08 August 2017

Cara Flashing BIOS VGA AMD yang Bricked Karena Bad BIOS

Assalamualaikum
Setelah kurang lebih 2 Bulan Blog Catatan Lamers tidak saya update, Kini saya berkesempatan untuk menulis sebuah Artikel tentang bagaimana caranya memperbaiki VGA AMD yang tidak terdeteksi (Brick / Bad BIOS) karena kesalahan BIOS dengan cara melakukan Flashing BIOS VGA kembali menggunakan Software Atiflash.

Karena ini Artikel pertama saya semenjak 2 bulan lalu, makanya mungkin artikel ini akan Panjang karena dalam artikel ini saya akan menceritakan dari awal tentang pengalaman saya yang menyebabkan Artikel ini saya publish. Jadi buat yang malas Baca bisa langsung skip aja ke Pembahasan Tutorial flashing BIOS VGA (Solusi) yang ada di bagian Bawah artikel ini.

Belum lama ini kira-kira seminggu sebelum artikel ini saya tulis, saya membeli sebuah VGA Card bekas dari salah seorang teman. Merek dan Typenya adalah HIS Radeon R7 240 2GB (HIS R7 240 iCooler 2GB DDR3 PCI-E HDMI/SLDVI-D/VGA).
Repair BIOS HIS Radeon R7 240 2GB
Walaupun kondisi second namun VGA ini masih kinclong, karena menurut pemilik sebelumnya, VGA ini digunakan Hanya kurang lebih 15 Menit semenjak dibelinya dari toko karena alasanya tidak terbaca di Monitor (Rusak Katanya) padahal yang sebenarnya VGA ini dalam keadaan sehat Walafiat hanya saja perlu di ubah settingan display pada BIOS dari Onboard/IGD ke PCI/PCI-E agar VGA ini bisa digunakan.

Kebetulan juga saya baru mulai belajar atau baru mengenal yang namanya Mining Cryptocurrency, atau biasa di kenal dengan istilah Nambang BTC. Karena tidak puas dengan Hasil dari HIS Radeon R7 240 makanya saya mulai mencari VGA RX 470/480 di toko-toko Online karena dari informasi yang saya baca, VGA RX Series (470,460,570,580) ini merupakan VGA yang bagus untuk digunakan Mining. Namun sayang, setelah berjam-jam menelusuri berbagai Lapak saya tidak menemukan Penjual atau toko yang punya Stok VGA tersebut. Akhirnya pilihan terakhir saya memesan VGA Powercolor RX 460 4GB DDR5 128Bit
Powercolor RX 460 4GB

Hasil Mining RX 460 ini memang jauh lebih baik daripada R7 240, namun saya masih belum puas karena itu saya mencoba mencari-cari petunjuk lainya seperti Overclock hingga Flashing BIOS untuk meningkatkan Performa dari RX 460 ini.

Mulailah saya membaca dan mempraktekan step by step Artikel dari salah satu Forum luar yang membahas tentang Flashing BIOS Powercolor RX 460 4GB. sialnya, setelah selesai mengikuti tutor barulah saya membaca notes di akhir artikel yang menyebutkan bahwa "Usahakan hanya ada 1 VGA Card saja yang terpasang di Mainboard ketika melakukan Flashing BIOS". Setelah membaca kalimat tersebut barulah muncul sedikit rasa panik karena kebetulan ke 2 VGA tadi sedang saya gunakan di Mainboard yang sama. HIS R7 240 saya colok langsung di Slot PCI-E 16x sedangkan RX 460 saya hubungkan menggunakan PCI-E Riser.

Setelah saya coba merestart PC barulah kepanikan saya terbukti. yaitu VGA Primary (R7 240) yang terpasang di Slot PCI-E Mainboard tadi sudah tidak terdeteksi dengan indikasi hanya muncul tulisan No Signal pada layar monitor. setelah saya Coba tukarkan Posisi R7 240 yang ada di Slot Mainboard dengan RX 460 yang ada di PCI-E Riser sehingga VGA primarinya menjadi RX 460 barulah Komputer hidup Normal kembali.

