12 April 2017

Script Auto Redirect User yang dibinding/bypass ke Halaman Login

Tags

Assalamualaikum.
Kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat sebuah rules yang bertujuan mengarahkan Client yang dibinding atau di bypass pada Hotspot Mikrotik ke halaman Isolir menggunakan fitur Script dan Schedule.

Pada artikel saya tentang "Bypass Binding User Mikrotik dibelakang Router" ada salah satu komentar yang menanyakan tentang "Bagaimana caranya agar user yang dibinding akan otomatis kembali ke halaman login setelah 30 hari. Tujuanya agar User yang dibypass tadi bisa mengetahui bahwa ia sudah waktunya membayar iuran bulanan.
Script Auto Redirect User yang dibinding/bypass ke Halaman Isolir

Niatnya saya pengen nulis artikel tentang hal tersebut saat itu juga, biar seandainya ada teman2 lain yang mungkin punya pertanyaan yang sama, bisa dan dapat mengetahui langkah-langkah untuk pembuatan script dan schedule tersebut. Namun karena "Malas" akhirnya baru hari inilah saya menyempatkan waktu untuk menulis artikel tersebut. 

Mungkin beberapa dari para pembaca akan bingung dengan maksud dari tulisan ini, karena itu mari sedikit kita bahas mulai dari belakang agar bisa dan dapat mudah untuk di pahami.

Buat pengusaha RT / RW Net yang menggunakan Hotspot Mikrotik sebagai Billing pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Binding/Bypass yang ada pada menu Hotspot Mikrotik. Fungsi Bypass ini bertujuan agar Client atau user yang perangkatnya di Binding atau di Bypass maka ia tidak perlu lagi melakukan Login Hotspot. Biasanya penggunaan fungsi Binding Bypass ini diterapkan oleh Pemilik RT RW Net bagi client / user yang berlangganan bulanan.

Penggunaan fungsi binding ini ternyata bikin dilema juga, karena kadang ada Client atau user yang telat membayar iuran bulananya dengan alasan Lupa kalo sudah waktunya pembayaran. Untuk mengatasi hal tersebut maka biasanya para owner RT RW Net akan menonaktifkan Binding pada perangkat Client tersebut, sehingga disisi Client tersebut akan tampil Halaman login Hotspot seperti client lainya yang tidak dibinding. Dengan tujuan agar client yang dibinding tadi bisa tahu jika sudah waktunya membayar iuran.

Cara ini kurang efektif karena Owner RT RW Net harus melakukan Enable/Disable secara manual, oleh karena itu dibutuhkanya Script dan Schedule agar Enable/Disable Client yang dibinding tadi bisa bekerja secara otomatis.

Skenario
  • Perangkat Client rumahan yang berlangganan Bulanan akan di Binding agar supaya ia tidak perlu Login Hotspot untuk bisa mengakses Internet
  • Setiap Perangkat Client yang dibinding akan diberikan Komentar "Binding" untuk memudahkan Admin RT/RW Net dalam mengelompokkan perangkat2 yang dibinding.
  • Rules atau baris perintah untuk membypass Perangkat Client akan otomatis di disable setiap 30 hari (1 Bulan)
  • Pada Tampilan halaman Login Hotspot disediakan Informasi bahwa sudah waktunya melakukan pembayaran iuran.


POC
  • Berikan komentar Binding pada perangkat2 client
    Script Auto Redirect User yang dibinding/bypass ke Halaman Isolir
  • Buat sebuah Script melalui menu System- Script yang ada pada Winbox
    Script Auto Redirect User yang dibinding/bypass ke Halaman Isolir
  • Nama Script diisi bebas (punya saya, sy tulis disableBinding), pada kolom Source di isi dengan ip hotspot ip-binding disable [find comment=Binding]
    Script Auto Redirect User yang dibinding/bypass ke Halaman Isolir
  • selanjutnya buat schedule baru melalui System - Schedule lalu pada Kolom Name silahkan isi terserah anda untuk nama jadwalnya, Start date dan Start time diisi dengan tanggal dan waktu awal untuk jadwal tersebut. Untuk Interval di isi 30d 00:00:00 yang artinya setiap 30 hari mulai dari Start time maka Schedule ini akan menjalankan Script yang tadi sebelumnya telah kita buat. pada Kolom On Event diisi dengan nama Script yang tadi kita buat.
    Script Auto Redirect User yang dibinding/bypass ke Halaman Isolir


Pada halaman Login berikan sedikit informasi bagi para pengguna Client yg dibypass, contohnya :

"Untuk menggunakan Internet silahkan masukan Username dan password dari Voucher yang anda miliki. Sedangkan untuk pengguna Client yang berlangganan bulanan jika anda mendapati halaman ini itu artinya segera selesaikan administrasi untuk bisa kembali menggunakan Internet"

Nah mudah bukan ? script tadi akan otomatis berjalan sesuai Schedule, jadinya Owner RT RW net gak perlu lagi memberitahukan kepada Clientnya kalo udah waktunya pembayaran iuran.

Ohia, Karena ini melibatkan penjadwalan maka jangan lupa ya Settingan waktu (Clock) pada mikrotik anda sudah terkonfigurasi dengan benar

Oke Sekian dan terimakasih :D

2 komentar

misalnya kita punya 4 user yang tidak bersamaan waktu perpanjangannya settingnya gimana gan???

klo user yang dibinding di arahkan langsung ke halaman expired gimana ya gan?


EmoticonEmoticon