03 February 2017

Kontrol Dinamo/Motor DC Menggunakan Arduino + Relay untuk Mainan Mobil RC

Tags

Assalamualaikum
Beberapa waktu lalu saya menemukan mainan Mobil remot kontrol yang sudah usang di gudang. Mobil-mobilan ini dulunya sering saya pakai waktu masih SD dulu. Kondisinya sudah lumayan parah, banyak kabel-kabel yang sudah putus, terus baterai sama chargenya pun sudah hilang entah kemana.

Untuk memastikan bahwa Mobil remot kontrol ini masih digunakan, saya pun meminjam Baterai dan juga charger dari salah seorang teman. Ternyata mainan mobil remot ini masih berfungsi, namun ada 1 kendala lagi, yaitu daya jangkau Remot ke mobil sangat pendek dikarenakan antena yang ada pada Remot sudah patah dan tidak bisa saya dapatkan penggantinya

Nah untuk alasan itu saya coba sedikit memodifikasi Mainan mobil remot control ini menggunakan Arduino, dengan tujuan nantinya mobil-mobilan ini bisa di remot dari Smartphone Android.

langkah Pertama yang saya lakukan adalah melepas Rangkaian asli atau Papan PCB dari Mobil remot Kontrol. pada papan PCB terdapat 4 buah Relay yang artinya menurut analisa saya ke 4 Relay ini digunakan untuk mengontrol Dinamo/Motor untuk bergerak maju, mundur , belok kiri, dan kanan.
Inilah alasanya Mobil remot kontrol seperti ini dinamakan Mobil RC QD (Quick Drive) alias saat tuas Gas pada Remot di tarik, mobil langsung akan berlari dalam kecepatan penuh.

Kebetulan saya memiliki relay 4 channel juga, jadinya saya mencoba untuk mengganti rangkaianya menggunakan Arduino dan Relay siapa tahu bisa jalan :D.

Untuk power supply atau sumber tegangan bagi dinamo/motor saya menggunakan Baterai charger yang khusus mobil remot. pada Soket baterai terdapat 3 buah kabel yaitu merah ,hitam dan biru. Disini saya hanya akan menggunakan kabel hitam dan merahnya saja, karena tegangan pada kabel merah lebih besar dari pada kabel biru yaitu 9.6v. 

Sedangkan untuk arduino saya menggunakan Baterai kotak 9v. agar supaya baterai untuk motor bisa lebih hemat karena hanya bertugas untuk menyuplai tegangan untuk dinamo saja.

Setelah papan PCB saya keluarkan, maka yang tersisa pada rangka mobil hanyalah 2 buah Dinamo yang masing2 berfungsi untuk maju mundur, dan juga dinamo kecil yang berada di depan yang berfungsi untuk belok kiri dan kanan.

Bahan
  • Relay 4 Channel (2 untuk maju mundur 2 lagi untuk kiri dan kanan)
  • Arduino Uno
  • Mainan Mobil Remot Kontol bekas (yang masih ada gir mekaniknya, DC Motor beserta Roda2nya)
  • Beberapa buah kabel jumper
  • Baterai 9v untuk Arduino
  • Baterai 9.6v untuk DC Motor

Catatan : 

  1. Tutorial kali ini hanya akan menggunakan 1 buah Dinamo, yaitu Dinamo yang berada di Roda Belakang, yang berfungsi untuk menggerakan Mobil ke arah depan dan belakang
  2. Untuk Dinamo depan, yang berfungsi untuk berbelok kiri dan kanan akan dibahas pada artikel selanjutnya
  3. Tutorial kali ini menggunakan Serial Monitor sebagai Interface atau tatap muka untuk mengontrol Motor DC/Dinamo. Disaat tutorial ini saya tulis, saya belum mempunyai Bluetooth sebagai penghubung karena itu untuk sementara saya masih menggunakan Serial Monitor pada Arduino IDE


Wiring
  • DC Motor Positif dihubungkan ke Pin COM Relay 1
  • DC Motor Negatif dihubungkan ke Pin COM Relay 2
  • Baterai 9.6v Positif dihubungkan ke Pin NO Relay 1 dan Pin NO Relay 2
  • Baterai 9.6v Negatif dihubungkan ke Pin NC Relay 1 dan Pin NC Relay 2
  • Pin VCC Relay dihubungkan ke Pin 5v Arduino
  • Pin GND Relay dihubungkan ke Pin GND Arduino
  • Pin IN1 Relay dihubungkan ke Pin 6 Arduino
  • Pin IN2 Relay dihubungkan ke Pin 7 Arduino
    Kontrol Dinamo/Motor DC Menggunakan Arduino + Relay untuk Mainan Mobil RC
Oke setelah proses Wiring sekarang waktunya mengupload Code pada Arduino melalui Arduino IDE

Penjelasan Code
#define maju 6 #define mundur 7 
Mendefiniskan Pin 6 dengan nama maju dan Pin 7 Arduino dengan nama mundur
Serial.begin(9600);
menjalankan serial dengan baud rate 9600
pinMode(maju, OUTPUT);
pinMode(mundur, OUTPUT); 
Mengatur pin dengan nama variabel maju (Pin 6) sebagai Output
Mengatur pin dengan nama variabel mundur (Pin 7) sebagai Output
if (Serial.available()>0)
Mengecek Koneksi serial
int baca = Serial.read();
Membuat variabel baca dengan tipe data Integer (int) dan nilai untuk variabel ini adalah nilai yang didapatkan dari data yang dikirim dari koneksi serial dalam hal ini Serial monitor
if (baca =='1')
Jika nilai dari data serial yang dikirim adalah 1 maka
digitalWrite(mundur,LOW);
digitalWrite(maju,HIGH);
Relay 1 akan Off dan relay 2 akan On sehingga Motor DC akan berputar ke arah depan
Serial.println("Jalan");
Menampilkan text "Jalan" pada serial Monitor jika angka 1 Diinput melalui serial Monitor


Untuk mencobanya silahkan buka Serial Monitor paa Arduino IDE yang terdapat pada menu Tools-Serial Monitor atau tekan CTRL + SHIFT + M pada keyboard untuk membuka serial monitor. Untuk menggerakan Motor, silahkan Tekan angka 1 pada Serial monitor lalu enter, dan Tekan 2 untuk membuat Motor DC berputar ke arah yang berlawanan


Oke Mungkin sekian dulu tutorial yang kurang menarik ini, semoga bisa berguna buat anda yang membutuhkan. Terima kasih
Wassalam

1 komentar so far

kalau untuk berhenti gimana gan?


EmoticonEmoticon