Pengalaman Pertama dengan RB433 + UBNT Omni MIMO AMO-2G13 | Catatan Lamers

07 November 2016

Pengalaman Pertama dengan RB433 + UBNT Omni MIMO AMO-2G13

  2 comments
Bulan November tahun 2016 ini menjadi sangat spesial untuk saya. Karena dibulan inilah akhirnya saya bisa berjumpa dan memiliki Antena Wireless Ubiquiti Omni MIMO AMO-2G13 yang sudah lama saya idam-idamkan namun karena keterbatasan budget akhirnya Antena tersebut hanya bisa menjadi angan-angan saja.

Beberapa minggu sebelumnya saya membeli sebuah Radio AP UBNT Rocket M2 untuk saya gunakan sebagai AP Hotspot yang rencananya akan saya kawinkan dengan Antena Omni R-Net. Antena Omni R-Net saya pilih untuk dijadikan Opsi kedua setelah AMO-2G13 karena harganya yang relatif masih terjangkau untuk orang dengan kantong tipis seperti saya

Dan juga R-Net saya pilih, karena saya sebelumnya sudah pernah merasakan bagaiman performas R-Net ini seperti yang pernah saya tulis pada Artikel tentang "Review Omni R-Net". Namun karena budget yang menipis, akhirnya saya menunda dulu untuk membeli Antena R-Net tersebut, jadinya si Rocket M2 jadi jomblo karena masih belum ada pasanganya.

Tak lama setelah saya membeli Rocket M2, saya mendapatkan Project untuk PTP dengan jarak pertama 12Km dilanjutkan PTP kedua 40.2Km dan terakhir 60.2Km untuk menghubungkan Kantor pusat dari sebuah perusahaan dengan beberapa Pabriknya yang terpisah lumayan jauh.

Nah di pabrik inilah saya berjumpa dengan Omni AMO-2G13 ini, saya melihat diatas atap pabrik 1 ada Sebuah Box Wireless Outdor yang terhubung ke Antena Grid Kenbontong dan Antena Omni. dan setelah saya tanyakan kepada yang berwenang di pabrik tersebut, ternyata perangkat tersebut sudah hampir 2 tahun tidak digunakan lagi karena sudah rusak katanya. Ternyata di Pabrik kedua pun saya menemukan perangkat yang serupa dengan yang ada di Pabrik 1 dan keadaanya pun sama2 tak berfungsi jadi totalnya ada 2 Buah Box Outdor yang saat itu tidak saya ketahui isinya apa dan ada 2 pula Antena Grid dan Omni.

Mungkin karena sang manager pabrik tahu bahwa saya sangat tertarik dengan perangkat tersebut, akhirnya ia mengatakan kepada saya, "Kalau Minat, panjat dan turunkan saja itu Antenanya". Saya tidak menyangka hal itu terjadi, saya pun bergegas menurunkan kedua pasang antena tersebut, dan bersegera memeriksa kondisi kesemuaan perangkat2 tersebut

Isi dalam Box outdoor tersebut adalah Mikrotik RB433 dengan 2 buah Mini PCI yaitu R52HN, 1 dihubungkan ke Grid dan 1 nya lagi ke Omni. tapi saya menemui masalah, ternyata benar RB433 ini sudah rusak. Karena saat saya mencolokan adaptor ke RB433 tidak ada respon apapun yang terlihat.

Singkat Cerita, sampai dirumah saya berhasil memperbaiki RB433 tadi dan saya mencoba melakukan ujicoba pada RB433 ini dengan menggunakan Antena Omni Mimo UBNT AMO-2G13. Niat sebenarnya ingin menjadikan Antena ini sebagai pemancar, namun saya coba coba juga kalo dijadikan penangkap akan seperti apa hasilnya. Hasilnya pun membuat saya takjub. karena dari Jarak +-8Km RB433+R52HN+AMO-2G13 mendeteksi salah satu AP Wireless saya yang jauh sekitar 8Km tadi. AP Wireless milik saya tersebut yang berada diseberang menggunakan Rocket M2 + R-Net. 

Kalau menggunakan Mikrotik saja hasilnya bisa sebgaus itu, bagaimana jika dipasangkan dengan Rocket M2 yang merupakan sudah ditakhirkan untuk jadi tulang rusuk dari Omni AMO-2G13 ini. jadinya sekarang RB433 saya pasangkan dengan Grid Kenbontong sedangkan Omni AMO-2G13 saya pasangkan dengan Rocket M2. Namun sekarang ini Omni Tersebut belum bisa saya pasang di pucuk tiang tower karena masih menunggu Kabel Pigtail yang saya beli dari Toko online

Tunggu Review saya selanjutnya tentang bagaimana performa Rocket M2 + UBNT Omni Mimo AMO-2G13 :D


2 comments :

  1. kebetulan gan saya baru beli nih, pasangan rocket m2 vs omni amo2g13, tapi ada kendala nih
    sya berlangganan indihome 100mb
    cek dari mikrotik langsung bandwidth full, tapi setelah di share lewat AP bandwidthnya cuma 5mbps sampai 10mbps,
    gimana tuh gan masalah saya?
    bisa bantu?

    ReplyDelete
  2. antenna amo2g13 aada yang nganggur nga yah,,,

    ReplyDelete