04 November 2016

Cara Menginstall Ioncube Loader di Web server Local (Localhost) Versi Windows

Assalamualaikum
Beberapa hari yang lalu saya sempat mencoba melakukan testing pada sebuah sistem informasi penjualan pulsa Online. Source Code Sistem/Aplikasi web ini saya dapatkan dari seorang teman yang membeli Source code tersebut dari salah seorang penjual sekaligus developer dari Sistem Informasi penjualan pulsa Otomatis ini.

Niat awalnya, saya sendiri ingin membeli Source code ini karena untuk bisa menggunakan Aplikasi dibutuhkan lisensi yang di dapat dari owner atau developernya langsung. Sempat terfikir oleh saya untuk mencoba membuat Sistem yang serupa (Bukan di Edit) , nah untuk membuatnya saya membutuhkan gambaran/alur bagaimana sistem ini bekerja, agar bisa dengan mudah saat pembuatan programnya nanti.

Masalah muncul ketika saya mencoba memasang source code ini di web server lokal atau localhost yang ada di PC saya menggunakan XAMPP sebagai aplikasi servernya yang berjalan di sistem operasi Windows 7. Pasalnya, ternyata untuk bisa menggunakan atau menjalankan aplikasi/sistem ini dibutuhkan web server yang support ioncube karena ada beberapa file PHP yang mungkin sangat penting sehingga file-file tersebut di Enkripsi menggunakan ioncube loader, dan hanya dapat dijalankan pada webserver yang support ioncube atau sudah terpasang ioncube loader.

Saya mencoba surving ke beberapa web penyedia layanan hosting yang support ioncube, namun terpaksa saya harus mundur karena harganya yang sedikit lebih tinggi daripada Hosting tanpa ioncube, padahal niat saya hanya ingin melihat bagaimana cara kerja sistem ini ketika digunakan. Karena tak ingin keluar modal dengan menyewa hosting, makanya saya mencoba memasang ioncube loader langsung di localhost yang ada di PC saya.

Nah untuk caranya adalah seperti berikut
  • Pastikan webserver sudah di install dan running dengan baik dan normal. (Saya menggunakan XAMPP)
  • Masuk ke menu PHP info di web server anda
  • Pada keterangan PHP info yang ada pada gambar diatas, anda hanya perlu memperhatikan Compiler, Architecture, dan Loaded Configuration File
  • Kunjungi situs Ioncobe dengan mengklik Link ini "Ioncube Loader"
  • Scroll kebawah dan klik tulisan ZIP untuk mendownload file Ioncube Loader, namun perhatikan informasi yang kita dapatkan dari PHP info tadi, lalu samakan dengan file yang mana yang cocok dengan Webserver kita, sebagai contoh, karena saya menggunakan Windows, dan Architecturenya x86 serta compilernya menggunakan MSVC 11 maka saya mendownload file seperti yang saya lingkari pada gambar dibawah ini.
  • Setelah didownload Extract file ZIP tersebut.
  • Selanjutnya masuk ke direktori XAMPP lalu cari folder PHP dan masuklah kedalam folder tersebut. selanjutnya buatlah sebuah folder baru dan beri nama ioncube
  • Copy file ioncube loader yang sudah anda download tadi dan paste ke dalam folder ioncube yang barusan anda buat
  • Selanjutnya kita akan mengedit file PHP.INI yang berada di dalam folder C:\XAMPP\php\
  • buka file php.ini tersebut. Lalu tambahkan text dibawah ini pada bagian atas dari file php.ini tersebut zend_extension = "C:\xampp\php\ioncube\ioncube_loader_win_5.5.dll"
  • Matikan service apache melalui XAMPP Control Panel lalu nyalakan kembali.
  • Masuk kembali ke phpinfo . dibagian bawah anda akan melihat gambar seperti ini. itu artinya Ioncube loader sudah berhasil dipasang atau di install pada server lokal anda

2 komentar

This comment has been removed by a blog administrator.

Terima akasih Infromasinya Min


EmoticonEmoticon