30 January 2018

Tutorial Arduino dan LCD 16x2 Menggunakan Shift Register 4094

Assalamualaikum


Seperti pada artikel sebelumnya, agak sulit bagi saya untuk menemukam referensi penggunaan Shift Register 4094 pada LCF 16x2 karena kebanyakan tutorial yang ada seringkali menggunakan Shift register tipe 74HC595 yang tidak saya miliki

Memang sih, dari Pinout kedua shift register tersebut hampir mirip namun karena pada dasarnya saya juga baru belajar maka butuh petunjuk yang lebih benar benar pas dan sesuai.

Yang dipersiapkan
  1. Arduino Uno (Tipe lain juga bisa)
  2. LCD 16x2 
  3. Shift Register 4094 ( saya pakai HC4094BCN)
  4. Libraries New Liquid CrystalMaster

Langsung Wiringnya sepeti pada gambar dibawah ini

Penjelasan
  1. Dengan menggunakan Shift Register kita bisa menghemat banyak pin IO Arduino karena dengan begini hanya 3 PIN arduiono yang digunakan.
  2. Jika kontras layar ingin di atur langsung dari arduino maka dibutuhkan 1 Pin lagi untuk Backlight kontrasnya, tapi jika tidak suka bisa pakai Potensiometer saja
  3. Sumber power saya menggunakan dari arduino dengan mengambil dari Pin 5v dan GND
  4. Silahkan dipelajari penggunaan tiap perintah dari library ini dengan melihat contoh contoh program yang tersedia di menu example

Sekian dan Terima kasih


EmoticonEmoticon