Namun setelah saya cek di device Manager, R7 240 sudah tidak terdeteksi lagi. Analisa saya, berarti tadi yang di terflash bukan RX 460 melainkan R7 240 karena pada baris perintah aplikasi atiflash ada parameter yang menunjukan ID VGA mana yang ingin di Flash dan waktu saya melakukan Flashing saya menggunakan VGA dengan ID 0 yang mana ID tersebut adalah milik R7 240 karena ia dalam posisi VGA Utama sedangkan RX 460 memilik ID 1 karena posisinya secondary.

Ini artinya BIOS yang sekarang ada di dalam Chip BIOS R7 240 adalah Bios untuk RX 460, karena itulah kini R7 240 sudah tidak terdeteksi dikarenakan masalah kegagalan BIOS. 

Setelah beberapa jam saya mencoba mencari solusi namun masih belum ketemu, saya pun mencoba untuk pasrah saja dengan keadaan R7 240 yang kini tidak bisa dipakai lagi, Pikir saya toh harganya juga murah ketika saya beli beberapa hari lalu, yang penting masih ada RX 460 yang dalam keadaan masih Normal.

Entah karena rasa penasaran atau karena ada bisikan setan, saya pun kembali melakukan Flashing BIOS pada RX 460 menggunakan BIOS yang saya download dari artikel yang saya baca tadi. Syukurnya kali ini berhasil ter-Flash BIOS nya tanpa maslah selanjutnya saya cek menggunakan Aplikasi Techpower GPU-Z memang benar ada peningkatan pada Shaders yang sebelumnya 896 kini menjadi 1024 seperti yang di tunjukan pada artikel tersebut.
Before & After Flashing BIOS RX 460
Before & After Flashing BIOS RX 460
Setelah beberapa menit saya gunakan barulah muncul masalah baru, yaitu tiba-tiba Driver RX 460 tidak terdeteksi (Di Device Manager ada tanda seru berwarna kuning pada Driver Display RX 460), dan walaupun sudah beberapa kali saya install kembali driver yang baru masalah tersebut masih belum beres juga.

Karena Sudah berapa banyak macam driver yang saya download namun Driver masih belum juga Fix maka saya memutuskan untuk flashing BIOS kembali ke BIOS aslinya yang sebelumnya sudah saya Backup menggunakan Aplikasi  Techpower GPU-Z.

Dikali ke 3 saya melakukan Flashing BIOS ini lagi lagi saya mendapati masalah serius yaitu sewaktu melakukan Flashing saya keliru menulis nama ROM yang seharusnya saya tulis ROM/File BIOS milik RX 460 akan tetapi yang saya tulis adalah Nama file BIOS/ROM milik R7 240 yang saya Download dari Internet.

Keadaanya kini sudah sangat parah menurut saya saat itu Apalagi RX 460 yang baru berumur 2 hari ini saya beli dengan harga yang cukup lumayan.  kedua VGA yang tadinya masih normal kini dalam Bricked dan tidak bisa digunakan karena keteledoran saya sendiri, Pertama karena lupa menentukan ID VGA, dan yang kesalahan kedua saya keliru memilih nama File BIOS. 

Akhirnya setelah lama saya berputar-putar saya menemukan sebuah titik terang dari sebuah Postingan di Forum luar oleh salah seorang member di Forum tersebut yang mengalami hal serupa seperti saya, yaitu ia juga salah memilih ROM namun VGA yang ia miliki berbeda dengan milik saya sekarang ini.

SOLUSI : 

Ringkasnya, menurut Postingan pada forum tersebut untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan cara menghubungkan Kaki Chip/IC BIOS nomor 1 dan 8 agar VGA bisa kembali dideteksi dari aplikasi Atiflash, dan ketika sudah terdeteksi barulah kita bisa melakukan Flashing BIOS VGA kembali menggunakan ROM yang sesuai dengan VGA tersebut.

