15 November 2017

Memperbaiki Touchscreen Android yang tidak berfungsi sebagian

Tags

Assalamualaikum
Pada artikel Memperbaiki Touchscreen HP/Android yang tidak berfungsi atau tidak bisa di sentuh sebagian ini, saya akan menceritakan tentang pengalaman pribadi saya ketika saya mencoba memperbaiki Smartphone Android Xiaomi Redmi Note yang sudah lumayan lama saya gunakan.

2 Minggu yang lalu smartphone yang saya gunakan mulai menunjukan gejala-gejala adanya kelainan pada touchscreen, seperti ketika saat sedang facebookan lalu saya men-scroll layar ke atas atau kebawah sering kali nge-klik/nge-tap sendiri (entah apa istilahnya). Kadang juga disaat saya sedang mengetik, ada beberpa tombol yang tidak di sentuh tapi malah muncul. 

Dugaan awal saya sih mungkin ini disebabkan oleh tempered glass yang saya gunakan, sebab emang sih tempered glassnya udah minta diganti baru karena udah ada beberapa retakan. Nah setelah saya copot tempered glassnya, masalah2 tadi udah mulai jarang muncul walaupun masih ada sesekali.

3 hari lalu muncul masalah baru lagi, yaitu ada sebagian dari touchscreen yang sama sekali gak berfungsi letaknya tepat dibagian deretan huruf "asdfghjkl" pada Keyboard jadinya saya kesulitan ngapa2in, gak bisa sms/wa tulis status atau komen di status orang.
Memperbaiki Touchscreen Android yang tidak berfungsi sebagian

Parahnya lagi bagian touchscreen yang gak berfungsi tersebut pas banget dengan tombol buat ngangkat telpon kalau ada telepon masuk. saya takutnya orang2 yang ngehubungi saya ngirain saya sengaja gak ngangkat teleponnya. Mujur aja masih bisa dipake buat nelpon balik jadi masih bisa ngabarin ke mereka kalau android saya lagi bermasalah jadi gak bisa dipake buat ngangkat telpon.
Memperbaiki Touchscreen Android yang tidak berfungsi sebagian

Mulai lah saya mencari informasi tentang solusi memperbaiki Layar touchscreen yang gak berfungsi sebagian. Dari yang saya dapati solusi yang paling banyak dibahas di Blog ataupun youtube itu ada 2 yaitu Restart/Reboot Android dan cara kedua yaitu Di Reset kembali ke pengaturan pabrik. Untuk cara pertama, positif gagal pada android saya, karena udah berulang kali saya restart sampe cabut baterai hasilnya tetap sama aja touchscreen masih belum berfungsi normal. Sedangkan untuk cara kedua yaitu di Reset atau dikembalikan ke pengaturan pabrik, saya rasa hasilnya pun pasti akan sama saja jadinya saya menunda dulu untuk mereset smartphone milik saya.

ada 1 lagi solusi yang saya temui yaitu Menggunakan Korek/Macis untuk memperbaiki layar Touchscreen yang tidak berfungsi sebagian, akhirnya saya coba-coba baca komentar atau testimoni dari orang-orang yang pernah mencoba memperbaiki Touchscreen yang error, dan ternyata walaupun ada beberapa yang mengatakan gagal menggunakan cara tersebut namun tidak sedikit pula yang memberikan testimoni bahwa mereka berhasil memperbaiki touchscreen smartphone android mereka yang rusak sebagian dengan trik menggunakan korek/macis ini 

Maka saya pun mencoba mengikuti trik ini, langkah pertama saya kewarung beli korek api, tapi korek yang digunakan harus korek api yang pemantikanya pake benda yang ngeluarin setrum, saya juga gak tau apa nama benda tersebut, biasanya sih didaerah di tempat saya tinggal disebut kontak-strom
Gambar ambil dari Google
Ujung kabel saya tempel ke touchscreen tepatnya di bagian-bagian yang gak berfungsi tadi, lalu kontak-strom tadi saya tekan beberapa kali, kurang lebih 10x kalau gak salah karena pertama kali saya coba hanya saya tekan 3 x tapi touchscreen masih belum berfungsi, karena itu saya tekan-tekan lagi dan Hasilnya setelah saya coba ternyata benar trik ini memang WORK !!! . Trik yang awalnya saya anggap sepele ini ternyata telah menyelamatkan Touchscreen smartphone saya yang tadinya gak berfungsi sebagian.

Terima kasih telah membaca Cerita saya ini
Wassalam



NB : 
  • Cara ini 100% Work pada kasus yang saya alami karena sudah saya coba sendiri
  • Saya tidak bisa menjamin trik ini bisa berhasil juga pada kasus2 lainnya, karena kerusakan pada Touchscreen bermacam-macam mulai dari yang ringan yang disebabkan oleh Error system sampai pada kerusakan hardwarenya
  • Saya tidak bertanggung jawab seandainya teman-teman mencoba cara ini dan mendapati hal yang tidak diinginkan terjadi seperti Touchscreen malah tambah rusak atau hal buruk lainya.
  • Jika teman-teman ragu, alangkah baiknya langsung bawa ke tempat Service smartphone.



2 komentar

Makasih bos.... Ternyata 100% work.

makasih min, udah berbagi cerita yang bermanfaat
solder uap


EmoticonEmoticon