Tutorial Cara Upgrade dan Downgrade OS RouterBoard Mikrotik | Catatan Lamers

09 July 2016

Tutorial Cara Upgrade dan Downgrade OS RouterBoard Mikrotik

  No comments
Proses atau cara Upgrade/Downgrade OS Mikrotik ternyata sangat mudah untuk dilakukan, karena itu kali ini saya ingin share cara upgrade/downgrade ini biar teman-teman yang mungkin belum tahu caranya bisa menjadi tahu :D

Untuk urusan alasan kenapa di Upgrade/Downgrade itu relatif, tergantung sudut pandang masing-masing orang saja. Untuk upgrade jelas tujuanya, Yaitu untuk mengganti OS lama yang mungkin memiliki kekurangan sehingganya di Upgrade ke versi terbaru yang diharapkan bisa menutupi kekurangan pada Versi sebelumnya. 

Sedangkan untuk downgrade, tiap orang pasti punya alasan yang berbeda, nah untuk saya sendiri, saya melakukan Downgrade dengan alasan saya sudah terbiasa atau familiar dengan Versi OS lama.

Upgrade OS

Sebagai contoh, kali ini saya menggunakan Mikrotik RB750 dengan OS Versi 5.26 didalamnya.
Untuk Upgrade OS pada RB750 yang dbutuhkan hanyalah Aplikasi Winbox dan Koneksi Internet.
Pastikan Mikrotik anda sudah bisa terhubung ke internet, kalau belum Silahkan baca tutorial saya tentang "Setting Mikrotik".

Untuk mengetahui Versi OS yang terinstall di Routerboard anda bisa dilakukan melalui winbox pada menu System-Packages
Dari gambar diatas bisa dilihat OS yang digunakan adalah Versi 5.26 dan kita ingin mengupgradenya ke Versi terbaru degan cara cukup klik Tombol Check for Updates
Nah terlihat pada gambar diatas muncul Informasi tentang adanya OS Versi terbaru yang bisa untuk digunakan menutup kekurangan-kekurangan pada OS versi lama. Namun sekali lagi saya ingatkan, untuk upgrade OS dengan cara seperti ini dituntut Mikrotik harus sudah bisa terhubung ke Internet agar bisa mengecek pembaharuan OS langsung dari Internet.

Cukup dengan menekan Tombol Download & Upgrade maka mikrotik akan otomatis mendownload file Instalasi OS terbaru, dan jika telah selesai mendownload, mikrotik akan Otomatis melakukan Reboot/Restart untuk melakukan Instalasi OS Terbaru, lama prosesnya kira-kira 5 menit.
 
 Video Tutorial Upgrade OS Mikrotik

Downgrade OS

Sama halnya seperti proses upgrade diatas, untuk melakukan Downgrade OS Mikrotik bisa dilakukan melalui winbox. Namun untuk yang satu ini, mikrotik tidak harus internet, karena nantinya File OS bisa kita download dari PC lain dan setelah selesai baru dimasukan ke dalam Mikrotik.
 
Untuk mendownload File OS bisa diambil dari situs mikrotik yaitu www.mikrotik.com/download. Pemilihan file haruslah tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Maksud saya, Jika anda menggunakan RB750 maka file OS yang dipilih adalah yang bernama MIPSBE, dan jika menggunakan Mikrotik jenis hAp lite maka yang dipilh SIMPS dan sedangkan untuk Mikrotik RB230 atau Mikrotik x86 maka yang dipilih adalah file X86.
 
Karena pada kesempatan kali ini saya menggunakan RB750 maka saya memilih jenis MIPSBE versi 5.26. Ingat yang didownload adalah yang berekstensi .npk makanya yang diklik adalah Main Package
Setelah didownload Buka Winbox dan buka menu File
Lalu klik drag/Klik tahan lalu seret file .npk tadi kedalam Menu file di winbox
Jika sudah di Upload, selanjutnya buka menu System - Packages lalu Blok seluruh isinya dengan menekan CTRL + A Lalu Klik Downgrade, Maka mikrotik akan otomatis melakukan Reboot/Restart untuk melakukan Proses Downgrade.
Video Tutorial Downgrade OS Mikrotik

No comments :

Post a Comment