09 February 2017

Kontrol Dinamo/Motor DC Menggunakan Relay dan Arduino Bagian 2

Tags

Assalamualaikum
Untuk melanjutkan project mobil RC (Remote Control) menggunakan arduino dan Relay yang saya tulis sebelumnya maka kali ini saya akan membahas bagaimana untuk mengatur Roda depan Mobil untuk kemudi kiri dan kanan.

Wiring

  • Baterai 9.6v Positif  Ke NO (Normaly Open) Relay Channel 1,2,3 dan 4
  • Baterai 9.6v Negatif Ke NC (Normalt Close) Relay Channel 1,2,3 dan 4
  • Motor DC 1 (Dinamo Belakang) Positif ke COM Relay Channel 1
  • Motor DC 1 (Dinamo Belakang) Negatif ke COM Relay Channel 2
  • Motor DC 2 (Dinamo Depan) Positif ke COM Relay Channel 3
  • Motor DC 2 (Dinamo Depan) Negatif COM Relay Channel 4
  • Pin VCC Relay dihubungkan Ke Pin 5v Arduino
  • Pin GND Relay dihubungkan Ke Pin GND Arduino
  • Pin IN1 Relay ke Pin D2 Arduino
  • Pin IN2 Relay ke Pin D3 Arduino
  • Pin IN3 Relay ke Pin D4 Arduino
  • Pin IN4 Relay ke Pin D5 Arduino

Lihat Gambar untuk lebih jelasnya
Kontrol Dinamo/Motor DC Menggunakan Relay dan Arduino Bagian 2

Nah untuk Kodingnya lihat dibawah ini

Saat artikel ini saya publish, Mobil RC ini belum bisa turun dijalan karena untuk mengontrol gerak Mobil saya masih menggunakan Serial Monitor Arduino IDE yang terhubung menggunakan Kabel USB. Hal ini dikarenakan Modul Bluetooth (HC-05) yang akan saya pergunakan sebagai media penghubung antara mobil RC (Arduino) dengan Smartphone Android masih dalam perjalanan dari Toko Online.

Jika barangnya sudah sampai nanti, maka akan saya buat postingan baru (Part 3) untuk kelanjutan Project Mobil RC menggunakan Arduino dan Relay ini

Terima Kasih
NB : Setelah saya coba, masih banyak kekurangan dari Project ini, yaitu tidak bisa Bergerak maju sekaligus berbelok secara bersamaan, alias hanya bisa menerima Input satu persatu saja. kedepanya akan saya coba pelajari dan perbaiki permasalahan ini

5 komentar

Assalamualaikum
Bisa nggak ya kalau saya menggunakan lebih dari satu dinamo? Jika bisa, apakah ada alat tambahan dan seperti apa contoh rangkaian tambahan nya, terimakasih

Waalaikum salam
Di tutorial di atas emang saya menggunakan 2 buah Dinamo gan :D
kalo mw lebih dari 2, contoh 3 dinamo berarti pake Relay dengan 6 Channel, jadi intinya tiap tambah 1 dinamo maka tambah 2 Relay
gitu aja kok mas

maaf mas saya pemula,misalakan untuk membuat mobil rc pakai 1 dinamo,trus untuk mengatur arah pakai servo,bagaimana caranya?apakah sama?terima kasih

Bisa mas,. malah lebih bagus pake Servo..
Kemaren sy sempat buat, Untuk Dinamo Blkang udah gak pake relay tpi pake driver l298n trus Steering pake Microservo,biar Lebih enak

untuk batreynya,bisa tidak pakai yg voltase tinggi mas?


EmoticonEmoticon