14 May 2018

Rangkaian H Bridge Transistor NPN dan PNP

Assalamualaikum
Beberapa bulan lalu saya pernah memposting tentang Rangkaian H Bridge menggunakan 4 Buah transistor jenis NPN, pada saat pertama kali saya mengujinya memang rangkaian tersebut sudah mampu menggerakkan Motor DC atau dinamo ke 2 arah searah jarum jam dan berlawanan jarum jam. Pada saat itu saya menggunakan Dinamo kecil yang biasa digunakan di mobil-mobilan tamiya, dan ketika saya mencoba mengganti dinamo tersebut dengan dinamo 12v barulah muncul masalah, yaitu walaupun tegangan input yang saya gunakan adalah 12v, tegangan yang sampai di dinamo jauh dibawahnya yaitu sekitar 3-4v saja, sehingga Dinamo 12V tidak mampu berputar. 

Karena sudah menyerah mencari solusinya saya mencoba mengganti rangkaian H Bridge tersebut menggunakan Kombinasi 2 Transistor jenis NPN dan 2 jenis Transistor PNP. Hasilnya seperti yang diharapkan. Pada Uji coba awal, saya menggunakan Transistor kecil yaitu A733 (PNP) dan  C1815 (NPN) dan ternyata hanya dengan transistor ini saja sudah mampu untuk menggerakkan dinamo 12V. Jika kebutuhan power dinamo lebih besar, maka disarankan gunakan Transistor dengan power yang besar pula, bisa menggunakan kombinasi TIP41(NPN) dan TIP42 (PNP) atau jika ingin lebih besar lagi gunakan Mosfet N Channel dan Mosfet P Channel (Akan dibahas pada artikel selanjutnya).

Bahan-Bahan yang dibutuhkan
  • 2 Buah Transistor jenis NPN 
  • 2 Buah Transistor jenis PNP
  • 4 buah resistor bernilai 1 Kilo Ohm / 1KOhm
  • 1 Buah Motor DC / Dinamo
  • Baterai Sebagai sumber tegangan Dinamo
  • Arduino sebagai Kontrollernya
Skematik
Untuk rangkaianya bisa di lihat di gambar dibawah ini
http://catatan-lamers.blogspot.com/2018/05/rangkaian-h-bridge-transistor-npn-dan.html
Rangkaian H Bridge Transistor NPN & PNP
Jika Power untuk menghidupkan arduino dan power untuk dinamo berasal dari 2 sumber yang berbeda, maka jangan lupa untuk menyatukan Ground dari kedua sumber tegangan tersebut yaitu dengan cara menghubungkan Negatif Baterai langsung ke Pin GND pada Arduino.

Sketch Arduino Untuk Uji coba

Penjelasan Sketch
Baris program pada Sketch diatas sangatlah simpel, yaitu pada awal dinyalakan Pin 4 pada arduino akan berlogika HIGH atau bernilai 5V sedangkan pada Pin 5 akan berlogika LOW atau bernilai 0V sehingga motor DC akan berputar selama 5 Detik searah jarum jam. Selanjutnya kebalikanya, Pin 4 Akan bernilai LOW dan pin 5 akan Bernilai HIGH sehingga Motor DC akan berputar selama 5 detik berlawanan dengan arah jarum Jam, begitu seterusnya.

Oke Sekian dan Terimakasih
Wassalam


EmoticonEmoticon