14 June 2016

Cara Mudah Setting Auto Reboot Mikrotik (Script & Schedule Reboot Mikrotik)

Tags

Kali ini saya ingin share caranya agar Mikrotik Bisa Otomatis Reboot dengan memanfaatkan Fitur Script dan Scheduler yang sudah disediakan oleh Mikrotik. Tutorial ini saya tulis dikarenakan beberapa hari belakangan Beberapa client hotspot saya sering mengeluh dengan alasan susah Login Hotspot, berhubung saya tidak ada ditempat dan tidak ada akses internet untuk meremote mikrotik dari jauh, alhasil saya sering minta tolong kepada teman saya untuk melakukan restart/reboot Mikrotik dengan cara Plug/unplug kabel Powernya, karena hanya dengan direstart Client bisa login kembali. Entah karena Mikrotiknya udah tua atau kelebihan beban.

Setelah beberapa kali kejadian yang sama terulang, saya teringat dengan Fungsi Script dan Schedule yang ada di Mikrotik. Coba-coba eh ternyata berhasil, syukurlah dengan begini saya tidak perlu lagi Minta tolong orang lagi hanya untuk merestart Mikrotik. Jadi Ceritanya saya ingin melakukan Reboot Secara otomatis pada Mikrotik di setiap Jam 08 Malam disetiap harinya karena pada jam-jam inilah sering kali Mikrotik saya mengalami masalah dan minta untuk di restart.

Oke Cara Settingnya seperti ini


  • Login Ke Mikrotik Menggunakan Winbox
  • Klik System - Script - Lalu Tambah Script Baru
  • Name Script isi restart 
  • Source isi system reboot
  • lalu Klik OK
  • Selanjutnya bikin Schedule
  • Klik System - Scheduler - Lalu Tambah Schedule Baru
  • Name isi Reboot Otomatis
  • Start date di atur sesuai tanggal kapan script akan di mulai
  • Start Time di atur sesuai Waktu Kapan Script akan di mulai
  • Interval diatur jaraknya, karena saya ingin buat setiap harinya maka saya isi 1d 00:00:00
  • On Event di isi dengan Nama Script yang kita buat Pertama tadi (restart)
  • Lalu Klik Ok
  • Dan Selesai


Jika tidak ada kesalahan dan anda telah mengikuti dengan benar apa yang saya tulis diatas, seharusnya setiap jam 08 malam Mikrotik anda akan melakukan Reboot secara otomatis dengan sendirinya


Sekian dan Terima Kasih :D

2 komentar

terima kasih postingnya, saya coba apakah berjalan baik atau engga nih

Terimalasih k, ilmunya bermanfaat sekali


EmoticonEmoticon