20 February 2017

Mengatasi "No Harddrives Found" ketika Menginstall Mikrotik di PC (x86)

Assalamualaikum
Semalam saya sempat mencoba memanfaatkan salah satu PC bekas eks warnet yang ada di rumah saya, dari pada ngangur akhirnya saya putuskan untuk menginstall PC Tersebut agar bisa menjadi Router dengan memasukan Mikrotik RouterOS kedalamnya.

Sejauh yang saya ketahui dari hasil surfing di internet, untuk menginstall Mikrotik RouterOS hanya bisa menggunakan media CD dan Netinstall (Mohon koreksi jika salah). walaupun demikian ada juga beberapa tutorial yang menjelaskan bagaimana caranya menginstall RouterOS menggunakan media USB Drive / Flashdisk. Namun karena kebetulan Flashdisk saya lagi dipinjam teman jadinya saya belum sempat mencoba menginstall RouterOS menggunakan FDD, karena alasan itulah saya akhirnya menginstall Mikrotik RouterOS menggunakan CD

Sesaat setelah Booting dan masuk ke tampilan awal instalasi RouterOS tiba-tiba muncul pesan Error pada layar monitor dengan tulisan FATAL ERROR : no harddrives found Press ENTER to reboot. saya pikir mungkin hardisk saya yang bermasalah, jadinya sempat beberapa kali saya gonta ganti harddisk dan ternyata masalah masih belum bisa teratasi.
Mengatasi "No Harddrives Found" ketika Menginstall Mikrotik di PC (x86)

Lagi lagi saya kembali mencoba mencari informasi dari Forum mikrotik apakah ada yang mengalami hal serupa atau tidak. Ternyata saya tidak sendirian, ada beberapa kasus serupa yang persis dengan saya alami. Penyebabnya adalah Media Instalasi (CD-Rom) yg saya pakai, sudah menggunakan kabel SATA, sedangkan RouterOS hanya support CD-ROM dengan Slot IDE. Para pengguna yang mengenal Mikrotik sebelum tahun 2009 Mungkin tidak mengalami hal ini,  karena setau saya di Era tersebut rata2 komputer, Hardisk dan CD-ROM masih menggunakan Slot IDE.

Solusi dari masalah diatas pun sangat simpel, yaitu saya meminjam CD-ROM milik teman yang kebetulan PC nya masih jadul, Pentium 4 kalo gak salah, dan seperti dugaan saya, CD-ROM nya masih menggunakan Slot IDE. Hasilnya Mikrotik RouterOS kini sudah berhasil terinstall tanpa lagi mendapatkan Pesan FATAL ERROR : no harddrives found Press ENTER to reboot di layar monitor 
Mengatasi "No Harddrives Found" ketika Menginstall Mikrotik di PC (x86)

Sekian dan Terima kasih 
Wassalam

1 komentar so far

Terimakasih banyak atas informasinya,sangat bermanfaat.


EmoticonEmoticon