Pengalaman Pertama Kali merakit Rig untuk menambang koin Cryptocurrency | Catatan Lamers

20 November 2017

Pengalaman Pertama Kali merakit Rig untuk menambang koin Cryptocurrency

  15 comments
Assalamualaikum
Seperti yang sudah pernah saya tulis pada postingan saya sebelumnya tentang menambang BTC dari Genesis Mining, bahwa saya pertama kali mengenal Bitcoin itu pada bulan Juli 2017 kemarin. Setelah beberapa hari saya mendaftar di Genesis mining saya tertarik untuk ikut menambang bitcoin menggunakan komputer pribadi.

Saat itu informasi yang saya dapatkan masih sangat sedikit sekali, karenanya saya berfikir Bitcoin adalah satu-satunya mata uang digital yang ada saat itu. Dari tutorial-tutorial yang ada di internet banyak menyebutkan bahwa kita bisa menambang koin menggunakan Komputer yang memiliki VGA. Saya pikir koin yang dimaksud adalah BTC padahal kenyataanya BTC atau bitcoin sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditambang menggunakan VGA makanya banyak penambang yang beralih untuk menambang koin lain, dan hasilnya barulah di tukarkan ke dalam bentuk bitcoin.

Saya mulai menggali lagi informasi tentang koin-koin apa saja yang bisa ditambang menggunakan VGA Card, dan hasilnya ternyata banyak sekali koin yang bisa didapatkan atau ditambang menggunakan VGA namun walaupun banyak tapi hanya ada beberapa jenis koin saja yang menjadi idaman para penambang dikarenakan adanya keuntungan atau profit yang lebih tinggi dari koin koin lainya yaitu seperti Ethereum, Monero, dan beberapa koin lainya.

Sambil belajar saya pun mulai mempraktekan sedikit pengetahuan yang saya dapatkan. Kebetulan saya memiliki sebuah VGA Card yang terpasang di Komputer yang saya gunakan yaitu NVDIA GT 620 2GB DDR3. Sebagai langkah awal saya mencoba menambang koin menggunakan VGA tersebut dengan aplikasi dari Minergate. Dan hasilnya, aplikasi minergate bisa menambang beberapa koin menggunakan VGA GT 620 tersebut, salah satu diantaranya yang paling tinggi ialah koin monero namun berdasarkan hasil kalkulator dari minergate, menambang koin menggunakan GT 620 tidak akan mendapatkan keuntungan, malah yang ada rugi dikarenakan biaya listrik dan hasil koin yang didapatkan tidak akan sesuai.

Saya memberanikan diri untuk membeli sebuah VGA baru di toko di tempat saya tinggal, dengan harapan VGA ini bisa memberikan profit yang lebih baik ketimbang GT 620 tadi. VGA yang saya beli adalah HIS Radeon R7 240 2GB namun hasilnya ternyata malah lebih sedikit daripada NVDIA GT 620 2GB. ada 2 alasan kenapa saya membeli VGA HIS Radeon R7 ini, yaitu yang pertama ialah saya kekurangan informasi mengenai Merek dan type VGA apa saja yang bisa dan cocok untuk dipakai menambang dan alasan kedua adalah Hanya ada sedikit pilihan VGA yang bisa saya temui di toko komputer yang ada di daerah saya tinggal.

Belajar dari kesalahan2 tersebut saya mencoba mencari informasi mengenai list atau daftar VGA yang masih menguntungkan untuk dipakai menambang koin digital. dan waktu itu saya memutuskan untuk membeli VGA Power color RX 460 4GB dikarenakan dari sekian banyak pilihan VGA yang bisa digunakan untuk menambang hanya RX 460 lah yang masih cocok dengan keaadan dana saya saat itu. Akhirnya saya membelinya dari salah satu toko online dengan harga saat itu 2jtaan.

Dengan adanya 3 buah VGA seharusnya saya pikir bisa muat di motheboard  milik saya namun pada kenyataanya komputer saya hanya memiliki 2 buah slot PCI-E 16x dan 1 buah PCI-E 1x mau tidak mau jadinya hanya bisa 2 VGA saja yang bisa saya gunakan karena agar bisa muat 3 VGA maka saya membutuhkan PCI-E riser yang mana saat itu saya belum memilikinya. Disaat yang bersamaan saya tidak lagi menambang koin menggunakan Minergate, saya beralih menggunakan aplikasi dari Nicehash karena saya rasa lebih cocok dengan VGA RX 460 4GB.

