02 April 2017

Menggunakan 3 Buah Router Mikrotik Untuk RT RW Net Minimalis

Tags

Assalamualaikum
Kali ini saya akan share tentang Topologi jaringan RT RW Net yang saya bangun dengan peralatan seadanya. Ceritanya dulu diawal mulai membangun RT RW Net dengan sistem Hotspot, Koneksi internet yang saya pakai hanyalah 3 Mbps, Bandwitdth tersebut sudah termasuk 6 Client rumahan, atau client bulanan dan juga client yang berasal dari Voucher Hotspot. Lumayan sering saya menerima keluhan tentang gangguan jaringan ataupun koneksi yang lambat dari Client, jadinya tiap kali ada keluhan, saya harus menonaktifkan dulu client lain, agar client yang mengeluh tadi bisa mendapatkan sedikit tambahan bandwidth.

Karena merasa tak enak dengan para Client yang sering mengeluh, saya mencoba mencari cara untuk menambah kapasitas Bandwidth namun, daerah saya masih belum bisa tercover oleh jaringan Optik milik telkom, karenanya saya hanya bisa mendapat kecepatan 3Mbps saja karena masih menggunakan Kabel tembaga lama. Tak habis akal, saya mencoba meminta bantuan dari beberapa teman yang dirumahnya sudah menggunakan Internet dengan kabel Optik, yaitu dengan meminta 1-2Mbps dari tempatnya untuk di kirim ke tempat saya Via Wireless (Point To Point). Alhamdulillah ada beberapa teman yang bersedia memberikan sedikit jatah bandwidthnya tanpa meminta bayaran.

Router Mikrotik yang saya Gunakan diawal-awal membangun jaringan RT RW Net adalah RB750, nah dengan banyaknya Client yang ditangani dan kebutuhan settingan yang lumayan kompleks, tentunya RB750 sering kali CPU Usage menyentuh angka 100% sehingga mikrotik sering kali hang bahkan kadang restart dengan sendirinya.

Kebetulan saya mempunya 2 buah Router Mikrotik yang lagi nganggur, yaitu RB750r2 hEX lite dan RB751u-2HnD. Keduanya saya dapat dari teman yang dulu sempat punya warnet, namun akhirnya gulung tikar. Saya mencoba memanfaatkan kedua Mikrotik tersebut untuk digunakan bersamaan dengan RB750, dengan tujuan agar tugas dan pekerjaan RB750 bisa dibagi-bagi ke Router lain.

Pembagian tugas masing-masing Router adalah sebagai berikut
  • RB751u-2hNd akan berfungsi sebagai Router yang menjalankan fungsi Load Balancing 
  • RB750r2 hEX lite akan menjadi Router utama yang menangani Hotspot Server, DHCP Server, Radius Server, serta management Bandwidth
  • RB750 hanya akan bertugas sebagai tempat disimpanya server usermanager
    Menggunakan 3 Buah Router Mikrotik Untuk RT RW Net Minimalis

Bahan yang saya jadikan pertimbangan untuk menjadikan RB750r2 hEX lite sebagai Router utama yang menangani banyak fungsi adalah spesifikasi Router ini yang lebih tinggi ketimbang 2 router lainya, karena RB750r2 memiliki CPU Frequency 850MHz dengan RAM 64MB, tentunya ini lebih bagus dijadikan Router utama dibandingkan dengan RB751u-2HnD yang hanya memiliki CPU Frequency 400MHz dengan RAM 28MB ataupun RB750 yang juga memiliki CPU Frequency 400Mhz dan RAM 32MB. Untuk Usermanager, sengaja saya taruh terpisah dari Hotspot server yang berada di RB750r2 dikarenakan storage yang dimilikinya sangat kecil yaitu 16MB jadinya saya taruh usermanager di RB750 karena memiliki Storage yang lebih besar yaitu 64MB. Lihat gambar dibawah ini sebagai perbandingan ke 3 Router tersebut
Menggunakan 3 Buah Router Mikrotik Untuk RT RW Net Minimalis

Dengan seperti ini beban kerja ketiga Router jadi lebih lega, Client pun sudah jarang komplain karena Infrastruktur jaringan yang sudah lebih baik, dan juga kapasitas bandwidth yang sudah lebih besar dari sebelumnya.

Untuk konfigurasi atau cara setting dan silahkan baca beberpa artikel berikut dibawah ini
  1. Setting Loadbalance dengan Metode PCC dan Failover
  2. Settingan dasar Mikrotik atau Konfigurasi Mikrotik untuk Warnet atau Cara setting Mikrotik untuk Hotspot
  3. Setting External Usermanager menggunakan 2 buah Routerboard Mikrotik


Sebagai tambahan Referensi lainya
Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda para pembaca, jika ada kesalahan ataupun kekeliruan silahkan meninggalkan komentar anda. dan juga jika ada yang merasa kesulitan, atau kebingungan dengan tulisan saya, silahkan tinggalkan komentar juga, saya akan mencoba membantu sebisa dan semampu saya.

Sekian dan terima kasih
wassalam







2 komentar

Bisa sampai berapa user yg aktif pakai userman?

Gan saya punya usaha jual voucer wifi di rumah yang di pancarkan dengan bulet. Sekarang saya ingin melebarkan cangkupan wifi lebih jauh dengan tp-link wa5210g. Yang di tempatkan di rumah sodara yang jauh untuk bisa menjual voucher disana. Bagaimana cara seting tp-link agar bisa terima dan sebar? Tolong di bantu gan


EmoticonEmoticon