21 November 2016

Polarisasi Antena di TP-Link WA5210G disisi Client jadi Solusi masalah

Tags

Assalmualaikum
Bermain jaringan wireless dengan membuka usaha sekelas RT/RW Net membuat saya belajar banyak hal. Mulai dari bagaimana caranya melakukan konfigurasi radio wireless, konfigurasi mikrotik, bikin tiang monopole, sampe urusan panjat memanjat tiang.

Kalo usaha udah mulai jalan, diawal-diawal saat client masih 1-2 orang, terasa nampaknya semuanya berjalan normal, namun ketika client/user kian bertambah dengan berbagai macam merek perangkat yang berbeda-beda serta keperluan dan kebutuhan akses internet yang berbeda-beda pula, maka akan mulai muncul masalah masalah yang bikin pusing tujuh keliling

Pengalaman saya pribadi, saat client udah mulai banyak, mau tidak mau saya harus mengganti beberapa perangkat saya yang kapasitasnya hanya mampu menangani beberapa user saja dengan menggantinya dengan perangkat lain beda merek dan beda type dan tentunya dengan harga yang jauh lebih Muahaal mengingat kemampuanya untuk menangani kebutuhan saya. Harapanya alat yang baru ini bisa menghandle seluruh user/client yang menjadi konsumen di RT RW Net Milik saya.

Nah salah satu perangkat yang saya ganti adalah Radio Wireless AP yang sebelumnya menggunakan TP-Link WA5210G kini saya ganti menjadi merek tetangga sebelahnya yaitu Rocket M2 + Omni AMO2G13. di sisi Client device yang digunakan pun bermacam-macam merek dan type, ada yang menggunakan TP-Link WA5210G, 7210, Bullet M2, NanoStation, NS Loco, hingga Radio Indoor yang di paksakan jadi Outdoor karena alasan ekonomis :D.

Setelah Radio Pusat saya ganti, sebagian besar disisi client bisa mendapatkan koneksi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Apalagi Client dengan perangkat yang sejenis dengan AP saya (UBNT), apalagi kalo udah MIMO, koneksi yang didapatkan pun jauh lebih stabil ketimbang sebelumnya sewaktu saya menggunakan 5210G sebagai AP Pusatnya.

Oia, Lokasi tempat tinggal, sekaligus pusat RT/RW Net ini berada di kaki bukit, maklumlah saya tinggal di daerah yang disebelah kirinya laut dan sebelah kananya Gunung. jadinya bangunan disini hanya ada 2 Lokasi, kalo bukan di pinggir laut berarti diatas gunung :D. nah posisi saya sedikit lebih dekat di pinggiran laut, sedangkan rata2 user berada di atas bukit yang tingginya sekitar 40Meter dari permukaan laut, tiang punya saya hanya sekitar 20 meteran. jadinya rata2 antena Client saya buat agak condong kebawah agar bisa sejajar dengan Radio AP yang posisinya lebih rendah.

2 Hari 2 Malam saya di cecar pertanyaan oleh salah seorang client tentang koneksi ditempatnya yang menjadi sangat buruk, awalnya pun saya kebingungan, karena client yang lain berpendapat sebaliknya, trus kenapa hanya ada 1 yang mengeluh dengan alasan koneksi jelek. Akhirnya saya coba datangi dan Cek langsung keadaan perangkat dan kabel-kabelnya apa ada masalah atau tidak, dan ternyata semuanya normal dan berfungsi dengan baik. Just info perangkat yang digunakan oleh client saya yang satu ini adalah TP-Link WA5210G. saya coba scan/site survey untuk melihat signal yang didapatkan dari pemancar pusat saya. Hasilnya terbalik dengan ekspetasi saya. signal malah semakin lemah daripada Sewaktu dulu saya menggunakan WA5210G sebagai Access Point .

Padahal kalau dari HP signal yang dipancarkan oleh RM2+Omni ini bisa dijangkau dari jarak -+ 1Km walaupun hanya 1 bar, tapi client dengan perangkat Radio Wireless yang jaraknya hanya -+ 30M malah dapat signal 11dB bahkan drop hingga 4dB. Solusi akhir saya adalah mengganti TP-Link WA5210G ini dengan Nanostation Loco M2, namun sebelum saya menukar/menggantinya saya mencoba untuk merubah polarisasi antena disisi client yang tadinya Vertikal menjadi Horizontal. Setelah Reboot hasilnya pun berubah drastis, dari yang tadinya signal hanya mentok di 11dBi kini bisa normal kembali dikisaran 40dBi dan ping ke router bengkak bisa sampe 4 digit kini normal menjadi 1 digit.

Dari Cerita panjang lebar diatas, solusi yang saya dapatkan adalah "Mengubah Polarisasi dari Vertikal menjadi Horizontal" . Mohon maaf atas artikel yang kepanjangan dan tidak bermutu ini. Sekian dan terima kasih 


6 komentar

Thanks Bang... Sangat bermutu skali..

punya masalah yang sama ya ?
syukurlah kalo tulisan ini bermanfaat :)

Bung saya masih benar2 newbie untuk ini.. saya pun ketemu trouble seperti ini..
saya pake WA5210g untuk pusatnya n client pun sama pakek WA5210g juga, dengan jarak 3,4Km bebas halanganlah setelah saya survey lokasi.. yg jadi pertanyaan client tidak dapat sinyal dari AP saya?? pencerahannya gimana ya Bung? apa saya harus ganti AP saya ke Ubiquiti?? saya ada UBNT nanostation tapi blum sempat saya pakek..

3Km ya..
lumayan jauh juga..
Coba Pointing lgi om...
kalo udah mentok ya baru ganti ke Nanostation..

Pointing yg lebih mudah yg 5210 vertical atau 5210 yg horizontal, kalau 5210/dijadikan klien tembak Rnet??

Kenapa beda ya gan sama punya saya 5210 si set di horisontal cuma dapet 6db... Di set di vertikal dapet nya 25 db


EmoticonEmoticon