20 May 2018

Membuat Kunci Pintu Berpassword menggunakan Arduino dan Keypad

Assalamualaikum
Beberapa waktu lalu saya pernah terfikir untuk membuat Kunci Pintu rumah menggunakan arduino, ide ini saya sampaikan kepada seorang teman dan ternyara ia tertarik untuk menerapkannya oleh karena itu saya membantunya membuatkan Kunci pintu berpassword menggunakan Arduino untuk dipasang di pintu kamarnya atau istilah kerennya Password Lock Door


Bahan bahan yang dibutuhkan
  • Arduino Uno
  • Keypad 3x4 atau 4x4
  • Kabel Jumper
  • 2 Buah LED, 1 warna Merah dan 1 Hijau ( Optional , hanya sebagai indikator)
  • Servo sebagai Penggerak
  • Library Keypad dan Library Password

Disini saya hanya menggunakan servo sebagai penggerak pengunci pintunya, karena kebetulan kamar teman saya hanya menggunakan Grendel pintu biasa. 

Schematic
Password Lock Door
Arduino Password Lock Door

Code Sketch



Untuk mengurangi budget, saya tidak menggunakan LCD sebagai display, namun saya menggantinya dengan LED saja yang berfungsi sebagai Indikator password salah atau password yang dimasukkan sudah benar. tanpa menggunakan LED pun Kode diatas tetap akan berfungsi dengan normal.

Selain itu pada kode diatas saya sengaja menggunakan Serial yang berfungsi untuk menampilkan pesan pada layar serial Monitor untuk menampilkan pesan apakah password sudah benar atau salah, ini digunakan hanya saat uji coba menggunakan komputer saja.

Oia, pada baris program, ada angka 2912, itu merupakan password yang akan digunakan untuk menggerakkan servo, jadi silahkan ganti dengan angka yang anda kehendaki. Dan untuk cara penggunaanya adalah dengan menekan password lalu di akhiri dengan menekan tombol * (Bintang). Untuk tombol # (Pagar) fungsinya untuk mereset, jadi alangkah baiknya setiap kali mau memasukan password di tekan # terlebih dahulu, dilanjutkan dengan memasukan password lalu kemudian barulah menekan tombol *.

Untuk pemasangan Servo agar bisa menggerakkan besi pengunci silahkan anda kreasikan saja sendiri bagaimana modelnya, namun untuk referensi saya sertakam gambar pemasangan servo yang sudah terpasang di pintu kamar teman saya yang bisa anda lihat pada gambar dibawah ini

Sekian dan Terimakasih
Wassalam


EmoticonEmoticon