Dokumentasi Modifikasi Switch/Hub Menjadi POE Central | Catatan Lamers

21 April 2017

Dokumentasi Modifikasi Switch/Hub Menjadi POE Central

  11 comments
Assalamualaikum.
Dibeberapa Group Faceook yang membahas tentang Wireless saya kerap kali melihat postingan atau gambar yang memperlihatkan sebuah Switch / HUB yang telah di modifikasi sehingga berubah fungsi menjadi POE Switch atau POE Central.

POE (Power Over Ethernet) adalah sebuah alat yang memungkinkan dialirinya power atau listrik melalui kabel Ethernet (Kabel LAN/UTP) untuk mencatu daya pada perangkat Wireless. Tujuan digunakanya POE adalah agar Radio Wireless yang ditempatkan diluar rumah Bisa mendapatkan daya atau power dari dalam rumah dengan memanfaatkan kabel Ethernet, jadinya selain memuat Data, didalam kabel Ethernet pun mengalir tegangan yang dibutuhkan untuk menghidupkan perangkat Wireless yang berada di Luar rumah (Jauh dari Steker listrik).

Idealnya atau pada umumnya sebuah POE akan terhubung dengan 1 Adaptor yang di Colok ke Colokan Listrik (steker), yang artinya 1 POE hanya bisa untuk 1 Radio saja (Kecuali Nanostation). jadi jika anda memiliki 5 Radio yang berada di Luar rumah maka tentunya memerlukan 5 Buah POE adaptor dan 5 Buah Colokan Listrik (Terminal/Steker). Hal ini dianggap kurang efisien, makanya dibuatkanlah alat yang bernama POE Central. POE Central adalah sebuah perangkat POE yang memiliki lebih dari 1 Port Ethernet (Setau saya palinng sedikitnya 8 Port) yang digunakan untuk menghidupkan beberapa Radio sekaligus namun hanya dengan 1 Buah Adaptor saja. Yang artinya 1 Adaptor bisa menghidupkan beberapa Radio sekaligus.

POE Switch/ POE Central ini mempunyai harga yang bervariasi tergantung jumlah portnya, Merek, Spesifikasi dan tentunya harga tiap penjual pasti akan ada sedikit bervariasi. Beberapa penggiat RT/RW Net bereksperimen menjadikan Switch biasa menjadi POE Switch agar tidak perlu membeli POE Switch lagi, mengingat harga POE Switch sedikit lebih tinggi di bandingkan dengan Switch biasa dengan jumlah Port yang sama.

Atas dasar tersebutlah saya mencoba melakukan hal yang sama yaitu mencoba merubah Switch/Hub menjadi POE Central. Kebetulan saya memiliki lumayan banyak Switch yang nganggur yang bisa saya gunakan sebagai kelinci percobaan. Berbekal sedikit petunjuk dari komentar dan gambar yang diberikan oleh teman-teman digroup RT/RW Net saya memulai Experimen ini dengan menggunakan Switch Prolink 8 Port.

Sebagai dasar acuan, saya memulai mencari informasi mengenai fungsi 8 kabel yang ada di dalam kabel Ethernet/ Kabel LAN. Berdasarkan hasil pencarian informasi tersebut barulah saya mengetahui fungsi masing2 kabel tersebut berdasarkan warna dan urutannya. Berikut Gambar yang saya dapatkan dari mbah Google.

Perhatikan pada bagian Ethernet Patch Cable, disitu terlihat bahwa hanya 4 buah kabel saja yang digunakan untuk menghubungkan antar perangkat yaitu kabel urutan 1,2,3 dan 6 untuk keperluan Tx dan Rx (Transmit dan Recive) sedangkan 4 Kabel lainya yaitu 4,5,7 dan 8 tidak terpakai sama sekali.
Kabel 4,5,7 dan 8 hanya akan beguna ketika digunakan pada Radio Wireless yang menggunakan POE, karena pada keempat kabel itulah akan di aliri tegangan berupa tegangan positif. 

Untuk membuktikannya saya mencoba mengecek langsung apakah ada tegangan pada keempat kabel tersebut menggunakan Avometer dengan Cara kabel yang sudah di Colok ke POE dan sudah mendapatkan tegangan dari adaptor, pada bagian ujungnya saya ukur dan Hasilnya pada Kabel 4 (Biru) dan Kabel 5 (Biru putih) mengalir tegangan DC + (Positif) sedangkan pada kabel 7 (Coklat) dan 8 (Coklat putih) mengalir tegangan DC - (Negatif).

