Modifikasi Antena Internal Nanostation Loco M2 | Catatan Lamers

14 May 2018

Modifikasi Antena Internal Nanostation Loco M2

  No comments
Assalamualaikum
Postingan kali ini saya akan sharing hasil uji coba saya dalam bereksperimen memodifikasi antena Internal Nano Station Loco M2. Saya memiliki lumayan banyak macam alat-alat jaringan yang saya kumpulkan sudah sejak lama, Kondisinya pun bermacam-macam ada yang masih kinclong kayak dari toko, ada yang udah berfungsi setelah saya perbaiki, ada yang rusak total, ada yang udah patah, ad juga yang bugil (tinggal boardnya aja) dan lain sebagainya.
Sebagian yang belum sempat dirapikan
Ide untuk memodifikasi antena ini Muncul ketika saya sedang merapikan dan mensortir barang-barang bekas tersebut sesuai dengan Fungsi dan kegunaanya, biar mudah dicari kalo sewaktu-waktu saya membutuhkanya. Diantara alat-alat jaringan yang berserakan mata saya tertuju pada RouterBoard 433 dan Mini PCI R52Hn yang berada di dalam Box Outdoor. Langsung saya carikan adaptor 24V untuk mengetes kondisinya, dan ternyata masih berfungsi. Namun sayang walaupun RB433+R52Hn bisa hidup dengan normal namun untuk bisa memanfaatkanya saya membutuhkan Antena Tambahan lagi yang harus dihubungkan menggunakan Kabel Pigtail.

Antena yang lagi nganggur hanya tersisa beberapa buah Antena Grid 5Ghz sedangkan untuk Antena 2.4Ghz Hampir semuanya sudah Mengudara kecuali 1 buah Sektoral yang sudah saya jadikan palang pintu karena kualitasnya yang mengecewakan. Sebenarnya sih Mini PCI R52Hn ini bisa bekerja pada Frekuensi 5Ghz dan Juga 2.4Ghz namun kali ini saya hanya membutuhkan R52Hn ini untuk bekerja di Frek 2.4Ghz karena rencananya akan saya jadiin Hotspot Server. Karena ketiadaan Antena inilah saya mencoba membuat sendiri antena 2.4Ghz menggunakan Antena internal dari Nano station Loco M2 yang sudah rusak IC Regulatornya dan belum sempat saya perbaiki.

Pertama-tama saya lepaskan solderan Antena Nano Station Loco M2 dari papan PCB nya. setelah itu saya solder 2 buah kabel Coax di antena tersebut tepat di tempat sebelumnya antena tersebut terhubung dengan Papan PCB Loco M2. Serabut ke 2 kabel Coax tadi saya satukan lalu saya hubungkan dengan Baut yang berada di tengah antena yang merupakan Ground dari Antena Internal Loco M2 ini.

Ujung 1 nya lagi dari ke 2 kabel Coax saya pasangkan Konektor N Male biar bisa di  pasangkan dengan Pigtail N female yang berasal dari R52Hn.
Konektor N Male
Setelah urusan Instalasi selesai, sekarang waktunya Konfigurasi di Winbox. Settingan yang saya lakukan untuk uji coba ini pun cukup simpel, saya hanya mengganti Mode Wireless menjadi AP Bridge, lalu Tipe menjadi B/G/N dan terakhir mengaktifkan kedua Chain yaitu Chain 0 dan juga Chain 1 biar jadi MIMO.
Modifikasi Antena Internal Nanostation Loco M2
Mengaktifkan Chain 0 & 1 Wireless Mikrotik
Instalasi dan Konfigurasi selesai, maka lanjut ke tahap Testing. Testing saya lakukan dengan membandingkan antena modifikasi ini dengan NanoStation Loco M2 yang aslinya. Ke 2 nya saya letakan pada ketinggian yang sama yaitu sekitar 5 Meteran dari tanah, dan hasilnya cukup memuaskan menurut saya. Berikut hasil capture yang saya ambil dari aplikasi Wireless Analyzer yang memperlihatkan signal strength RB52Hn+Antena 8dBi milik Loco M2 sedikit lebih unggul ketimbang NanoStation Loco M2 aslinya.
Modifikasi Antena Internal Nanostation Loco M2
Perbandingan Antena Modif dan Loco M2 asli
Sampai dengan artikel ini di publish antena modifikasi tersebut sudah mengudara selama sebulan dan melayani -+ 10 Client Hotspot yang menggunakan HP secara bersamaan dan 1 Client rumahan yang menggunkan antena Outdoor dengan jarak sekitar -+1Km tanpa ada masalah.
Modifikasi Antena Internal Nanostation Loco M2
Salah satu Client, yang menggunakan Antena Outdoor
Mungkin cukup sekian yang bisa saya share, sekiranya ada kesalahan mohon dikoreksi, dan juga saya membutuhkan masukan dari teman-teman pembaca yang mungkin punya pengetahuan yang lebih mengenai Antena ini.

Tampak dari belakang Antena, terdapat 2 buah kabel Coaxial yang merupakan Kabel pigtail yang saya lepas Konektor RP-SMA nya lalu bagian tengah kabel tersebut masing2 saya hubungkan ke titik yang ada bekas solderan pada antena, dan untuk serabut kedua kabel Coaxial tersebut saya satukan lalu dihubungkan ke Baut yang berada di tengah antena sebagai groundnya.
http://catatan-lamers.blogspot.com/2018/05/modifikasi-antena-internal-nanostation-loco-m2.html
Tampak dari Belakang Antena
Tampilan depanya bisa dilihat di gambar dibawah ini, dimana kabel yang saya pegang tersebut merupakan ujung dari masing2 kabel pigtail yang terpasang di antena, di tiap ujung kabel tersebut sudah terpasang N Male Konektor untuk dihubungkan ke Pigtail yang berasal dari R52Hn
http://catatan-lamers.blogspot.com/2018/05/modifikasi-antena-internal-nanostation-loco-m2.html
Tampak dari Depan antena yang sudah terpasang kabel Pigtail
Sekian dan terimakasih
Wassalam

No comments :

Post a Comment