Penting untuk diketahui - Cara cek kecepatan Internet | Catatan Lamers

13 July 2016

Penting untuk diketahui - Cara cek kecepatan Internet

  No comments
Saat anda membaca artikel ini, saya yakin dan percaya pasti anda sedang terhubung ke internet bukan ? (Online) :D hehehe. Nah artikel ini akan membahas "Cara Mengetahui Kecepatan Internet" yang anda gunakan.

Dulu, dunia internet di Indonesia hanya dikuasai oleh satu perusahaan Internet Services Provide (ISP) Yaitu PT Telkom Indonesia sebuah badan usaha milik negara. Namun beda halnya dengan hari ini dimana sudah banyak sekali ISP yang bermunculan, sebut saja beberapa diantaranya MyRepulic & MNCPlaymedia.

Tak mau kalah dengan ISP tersebut diatas, Perusahaan Telekomunikasi seluler pun ikut meramaikan pasar Penyedia Internet dengan Tekhnologi 3G dan sekarang 4G dengan tawaran-tawaran paket internet yang berbeda-beda pula. 

Selain perusahaan-perusahaan ISP besar tersebut, lahir pula Mikro ISP yang mencover wilayah dalam radius yang relatif kecil seperti perumahan, Atau biasa dikenal dengan istilah RT/RW Net. salah satu Alasan lahirnya RT/RW Net ini sendiri dikarenakan perusahaan raksasa seperti Telkom belum bisa menjangkau seluruh warga Indonesia, khususnya di daerah pelosok.

Kembali ke topik, darimanapun asal Internet yang anda gunakan saat ini, entah dari ISP Raksasa seperti Telkom, Atau dari Perusahaan Selular, atau mungkin dari RT/RW Net pastinya anda akan mendengar Istilah Bandwidth. Bandwitdth sendiri adalah sebuah nilai Konsumsi transfer data yang dihitung bit/detik atau bahasa lainya bit per second (bps). Atau bahasa mudahnya Bandwidth adalah satuan kecepatan Internet.

Umumnya, Bandwitdth menjadi sebuah tolak ukur akan Harga dari sebuah paket layanan Internet yang di tawarkan Oleh ISP. Contohnya sekarang ini, PT Telkom Indonesia menghadirkan sebuah Layanan baru yang bernama Indihome Fiber Triple Play (3P) dengan beberapa jenis paket contohnya 10Mbps dan 20Mbps, dan untuk pengguna Indihome yang masih menggunakan Kabel tembaga di siapkan Paket 3Mbps dan 5Mbps.

Mengetahui kecepatan internet yang anda gunakan merupakan hal yang penting untuk anda ketahui, Karena bisa saja anda tertipu dengan hal ini. contohnya anda membayar Sekian rupiah untuk sebuah paket Internet dengan Kecepatan 20Mbps, namun Kecepatan yang anda dapatkan hanyalah 10Mbps. Nah jika ada kejadian seperti ini, artinya ada yang dirugikan. Maka dari itu Pengetahuan tentang kecepatan Internet yang anda gunakan Menjadi mutlak untuk anda ketahui.

Mungkin anda pernah mendengar sebuah paket Internet dengan Bandwitdth 512Kbps atau 1024Kbps(1Mbps) dan lainya. Biasanya orang akan langsung beranggapan jika mendownload lagu dengan ukuran 3MB dengan kecepatan Internet 1Mbps maka hanya dibutuhkan waktu 3 detik. Anggapan ini adalah salah besar!!!. Kenapa ?, karena satuan yang digunakan Oleh ISP dalam mempromosikan Paket Internetnya adalah bit Bukan Byte. 1 Byte = 8 bit, maka untuk mendownload lagu dengan ukuran 3MB dan dengan Kecepatan internet 1Mbps membutuhkan waktu 23.4 Detik

Bingung ?, mari kita bahas lebih jauh tentang bit dan byte ini. bit dan byte memang serupa namun berbeda. byte adalah suatu nilai ukur besaran sebuah data digital, seperti untuk menilai besarnya ukuran sebuah file seperti lagu(mp3) video, gambar atau File lainya. Lihat gambar dibawah ini untuk melihat Penggunaan Byte

Contoh Penggunaan Satuan byte
Besaran data Lagu dalam Megabyte
Sedangkan bit adalah sebuah data terkecil dari data digital dalam bentuk besaran data. Saat anda mentransfer sebuah file (Upload maupun Download), maka data tersebut akan dikirimkan dalam bentuk partikel-partikel bit.  