Selanjutnya saya mencoba membongkar Switch untuk melihat jalur rangkaian pada Papan PCBnya. dan ternyata benar, Pin 4,5,7 dan 8 pada switch tidak terhubung kemanapun karena memang tidak digunakan pada switch.

Atas 2 petunjuk tersebut (Fungsi kabel & Jalur rangkaian Switch) maka saya menyolder sebuah kabel untuk tegangan positif dengan cara menghubungkan semua Kaki pin Nomor 4 dan 5 pada papan PCB Switch dan untuk tegangan negatifnya saya solder pada kaki Pin nomor 7 dan 8. 
Dari 8 port yang ada di Switch tidak semuanya saya Solder, melainkan saya sisakan 1 port yang saya maksudkan untuk input Data Rx dan Tx nya. pada Bagian ujung kabel Positif dan Negatif yang terhubung ke Pin 4,5,7, dan 8 tadi saya solder lagi ke Jack DC Female, dengan tujuan untuk digunakan sebagai sumber input tegangan.

Rincian hasil akhirnya seperti ini
  • Pin 4 dan 5 pada Port 1 sampai 7 yang ada di Switch saya solder menggunakan 1 buah Kabel (warna biru)
  • Pin 7 dan 8 pada Port 1 sampai 7 yang ada di Switch saya solder menggunakan 1 buah kabel (Warna Putih)
  • Port Nomor 1 pada switch sengaja tidak saya hubungkan karena dimaksudkan untuk input Datanya
  • Ujung Kabel Biru (+) dan Putih (-) saya solder ke Jack DC Female
  • Switch ini kini menggunakan 2 Buah Jack DC Female, yang 1 adalah Female Asli bawaan switch yang digunakan untuk menghidupkan Switch, sedangkan yang 1 nya lagi adalah sebagai Input tegangan
  • Untuk adaptornya pun ada 2, yang 1 dengan tegangan 7.5V 1A adalah untuk menghidupkan Switch, dan adaptor kedua saya menggunakan Adaptor Adjustable atau adaptor yang bisa di ubah-ubah nilai teganganya.


Alhamdulillah, percobaan saya pun berhasil, kini dengan 1 Buah Switch saya bisa menghidupkan 7 Buah Radio hanya dengan menggunakan 2 Buah adaptor saja. 

NB : Jangan mencoba apa yang saya tulis diatas jika anda takut perangkat akan rusak, karena saya sendiri tidak memiliki ilmu yang memadai terkait Kelistrikan dan Elektronika, jadinya saya tidak bisa banyak membantu jika nantinya terjadi masalah ketika anda mempraktekannya,

Akhir kata, jikalau ada kekeliruan dalam Experimen saya, mohon tinggalkan komentar agar bisa saya koreksi. Sekian dan terima kasih
Wassalam



11 comments :

  1. 2 buah DC female dan 2 buat adaptor ini gimana caranya, bukannya hanya satu port adaptor nya? Colokin nya kemana pada switch nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya 1 aja gan, cma kebetulan switch yg sy pake ini jack dc femalenya pake yg ukuran kecil, nah adaptor aslinya ilang, kebetulan sy pnya bnyak adaptor yg jacknya gede, jadinya sy pasang tuh dc female yg besar, gak perlu di pake dua2nya gan..

      Untuk port yang di colok ke switch saya pake port 1 , intinya port yg mw di hubungkan ke switch gak perlu di apa2in kaki2nya

      Delete
  2. Gan kebanyakan switch hub port lan yg ada hanya pin 1, 2, 3 & 6, sedangkn pin 4,5,7 & 8 ga ada kawatnya konektornya.

    ReplyDelete
  3. Ok kan.... nice science....
    I am very very like solder menyolder

    ReplyDelete
  4. yg adaptor buat angkat radionya dikasih brp volt dan amper gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 12v 3a, sya ambil dri Bekas charger laptop
      dari 19v turunin dikit paken bbrpa dioda trus dipakein regulator 7812+transistor bypass

      Delete
  5. adaptor POE nya satunya pakai berapa Volt??

    ReplyDelete
  6. om itu kl buat ubiquiti sama ndak kan bawaan poe ubiquiti ada tombol riset, apakah tombol riset tidak menggunakan antara kabel 4,5,7,8 ?

    ReplyDelete