26 April 2018

Memperbaiki Adaptor POE Ubiquity yang rusak kemasukan semut

Assalamualaikum
Artikel kali ini menceritakan pengalaman saya memperbaiki Adaptor POE (Power Over Ethernet) Ubiquity yang rusak Dengan lampu indikator tidak menyala yang di sebabkan oleh semut, Ya binatang semut.
http://catatan-lamers.blogspot.com/2018/04/memperbaiki-adaptor-poe-ubiquity-yang.html


Semenjak 2014 saya menekuni usaha RT/RW Net, entah sudah berapa kali saya harus mengganti Adaptor POE dari radio wireless Outdoor yang kerap kali rusak, sehingga otomatis radio wireless tidak dapat menyala karena tidak mendapatkan supply tegangan dari Adaptor.

Awalnya saya dibuat bingung dengan kejadian rusaknya Adaptor2 tersebut, Beberapa hal pun sempat terfikir oleh saya yang menyebabkan adaptor2 ini rusak, Namun semua kemungkinan yang saya pikir tidak ada 1 pun yang bisa dijadikan tersangka utama dari penyebab adaptor yang tewas secara misterius.

Jika penyebabnya karena petir, harusnya radio wireless yang berada di tiang pun ikutan rusak, atau ada perangkat elektronik lain didalam rumah yang ikutan rusak, tapi kenyataanya tidak ada 1 pun yang rusak melainkan hanya adaptor itu saja. Listrik yang tidak stabil pun harus saya coret dari daftar penyebab, karena saya menggunakan Stabilizer dan untuk masalah mati lampu saya menggunakan AKI sebagai tegangan cadangan. Asumsi terakhir saya penyebab adaptor-adaptor POE ini sering rusak karena kondisi komponen di dalamnya yang gampang soak.

Setelah sekian lama, baru sekaranglah saya mengetahui pasti penyebab misteri ini yaitu ketika saya mencoba membongkar Adaptor POE dan saya mendapati didalam adaptor sudah jadi Sarang Semut kecil/semut halus yang jumlahnya sangat banyak. Setelah saya bersihkan, terlihat di papan PCB ada jalur komponen yang terbakar karena korsleting, inilah yang menyebabkan Adaptor-adaptor ini rusak.
saya bingung, kenapa bisa ada banyak semut di dalam adaptor, padahal disitu tidak ada gula. atau kenapa juga semut semut itu harus bikin sarang didalam adaptor gak di tempat lain saja supaya gak bikin repot orang. Bermodalkan Solder, Multimeter, sedikit pengetahuan elektronika dan Rasa ingin tahu yang begitu besar, saya pun mencoba menganalisa kerusakan adaptor siapa tahu bisa di perbaiki untuk di gunakan kembali

Pada kasus yang saya alami, korsleting terjadi di bagian blok awal atau pada bagian rectifier, yaitu masih di sekitar jalur tegangan 220VAC masuk lalu ke Bridge Rectifier untuk di ubah menjadi sekitar 300VDC dilanjutkan ke kapasitor dan di teruskan ke blok berikutnya. Secara fisik terlihat ada jalur rangkaian yang tidak terhubung lagi, untuk itu saya menyambung kembali jalur tersebut menggunakan timah solder. Setelah itu saya mencoba mengukur komponen2 yang berada di sekitar korsleting terjadi menggunakan Multimeter untuk mengetahui komponen yang rusak. Sebagai langkah awal saya langsung mengecek Fuse/Sekring karena komponen inilah yang biasanya akan rusak duluan jika terjadi short/korsleting dan benar saja dugaan saya, fuse yang berada di samping soket ternyata sudah putus.

Setelah Fuse diganti saya langsung mencoba menyalakan adaptor, yang terjadi Sekring rumah langsung turun, itu artinya masih ada komponen yang bermasalah pada adaptor. Saya cek kembali menggunakan multimeter dan didapati ternyata Bridge Rectifier yang sudah rusak. kini setelah bridge rectifier sudah di ganti, dengan penuh rasa was-was saya mencoba menyalakan adaptor untuk yang ke2 kali, Hasilnya sangat melegakan hati karena ternyata lampu Indikator sudah menyala dan Output tegangan pun sudah sesuai dengan yang tertera pada body adaptor yaitu 24VDC.
http://catatan-lamers.blogspot.com/2018/04/memperbaiki-adaptor-poe-ubiquity-yang.html
2 Komponen yang rusak dan harus di ganti
Beberapa hal yang perlu saya informasikan , berhati-hatilah saat berurusan dengan komponen-komponen pada bagian blok primer karena walaupun sudah tidak terhubung dengan listrik secara langsung, namun bisa saja masih ada listrik yang tersimpan di dalam Elko dengan tegangan tinggi, makanya kosongkan terlebih dahulu muatan yang berada di dalam elko yang berukuran paling besar dengan cara menshortkan kedua kaki kaki nya. Komponen yang saya gunakan untuk mengganti komponen yang rusak adalah komponen2 bekas yang saya ambil dari pcb bekas yang sering saya kumpulkan.

Seperti itulah pengalaman saya memperbaiki Adaptor POE Ubiquity yang rusak karena dijadikan sarang semut
Sekian dan terimakasih.
Wassalam


EmoticonEmoticon