18 December 2016

Driver Philips 7130 TV Tunner PCI Windows 7 64bit (x64)

Assalamualaikum
beberapa waktu yang lalu ada tetangg minta tolong untuk memperbaiki komputernya, katanya sih untuk anaknya yang masih kecil buat dipakein belajar ngetik. Pas waktu komputernya ketempat saya, saya kaget ngeliat keadaan komputer ini, udah gak layak pake lah kalo diliat sepintas. udah banyak periperhalnya yang udah ilang, kayak baterai CMOS yang udah gak ada, beberapa bagian motherboard yang karatan dan berdebu, Harddisk nya pula gak ada. dan kipas Power supplynya pun bermasalah karena gak mau mutar.

Nah, dimotherboardnya ada sebuah PCI Card yang terpasang disitu, dan jujur saja PCI Card yang seperti ini baru pertama kali saya lihat. saya coba tanyakan ke pemiliknya apa fungsinya, katanya dulu waktu komputer ini masih top di Zamanya, komputer ini dipake buat nampilin gambar dari CCTV biar bisa langsung direkam. dan supaya bisa masuk ke Komputer maka dipasanglah PCI tersebut.

Mungkin karena pemiliknya lihat saya sangat tertarik dengan PCI tersebut, akhirnya ia memberikanya kepada saya. karena udah dapat barang gratis makanya dengan segala cara saya berusaha memperbaiki komputernya dan alhamdulillah komputernya sudah bisa digunakan lagi.

Kembali ke PCI tadi. Setelah mencoba mencari informasi di Google, dengan kata kunci berupa tulisan yang ada di PCI card tersebut "Philips 7130" akhirnya saya baru tahu kalau itu adalah sebuah TV Tunner Internal atau biasa juga disebut TV Tunner PCI.

Karena penasaran, saya mencoba mencari situs resmi pembuat TV  Tunner ini untuk mendapatkan Drivernya, namun lumayan susah, kalaupun ada situs lain yang menyediakan Driver untuk TV Tunner ini, yang tersedia hanya untuk windows Xp dan paling tinggi hanya windows vista itupun hanya x86 saja.

Setelah mutar-mutar sana sini akhirnya saya menemukan sebuah Aplikasi Pemutar Video dari TV Tunner ini yang sudah Include sekalian dengan Drivernya. Setelah saya coba install ternyata benar, PCI TV Tunner ini sudah berhasil terdeteksi dan terinstall drivernya pada Komputer yang saya gunakan dengan sistem operasi windows 7 64Bit.

Saya coba pasang TV Kabel ke bagian port input antena yang ada pada PCI ini dan saya coba cari siaran dari aplikasi pemutarnya dan berhasil, saya bisa Nonton TV Kabel dari Komputer saya langsung berkat bantuan PCI TV Tunner Philips 7130 ini

Ada banyak driver dan aplikasi pemutar yang sudah saya Download, namun hanya ada 2 saja yang sukses dan berhasil memutar Video dari TV Kabel menggunakan PCI TV Tunner ini yaitu aplikasi Honestech TVR dan TV Expert. Untuk mendownloadnya sudah saya sediakan Linknya di akhir artikel ini

Sekian dan Terima kasih :D.

Download Honestech TVR + Driver
Download TV Expert + Driver

1 komentar so far

trimakasih gan kebetulan saya lagi cari driver ini juga smoga sukses


EmoticonEmoticon