12 November 2016

Kisah PTP 100Km Luwuk - Toili menggunakan Rocket M5 + RocketDish 5G34dBi

Tags

Assalamualaikum
Hari ini saya ingin share sedikit pengalaman waktu PTP jarak 40Km menggunakan Radio Rocket M5 dan Antena RocketDish 34dBi. Pengalaman ini saya dapatkan saat saya bekerja di salah satu perusahaan di daerah saya yang bergerak di bidang perkebunan Kelapa sawit. Perusahaan ini mempunya beberapa site yang terdiri dari Head Office (H.O), 1 Pabrik dan Beberapa Kebun kelapa sawit. Project PTP ini dimaksudkan untuk banyak hal, beberapa diantaranya adalah, sebagai media informasi di tengah-tengah kebun & kebun yang jauh dari pemukiman Masyarakat, Sebagai media agar Sistem informasi yang berada di Head Office (H.O) bisa ikut terintegrasikan dengan site yang berada di Kebun maupun Pabrik.

Sebelum terlalu jauh saya mendongengkan pengalaman ini, ada sesuatu yang harus anda ketahui, sebenarnya PTP 100Km ini tidak dilakukan dalam 1 kali PTP melainkan 3 Kali PTP atau dilakukanya di tiga Titik untuk bisa menghubungkan setiap site yang saya sebutkan sebelumnya (H.O, Kebun dan Pabrik). Hal ini dilakukan dikarenakan medan atau yang tidak memungkinkan untuk dilakukanya Point To Point langsung dari H.O ke Pabrik, sebab antara H.O dan Pabrik terhalangi oleh 2 buah gunung yang sangat tinggi yang menyebabkan tidak memungkinkanya dibangun tower atau tiang untuk dipasangi Antena wireless.

Makanya Solusi 3 Kali PTP ini diambil sebagai jalan keluar yang paling masuk akal untuk digunakan menyelesaikan permasalahan halangan Gunung tersebut. Jarak antara H.O dan Kebun jika ditarik lurus dan diukur dari jarak udara hanya berkisar sekitar 80Km, namun dikarenakan dari H.O ke Pabrik harus melewati beberapa titik terlebih dahulu makanya Total jarak udara yang harus ditempuh menjadi sedikit lebih jauh, yaitu sekitar 100Km.
Kebeteluan, perencanaan project ini sudah dilakukan jauh jauh hari sebelum saya bekerja di Perusahaan ini. namun nanti setelah saya masuk bekerja di Perusahaan ini barulah Project ini bisa terlaksana, bukan karena ada saya, melainkan bertepatan saja mungkin sudah waktunya Project yang sudah lama jadi wacana ini harus segera di realisasikan. Nah untuk pemilihan perangkat dan segala sesuatunya pun tidak ada sedikitpun kontribusi didalamnya, intinya saat saya masuk di perusahaan ini, device atau perangkat seperti Rocketdish 34dBi dan Rocket M5 ini memang sudah disediakan sebelumnya, hanya menunggu untuk di Operasikan saja.

Ini beberapa Capture atau momen saat Antena Rocketdish dipindahkan digudang kantor
6 Buah RD 34dBi 

Cek kelengkapan dus sekaligus Numpang foto

Untuk settingan serta hal-hal tekhnis lain akan saya bahas di Artikel lainya :D


1 komentar so far

Hasilnya gmana mas ?? Bs tembus brp bandwidth ??
Sy jg sementara rencana PtP jarak 63 km. Topologi sbb :kota-bukit-pulau:
Kota--17km--bukit----46km----pulau
Mohon bantuannya mas


EmoticonEmoticon