inilah yang menjadi tolak ukur seberapa "sakti" Alat tambang yang kita sewa di Genesis Mining dan hashpower ini juga menjadi patokan seberapa banyak jumlah bitcoin yang bisa kita dapatkan, semakin besar Hashpower maka akan semakin besar pula Bitcoin yang bisa dihasilkan dan begitupun sebaliknya.

Untuk membeli hashpower di Genesis mining secara umum terdapat 2 pilihan yaitu dengan membayar menggunakan Kartu Kredit atau bisa juga melakukan pembayaran menggunakan Mata cryptocurrency seperti Bitcoin,dash, litecoin dan Dogecoin.
Karena tak punya kartu kredit maka saya memilih untuk membayar menggunakan Bitcoin saja, dan untuk mendapatkan Bitcoin saya harus membeli bitcoin itu sendiri terlebih dahulu. Akhirnya saya mendaftar di Bitcoin.Co.Id untuk membeli Bitcoin dengan Rupiah dengan cara transfer bank lalu setelah saya memiliki Bitcoin di Bitcoin.co.id barulah bitcoin tersebut saya transfer ke Genesis Mining untuk digunakan membeli hashpower

Saat itu, ada 4 pilihan hashpower yang bisa anda beli yaitu :
  1. Hashpower untuk Ethereum selama 2 tahun
  2. Hashpower untuk Monero selama 2 tahun
  3. Hashpower untuk Zcashselama 2 tahun
  4. Hashpower untuk Bitcoin seumur hidup
Jelas saya dari ke 3 pilihan tersebut saya tertarik untuk membeli hashpower bitcoin karena berlaku untuk seumur hidup. Jumlah hashpower yang saya beli untuk Penambangan bitcoin seumur hidup saat itu berjumlah 1 TH/s (TH/s adalah satuan kecepatan hashpower perdetik) dengan harga saat itu kurang lebih sekitar 2 jutaan rupiah (sebenarnya nilainya dalam satuan dollar namun saya lupa nilai pastinya berapa tapi yang saya ingat kalau dirupiahkan ya sekitar 2jtaan). karena saya membayar menggunakan Bitcoin maka yang harus saya bayarkan sekitar 0.053BTC yang mana saat itu kalau tidak salah nilai 1 BTC masih sekitar 47 Jutaan.

Setelah sukses membeli dan mengalokasikan hashpower untuk menambang BTC maka selanjutnya saya mulai menunggu selama -+ hampir 1 minggu, namun masih belum ada kiriman BTC dari genesis mining ke Wallet/Dompet BTC saya yang ada di bitcoin.co.id padahal saya lihat di Genesis mining sudah ada bitcoin yang berhasil di kumpulkan namun belum juga dikirim. Ternyata bertanya sana sini ada nilai atau jumlah pembayaran minimun di genesis Mining yaitu 0.0015, jadi nanti udah terkumpul 0.00015BTC barulah Bitcoin tersebut dikirim ke Wallet

Sekitar 11 hari semenjak pertama kali saya membeli hashpower barulah saya mendapatkan pembayaran berupa bitcoin dari Genesis Mining. Jumlahnya adalah 0.00180988BTC yang jika dirupiahkan saat itu bernilai sekitar 100 ribuan.Harga BTC saat itu sudah masuk ke 50 Jutaan/1 BTC.

Sebenarnya untuk mendapatkan 0.00018BTC tidak sampe 11 hari untuk mengumpulkanya, hanya sekitar 6-7 hari saja, namun karena ketidak tahuan saya saat itu saya beberapa kali mencoba mengalokasikan hashpower BTC untuk menambang koin lain.

Hari ini setlah -+ 4 bulan modal awal saya yg 2 juta rupiah sudah kembali yang artinya mulai hari ini dan seterusnya yang akan saya terima dari Genesis mining adalah keuntungan karena sudah balik modal. 4 bulan sudah merupakan waktu yang lumayan cepat untuk balik modal, hal ini terjadi dikarenakan kenaikan nilai tukar Bitcoin yang begitu pesat, bagaimana tidak 4 bulan lalu nilai 1 bitcoin masih berkisar 40 Jutaan kini dibulan november 2017 nilai bitcoin menembus angka 100 juta rupiah.

Rencananya kedepan nanti saya akan membeli hashpower lagi biar pendapatan bisa lebih besar, namun saya masih mengunggu ketersediaan hashpower untuk BTC di genesis mining. karena hashpower untuk BTC sering kali cepat habis stok karena laris diminati. Oh iya buat yang ingin mencoba menambang bersama Genesis mining jangan lupa gunakan kode ini kDxhpV saat akan membeli hashower untuk mendapatkan potongan harga 3% dari harga Normal.

Sekian dan Terimakasih :D


EmoticonEmoticon