Kadang orang merasa tertipu dengan dengan paket yang ditawarkan oleh ISP, yang katanya 1024Kbps tapi pas digunakan mendownload Malah hanya sampai 128KBps. Ini sebenarnya wajar, ISP tidak menipu melainkan kitanya saja yang tidak memahami perbedaan Byte dan Bit. ISP menjual dalam satuan bit sedangkan rata-rata Downloader menggunakan satuan Byte. Lihat contoh gambar download dibawah ini

Perhatikan gambar diatas, Kecepatan internet yang saya gunakan adalah Upto 1Mbps (bisa lebih,bisa kurang) namun sewaktu saya Mendownload, kecepatan berada dikisaran 128KBps. ini artinya Bandwidth yang saya sewa dari ISP sudah sesuai karena 1Mbps = 1024KBps / 8Bit menghasilkan 128KBps. Nah dengan begini anda sudah bisa mengetahui kecepatan intenet yang anda bayarkan ke ISP sudah sesuai atau belum.

Selain dengan Menggunakan Downloader seperti Internet Download Manager (IDM), anda pun bisa mengunjungi situs speedtest.net untuk menguji kecepatan internet anda

Jika IDM menggunakan satuan Byte, beda halnya dengan situs speedtest.net yang menggunakan satuan bit. Nah disini akan lebih terlihat jelas berapa bandwidth yang kita dapatkan dari ISP
  • B = byte
  • b = bit
  • KBps (Kilobyte per second)
  • Kbps (Kilobit per second)
  • 1 byte = 8 bit
  • 128 Kbps: 128/8= 16 KBps
  • 256 Kbps: 256/8= 32 KBps
  • 384 Kbps: 384/8= 48 KBps
  • 512 Kbps: 512/8= 64 KBps
  • 1 Mbps(1024Kbps) : 1024/8= 128 KBps
Untuk lebih memperdalam pengetahuan akan kecepatan internet silahkan simak Pertanyaan dan Ulasan dibawah ini

Pertanyaan 1 : Sebuah file PDF dengan Ukuran 2MB (Mega Byte) atau 2048KB(Kilo Byte) akan kita download dari internet dengan kecepatan Internet kita yaitu 256Kbps. Pertanyaanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendownload File tersebut ?

Jawaban 1 : Ubah terlebih dahulu nilai kecepatan Internet 256Kbps (Kilo bit Per Second) ke satuan Byte dengan cara 256/8 Menghasilkan angka 32 artinya, 256Kbps(bit) = 32KBps (Byte). Selanjutnya adalah Membahagi ukuran file dengan Kecepatan internet dalam satuan Byte tadi. 2048/32 menghasilkan nilai 64. Artinya untuk Mendownload file dengan ukuran 2048KB dengan Kecepatan 32KBps akan membutuhkan waktu 64 Detik atau 1 Menit 4 detik

Pertanyaan 2 : Sebuah Video dengan ukuran 50MBps akan didownload dengan kecepatan 2Mbps, Berapa waktu yang dibutuhkan untuk mendownload file terebut ?

Jawaban 2 :
  • 2Mbps = 2048Kbps  (Mega bit dikonfersi ke Kilo Bit)
  • 2048Kbps / 8 = 256KBps (Nilai bit yang dikonfersi ke Byte)
  • 50MB = 5120KB (Ukuran Video dalam satuan Mega Byte di ubah Ke satuan Kilo byte)
  • 5120/256 = 50 Detik (Ukuran Video dibahagi Kecepatan menghasilkan waktu )




No comments :

Post a Comment