Kedengaranya memang mudah, namun ternyata sulit karena yang pertama harus dilakukan adalah menentukan yang mana IC Bios yang ada pada Papan Sirkuit VGA.

Part I HIS R7 240 Repair BIOS

Saya mulai dengan VGA  R7 240 Terlebih dahulu ,hal yang saya lakuka adalah mencatat kode-kode yang ada di bagian atas IC VGA R7 240 lalu mencari informasi mengenai kode-kode tersebut di Google untuk menemukan mana IC BIOS pada VGA R7 240. Cara saya menemukanya adalah dengan memperhatikan hasil pencarian Google yang ada kaitanya dengan VGA atau BIOS. Hanya bermodalkan tebak-tebakan itulah saya menetukan IC BIOS pada VGA R7 240.

Setelah mendapatkan IC Bios, saya kembali mencari tahu urutan atau nomor pin pada Chip ini untuk mengetahui letak pin atau kaki nomor 1 dan nomor 8. Berdasarkan referensi dari internet, saya mengetahui bahwa kaki Nomor 1 dari setiap IC itu adalah kaki yang paling berdekatan dengan tanda titik atau lubang kecil yang ada pada IC
Nah saya solder pake kabel di kaki pin nomor 1 dan Nomor 8 seperti pada gambar dibawah ini
Selanjutnya Setting BIOS agar VGA yang digunakan adalah VGA Onboard. Lalu shutdown PC. setelah itu Pasang kembali VGA yang sudah tadi di solder ke slot PCI-E lalu nyalakan kembali PC.

Setelah masuk ke Windows , Download aplikasi ATIFLASH melalui Link Ini (Download Atiflash)
Extract file atiflash lalu masuk ke folder hasil extract tadi
Didalam folder Atiflash tekan CTRL+SHIFT dan Klik Kanan lalu pilih Open Command Window here maka akan terbuka Commandprompt dengan direktori aktifnya berada di dalam folder atiflash tadi
Selanjutnya ketik atiflash -i lalu enter. pada kasus yang saya alami terlihat Error pada BIOS VGA HIS R7 240 (Oland) seperti pada gambar dibawah ini. Jika muncul seperti ini , itu artinya ada pertanda baik, karena walaupun dalam keadaan Error, VGA sudah terdeteksi oleh software atiflash

Karena sudah terdeteksi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan flashing BIOS kembali menggunakan BIOS yang cocok. Namun hal ini tidak bisa dilakukan karena BIOS dalam keadaan unwritable dan agar bisa di Flash kembali kita harus memutuskan hubungan dari PIN 1 dan PIN 8 dengan cara melepaskan kabel yang tadi kita solder.
BIOS Tidak bisa di Flash

Karena sementara dalam keadaan terpasang pada PC yang menyala, maka tidak memungkinkan untuk saya melepas kabel tersebut dengan solder, jadinya saya gunting saja kabel tersebut untuk memutuskan jumper dari pin 1 ke pin 8 tadi
Setelah terputus barulah bisa dilakukan flash dengan cara ketik atiflash -f -p 0 namarombios.rom lalu restart PC anda untuk mengetahui hasilnya. Terlihat pada gambar dibawah ini dibagian Old Product nampak jelas bahwa BIOS yang sedang digunakan adalah BIOS Milik Powercolor RX 460 4GB DDR5. Perhatikan juga pada bagian New Product disitu terlihat BIOS baru yang sudah di masukan kedalam IC, Jika ternyata pada bagian New product ini ada kesalahan maka jangan dulu di restart PC anda, Cari dulu BIOS yang tepat lalu Flash kembali, setelah yakin BIOS yang digunakan sudah cocok barulah Restart PC anda.

Jika anda memiliki Backup BIOS nya, silahkan gunakan file backup tersebut, namun jika tidak punya silahkan mengunjungi Situs Techpower lalu cari dan pilih BIOS untuk VGA yang sama persis dengan milik anda.