Beberapa minggu kemudian saya mendapatkan sedikit rejeki maka saya memutuskan untuk menambah VGA lagi sekalian mengupgrade Komputer saya yang cuma biasa2 saja ini. maka saya mulai memesan melalui toko online Motherboard dengan 4 Slot PCI-E, Processor AMD, PSU Gamemax 750W dan 2 buah Saphire RX 470 4GB References dan 1 Buah Saphire RX 470 4GB Nitro
Harga ke-3 VGA tersebut berfariasi, yang pastinya harga yang saya dapatkan saat itu 2x lipat lebih mahal daripada harga disaat mining atau menambang koin belum se-booming sekarang ini. Namun karena tidak ada pilihan lain dan semua toko online menjual dengan harga seperti itu mau tidak mau saya pun membelinya. Memang masih banyak juga toko online yang menjual VGA tersbut dengan Harga yang masih normal namun semuanya kekosongan stok karena sudah habis diborong oleh para penambang yang menyebabkan VGA-VGA ini menjadi langka dan membuat harganya melonjak tinggi walaupun dalam kondisi bekas pakai.

Nah sampai artikel ini ditulis, VGA yang kini saya gunakan untuk menambang hanya 3 buah RX 470 saja, VGA lainya sudah saya jual karena tidak saya pakai. dan saya masih menggunakan Nicehash untuk menambang dengan pendapatan harian yang masih sedikit yaitu sekitar 60 ribuan perharinya.
Hasil dari 3 Buah RX 470 di Nicehash
jadi dalam sebulan bisa dapat 1.800.000 ribu. Tiap 5 hari saya harus mengeluarkan uang 100 ribu rupiah untuk mengisi pulsa listrik, namun 100 ribu tersebut sudah termasuk seluruh perangkat elektronik didalam rumah yaitu TV, Kulkas,Lampu 4 buah PC, Pompa air, dispenser dan lain-lain karena itu saya tidak bisa memperkirakan secara pasti berapa pengeluaran listrik untuk 1 buah rig dengan 3 VGA yang terpasang yang pastinya masih menguntungkan. Rencanya dalam waktu dekat saya akan membuat 1 Rig untuk menambah penghasilan dari menambang koin Cryptocurrency
3 Buah RX 470 yang sekarang saya gunakan
3 Buah RX 470 yang sekarang saya gunakan
Sudah banyak pengalaman dan kejadian-kejadian yang saya alami selama terjun di dunia Cryptocurrency dan pengalaman-pengalaman tersebut menjadi bahan pelajaran yang sangat berharga, mulai dari salah beli VGA, salah Flash BIOS VGA, Overclockin dan Undervolt untuk dapat hashrate yang tinggi , gonta ganti Pool mining, Bikin Case untuk rig dari kayu dan masih banyak lagi hal-hal yang sudah saya alami dan nantinya mudah-mudahan akan saya tulis dalam Blog ini.

Sekian dan Terimakasih
Wassalam

15 comments :

  1. mantap om, jadi pingin ikut nambang juga dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo di coba Om,.
      biar ada tuyul online yg nyariin duit
      hehehe

      Delete
  2. Gan, boleh sharing, kondisi terkini nambangnya bagaimana ? apa masih profit dan prospek bagus ? kalau boleh tau, agan nambang ethereum atau apa ya ?? maklum masih newbie.

    ReplyDelete
  3. makin profit om
    kalo november 2017 kmren sy mentok di 50k perhari, akhir desember bisa nyampe 100k/hari

    skrng awal 2018, 5 hari udah bisa dpat -+1jtaan dengan spesifikasi rig yg masih sama

    sy mining eth, di etherminer

    ReplyDelete
  4. Mantap gan kalo pakai radeon 720 berapa hashratenya di minergate?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh saya belum pernah nyoba 720 om

      Delete
  5. Mau nanya untuk spek kompi segitu plus beberapa VGA berapa daya listrik di rumah ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari aplikasi terlihar tiap VGA Normalnya memakai daya -+120Watt / VGA, setelah di Undervolt melalui MSI Afterburner bisa turun pemakaian dayanya menjadi 90-100Watt / VGA .

      Power supply yang saya gunakan 800Watt, kebetulan daya di rumah 2200 karena dulu dirumah ada warnet jadi mampu ngangkat

      Delete
  6. Om ada nomer wa jika mau belajar langsung sama om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh sy jga masih tahap belajar gan...jdi kayaknya gak pas deh klo bljr ke sy,
      sy cma share pngalaman aja
      hehehe

      Delete
  7. bisa minta tolong share spek pc nya om? hehe kayaknya minat mau nyicil 1 - 1 dulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. spek jaman old
      cma rx 470 4gb..
      dikit profitnya

      Delete
  8. mas,saya dah coba aplikasi mining make nicehash, proses masuk ke wallet berapa lama, saat saya jalankan selama 1 jaman, kok di wallet saldonya tidak berubah ya? apa yang salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mining pake VGA apa mas

      trus masnya pake wallet internal apa external

      Delete