28 April 2018

Flashing Firmware STB Indihome ZTE B760H

Assalamualaikum
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya melakukan flashing firmware atau install firmware pada STB (Set Top Box) Hybrid Indihome ZTE B760H.

Flashing firmware STB ZTE B760H ini saya lakukan dikarenakan entah mengapa, tiba tiba saja ketika STB saya nyalakan, pada tampilan di layar TV hanya hanya tampil logo awal yang buram, atau tidak jelas seperti teracak (Lupa saya foto), lalu setelah stuck beberapa menit layar di TV langsung hitam gelap, padahal Indikator STB dalam keadaan power On.

Kemungkinan yang terlintas, penyebab dari masalah ini adalah System atau firmware yang Error atau corrupt. Bisa jadi penyebab Rusaknya firmware STB disebabkan proses Update software yang tidak selesai sempurna. Karena sempat beberapa kali saya temukan ketika menyalakan STB, muncul tampilan proses updating software secara otomatis, dan kebetulan juga beberapa saat sebelum masalah ini terjadi Baru saja terjadi pemadaman listrik dari PLN.

Sempat beberapa kali saya merestart STB Melalui Remot dan juga dengan tombol power. Namun tetap tidak juga ada perubahan walaupun sudah di tunggu cukup lama. Mau tidak mau, saya memutuskan untuk mencoba melakukan  flashing firmware, siapa tau dengan begitu STB bisa kembali hidup normal dan bisa digunakan kembali.
Catatan Lamers Flashing Firmware STB Indihome ZTE B760h

Buat pembaca yang mungkin juga ingin mencoba melakukan flashing pada STB Indihome B760H bisa mengikuti panduan yang akan saya jelaskan dibawah namun sebelumnya siapkan terlebih dahulu peralatan dan bahan-bahan yang di perlukan untuk melakukan flashing firmware STB Indihome ZTE B760H yaitu berupa :
  1. Laptop/PC
  2. Kabel USB Male to Male
  3. Download Firmware STB ZTE B760H (Via GDrive)
  4. Download Driver MTK V COM (Via MediaFire)
  5. Download SPFlashTools V5.1628 (Via MediaFire)
Untuk kabel USB Male to Male modelnya seperti gambar dibawah ini. Dikota saya jarang ada yang jual, Saya sendiri menggunakan kabel USB Male to Male yang saya ambil dari PCI-E Riser. Jadi buat teman-teman yang tidak memiliki kabel seperti ini jangan kecewa, karena teman-teman pembaca bisa membuatnya sendiri dengan cara potong 2 buah Kabel data handphone atau kabel USB Printer, lalu ambil bagian USB Male nya saja terus disambungkan ke empat kabelnya sesuai warnanya masing2. Lebih jelasnya silahkan googling aja, banyak kok blog yang membahas tentang cara membuat USB Male to Male ini.

Langkah-langkah :

  • Install Driver pada komputer yang akan digunakan melakukan flashing
  • Extract Firmware STB ZTE dan juga File SPFlashTools yang sudah di Download sebelumnya menggunakan aplikasi seperti Winrar, winzip, 7z atau sejenisnya
  • Masuk ke folder hasil Exrtract dari SPFlashTools lalu klik 2x SPFlashTools untuk membuka aplikasi Flashing
  • Setelah terbuka, Klik tombol Scatter Loading lalu arahkan ke file Scatter yang berada di dalam folder hasil Extract firmware STB ZTE. Setelah itu pada menu dropdown Ubah Download Only menjadi Format All + Download lalu Klik Download
  • Colok kabel Power ke STB namun jangan dulu di On kan, biarkan dalam posisi Off/mati, lalu colok kabel USB Male to Male ke port USB 1 pada ZTE dan ujung satunya lagi ke PC, jika Driver telah terinstall dengan baik maka harusnya proses flashing akan mulai berjalan. 
  • Selesai.

Oke sekian dan terimakasih
Wassalam


EmoticonEmoticon