Hasilnya setelah di restart Kini VGA HIS R7 240 2GB sudah terdeteksi kembali pada Device Manager (Lupa saya capture) langkah selanjutnya tinggal menginstal Drivernya kembali agar bisa berfungsi seperti semula

Part 2 Powercolor RX 460 4GB DDR5 Repair BIOS

Setelah berhasil membangunkan kembali HIS R7 240 dari mati surinya, selanjutnya saya copot dulu R7 240 dari PCI-E karena ada pasien ke 2 yang harus saya tangani yaitu RX 460 4GB

Langkah-langkahnya sama persis ketika memperbaiki BIOS R7 240 tadi, yaitu mulai dengan mencari bagian IC mana yang merupakan IC BIOS dengan cara mencatat serta searching kode-kode yang tertera pada badan IC.

Setelah saya menentukan IC BIOS pada RX 460 ini, selanutnya saya solder PIN 1 dan PIN 8 menggunakan kabel pendek seperti sebelumnya pada R7 240 dilanjutkan dengan menjalankan aplikasi atiflash dengan perintah atiflash -i. Namun ternyata tak semudah yang saya bayangkan. karena walaupun sudah di solder pin 1 dan 8, atiflash masih belum mendeteksi adanya RX 460 ini. berulang kali saya coba hasilnya tetap sama saja VGA masih belum terdeteksi oleh atiflash

Kembali saya mencari informasi tambahan yaitu dengan mencari datasheet dari IC Bios tersebut, dan setelah saya baca, ternyata urutanya berbeda dengan IC BIOS R7 240. Pantas saja atiflash tidak mendeteksi RX 460, karena rupanya saya salah menghubungkan kaki pin IC Biosnya. Urutan kaki RX 460 bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.
dibawah ini Gambar IC BIOS RX 460 4GB milik saya yang sudah saya solder kaki pin 1 dan 8 dengan benar.
Ternyata benar, setelah saya coba kembali menggunakan atiflash dengan perintah atiflash -i, sekarang RX 460 sudah terdeteksi.
selanjutnya saya tinggal melakukan flashing BIOS yang cocok dengan cara yang sama seperti saat melakukan Flashing pada R7 240 Sebelumnya

Nah hasil akhirnya terlihat, kini kedua VGA sudah terdeteksi kembali dan dalam keadaan Normal :D.


Sekian dan Terimakasih
Wassalam.



13 komentar

permisi gan, saya mau tanya gan, itu vga agan yang HIS r7 240 itu bisa di overclock gak gan? yang saya si versi gddr5nya, tapi tidak bisa di overclock, apa karna itu gara" vendor HISnya? masalahnya di vendor lain seperti powercolor itu bisa gan di overclock. apakah ada solusinya gan?.
Terima kasih

aduh r7 240 udah sy jual, dan slama sy pakai gak pernah tuh sya OC,krna emang gak kepake krna salah beli, tpi untuk mslah bisa/tidak di OC harusnya sih bisa, cba pake AB atw OC nya via flash bios aja gan

tpi sx lgi, sya sndri gak sempat ngoprek r7 240 tsb krn udah kejual

mau coba untuk rx470 semoga sama dan berhasil seperti rx460. bermanfaat sekali tutornya.

semoga berhasil mas, cma kemungkinan besar letak IC nya pasti berbeda..silahkan di cek datasheetnya dlu sbelum beraksi biar gak tmbah parah

thanks bang ilmu nya, rx 580 ane jadi normal lagi heheh

samakah ic bios rx460 4gb dg rx460 2gb om? (asus rx)

Kalo pas kabelnya sudah di putus tapi masih not found gimana gan?

Bisa kasih link bios ori rx 460 4gb nya, yg dr techpower udah dimod semua jd blackscreen terus

@K4mpr3t : Udah gak pnya sya bang, VGA nya udah sold..file backupnya udah lama ilang

Sama nih bos kasusnya,,,q pngen nyoba untuk MSI GTX 770 tapi g berani,,

gan mau nanya cara mengunakan cmd nya gimana detail nya saya udah coba gagal terus


EmoticonEmoticon