07 November 2016

Mengubungkan Modem Indihome ZTE dengan Mikrotik RB951ui-2hnd Menggunakan wireless

Tags

Mungkin artikel ini tidak akan banyak bermanfaat untuk banyak orang, karena pada umumnya orang menggunakan yang dalam jaringanya menggunakan mikrotik sebagari Pusat router pasti akan menggunakan Kabel LAN untuk menghubungkan Mikrotiknya dengan Modem dial up

Beda dengan kejadian saya beberapa tadi pagi, saat saya diminta untuk setting Mikrotik agar bisa Voucher-voucheran di sebuah kafe yang baru akan launching. Nah empunya kafe minta agar bisa dibuatkan Voucher biar customer yang makan atau minum di kafe tersebut bisa menikmati internetan menggunakan Voucher yang ia dapatkan.

Sumber internet yang digunakan di kafe ini adalah dari Telkom Indihome dengan paket 20Mbps dan RB951ui-2hnd sebagai Router dan server hotspotnya. Awalnya saya pikir ini pasti mudah saja, 20 menit bisa selesai. Saya pun mulai melakukan konfigurasi umum pada mikrotik, setelah selesai saya uji coba dengan melakukan Ping ke Modem dan hasilnya unreachable, begitupun juga ketika saya melakukan Ping ke DNS server hasilnya pun sama tak terhubung juga.

Saya sebenarnya mulai agak sedikit panik, karena saya kebingungan, apa penyebabnya, padahal settingan sudah benar, dan Gateway pun sudah benar yaitu 192.168.1.1 (Modem). Karena penasaran saya coba hubungkan laptop saya ke Wireless modem untuk memeriksa IP Address yang diberikan oleh modem, dan benar saja, IP yang saya dapatkan adalah 192.168.1.252 dengan Gateway 192.168.1.1.

Saya coba ping dan akses halaman konfigurasi modemnya melalui laptop haslinya pun tak ada masalah. Oh ia saya lupa juga menceritakan, bahwa kebetulan yang punya kafe ini ditawari oleh pihak telkom untuk dipasangkan @wifi.id di kafenya tersebut. Jadinya di modem Telkom Indhihome ZTE ini sudah terpasang 2 buah Kabel yaitu di Port 4 yang mengarah ke UseeTV dan Port 2 Yang mengarah ke AP Cisco yang digunakan oleh telkom untuk ssid @wifi.id . jadi yang tersisa hanyalah port dan port 4 saja

Kali ini saya mencoba menghubungkan langsung Laptop dengan Port 3 pada modem, dan hasilnya berbeda dengan seperti biasanya, karena indikator LAN pada laptop menunjukan bahwa laptop tidak dapat terhubung ke internet dengan adanya tanda seru berwarna kuning. Aneh, kalo lewat wireless bisa internetan, kok lewat kabel gak bisa, Saya pun mencoba cek IP Address laptop dan ternyata IP yang didapatkan laptop memang benar  berasal dari DHCP Server, namun IPnya berbeda dengan IP saat konek melalui Wireless, karena IP yang laptop saya dapatkan adalah 10.14.xx.xx dan saat saya akses gatewaynya gagal. Asumsi saya Port 3 ini pun ternyata sudah digunakan oleh Telkom untuk dijadikan Port @wifi.id juga. 

Tak hanya itu saja, Port 1 pun sama persis seperti Port 2 dan Port 3. alhasil tidak ada Jalan untuk saya menghubungkan Mikrotik dengan Modem menggunakan Kabel. Terbesit di pikiran saya untuk melakukan reset pada Modem, agar settingan modem kembali menjadi default agar bisa saya setting kembali, namun sebelum itu saya mencoba untuk meminta Penjelasan dari pihak telkom dengan menelpon Beberapa nomor telepon tekhnisi telkom yang kabarnya mereka inilah yang datang melakukan instalasi awal di kafe tersebut

Jawaban yang saya dapatkan adalah, Port 2 dan port 3 pada modem memang sudah disetting oleh pihak mereka untuk dijadikan port khusus @wifi.id dan itu tidak dapat diubah2 kembali. Sedangkan untu Port 1 bisa digunakan untuk internetan layaknya menggunakan Wireless. tapi kenyataanya Port 1 pun tidak bisa digunakan, akhirnya saya menawarkan pada tekhnisi telkom tersebut untuk memeriksa settingan mereka dan memperbaiknya segera dengan cara Meremot modem tersebut menggunakan IP Publik. Akhirnya jawaban klasik dari mereka pun keluar. yaitu "Sedang ada Gangguan Pak". saya karena tak mau mendengar jawaban seperti itupun akhirnya saya menjelaskan pada mereka bahwa saya tidak begitu buta untuk hal seperti ini, saya tau persis apa yang sedang terjadi karena itu saya ingin jawaban dengan bahasa tekhnis bukan jawaban ngaco kayak "Ada Gangguan Pak".

karena tak dapat jawaban, saya pun bergegas untuk melakukan reset pada modem, tapi sesaat sebelum saya mereset tiba-tiba saya dapat ide yaitu dengan menggunakan Interface wireless pada Mikrotik untuk dijadikan mode CLient untuk menggantikan Peran Kabel yang seharusnya tercolok di Port LAN modem. Mikrotik yang digunakan saat ini adalah RB951ui-2hnd yang include dengan wireless. Akhirnya Mikrotik pun bisa digunakan seperti biasanya, namun yang membedakan hanyalah Port yang mengarah ke internet yang biasanya menggunakan LAN kini diganti menggunakan Wireless.

4 komentar

saya pake indihome dari modem zte indihome saya pasang kabel LAN tapi ga konek, apa sama msalah yg mas hadapi sama saya masalah IP nya ya

Indikator di Modemnya gimana mas ?

ask gan: saya masi awam soal mikrotik, bisa tidak gan saya membatasi kecepatan pd internet speedy saya(zte)?, saya skrg gunain 2 ssid, 1pribadi, 1 umum, sya ingin membtasi ssid yg umum, apa bisa langsung lewat modem atau pakai mikrotik?
makasi sebelumnya gan

setau saya, gak bisa kalo cma modem aja, krena di modem kalo gak salah gak ada fitur Management Bandwidthnya...
jadi butuh Router yang punya fitur management BW kayak Mikrotik


EmoticonEmoticon