Cara setting NanoStation Loco M2 Sebagai AP | Catatan Lamers

18 November 2016

Cara setting NanoStation Loco M2 Sebagai AP

  No comments
Assalamualaikum.
Kali ini saya ingin share bagaimana caranya Setting atau konfigurasi Pada Radio Wireless Ubiquity NanoStation Loco M2 sebagai Access Point atau pemancar. Artikel ini sebenarnya sudah lama saya tulis namun karena belum sepenuhnya selesai makanya masih disimpan di draft, nah hari inilah baru sempet saya publish biar gak kelupaan nantinya.

NanoStation Loco M2 yang saya gunakan kali ini adalah Perangkat yang sama seperti pada artikel saya sebelunya tentang "Repair Port Lan yang tidak Terdeteksi". Jadi ceritanya, Radio NS Loco M2 yang saya dapat secara gratis ini tadinya bermasalah, namun setelah sedikit diutak atik akhirnya sekarang udah bisa digunakan. Dan sebagai informasi NS Loco M2 tersebut udah mengudara sekitar 1 Bulan lebih dan alhamdulillah belum ada masalah.

Untuk melakukan konfigurasi pada Nanostation Loco M2 ini sebenarnya sama saja seperti melakukan Konfigurasi pada Radio Wireless merek Ubiquity (UBNT) lainya seperti, Bullet, NanoStation,Rocket, Airgrid dan lain sebagainya. Namun mungkin masih ada diantara teman-teman pembaca yang belum pernah atau kebingungan melakukan settingan pada NanoStation Loco M2 ini makanya artikel ini saya publish.
  • Setting IP Address Laptop/PC yang akan digunakan melakukan konfigurasi NS Loco M2 ini menjadi sekelas dengan IP Default NS Loco M2 (192.168.1.20 adalah IP Default Perangkat UBNT)
  • Pasang Kabel LAN di PC/Laptop lalu hubungkan dengan Colokan LAN yang ada di POE Adaptor
  • Pasang Kabel LAN di NS Loco M2 lalu hubungkan dengan Colokan yang berlabel POE pada POE Adaptor
  • Colok POE Adaptor pada Colokan Listrik
  • Buka Browser di Laptop/PC Anda (Firefox/Chrome)
  • Ketik IP NS Loco M2 di Address bar lalu Enter (192.168.1.20)
  • Login menggunakan username : ubnt dan password : ubnt


Firmware NanoStation Loco M2 yang saya gunakan kali ini masih versi Lawas yaitu XM.v5.3.5 jadinya untuk pemilihan Country masih tersedia Compliance Test, berbeda dengan versi-versi terbaru yang mana Country Compliance Test disembunyikan. Namun tetap saja anda masih bisa memunculkannya kembali menggunakan Aplikasi Putty, Selengkapnya baca di "Menampilkan Compliance Test"

  • Klik Tab Wireless. Wireless Mode pilih Access Point . SSID diisi sesuai keinginan anda. Country Code pilih Indonesia atau Compliance test (Tujuanya agar anda bebas memilih Frekuensi). Chanel Width pilih 20Mhz (Karena perangkat seperti Laptop/Smartphone belum support untuk 20Mhz keatas). gunakan Password jika anda menginginkanya. lalu Klik Change
  • Klik Tab Network. jika anda menginginkan Nanostation Loco M2 ini menjadi Bridge maka pada Network Mode pilih Bridge. lalu settingan IP disesuaikan dengan keadaan dalam jaringan anda.
Selesai !. Mudah bukan. Nah sekian dulu artikel tentang "Cara Setting NanoStation Loco M2 sebagai Access Point" ini semoga bermanfaat untuk anda.


No comments :

Post a Comment