06 June 2016

Cara Setting Ubiquiti NanoBridge M2 Sebagai Client

Tags

NanoBridge M2 Merupakan Produk keluaran Uiquiti yang bekerja di Frekuensi 2.4Ghz, NBM2 (NanoBridge M2) dilengkapi dengan Antena solid Dish dengan Gain 18dBi dan di perkuat lagi dengan Power pada radio 2.4Ghz sebesar 200mW. dengan demikian NBM2 sangat Cocok untuk di gunakan pada mode PTP. Sebenarnya untuk melakukan setting NBM2 ini sama saja seperti melakukan konfigurasi pada Produk-produk ubiquiti lainya seperti yang pernah saya tulis sebelumnya "Setting NanoStation M5" dan "Setting Bullet M2 HP".

Pada kasus kali ini saya melakukan PTP (Point To Point) dengan Jarak kira-kira 1.5 KM dengan AP Pusat menggunakan Produk TP-LINK WA5210G dan NanoBridge M2 sebagai Client.

  1. Setting IP Address Laptop/PC yang akan digunakan melakukan konfigurasi NBM2 ini menjadi sekelas dengan IP Default NBM2 (192.168.1.20 adalah IP Default Perangkat UBNT)
  2. Pasang Kabel LAN di PC/Laptop lalu hubungkan dengan Colokan LAN yang ada di POE Adaptor
  3. Pasang Kabel LAN di NBM2 lalu hubungkan dengan Colokan yang berlabel POE pada POE Adaptor
  4. Colok POE Adaptor pada Colokan Listrik
  5. Buka Browser di Laptop/PC Anda (Firefox/Chrome)
  6. Ketik IP NBM2 di Address bar lalu Enter (192.168.1.20) Lalu masukan Username dan password NBM2 anda (Defaultnya ubnt:ubnt)
  7. Klik Wireless lalu Ikuti seperti yang ada di gambar dibawah ini
  8. Setelah anda menekan tombol "Select" Maka akan muncul popup baru yang berisi informasi wireless yang ada disekitar anda lalu pilih yang akan dihubngkan dengan menggunakan radio Button yang ada di samping BSSID lalu Klik Change
  9. Pindah ke Tab Network lalu pastikan pada Pilihan Network Mode anda memilih Bridge
  10. Sampai pada tahap ini, Seharusnya NBM2 sudah terhubung dengan AP 5210G dengan cara meilhat status Koneksi pada tab MAIN
Yang perlu diperhatikan Selain Signal Strength yang bagus anda pun harus mendapatkan Transmit CCQ yang bagus pula. Semakin besar angkanya (CCQ) maka semakin bagus pula Koneksi yang anda dapatkan, dan untuk mendapatkan Signal & CCQ yang bagus caranya adalah dengan melakukan Pointing yang baik dan benar dan tak lupa pula untuk melakukan Beberapa perubahan pada Menu2 NBM2 Seperti Output Power dan Distance pada Tab Advance.

8 komentar

Kalo ptp jarak 10km gimana omom??

NBM2 maksimal brp KM untuk PTP?

Gan, di sekitar saya ada banyak wifi tapi ko pas di select gak ada yg terdeteksi? Knp ya?

Bisa jadi wifi di sekitar pke 2.4ghz
Trus antena punya agan 5ghz
Jdi gak ketemu

Cara cari tau antena saya brp ghz, gimana caranya? Tpi di situ tertulis scanned frequencies 5,75ghz dan lain lain

nah itu berarti udah jelas perangkat pnya agan bekerja di freq 5Ghz..krna kalo radio 2.4 gak mungkin ada tulisan kayak gitu (Scanned Frequecies 5.75ghz)

Untuk mengetahui freq kerja dari perangkat, biasanya pada tipe ada angkanya gan
contoh Nano Station 2 (NSM2) untuk freq 2.4 , Nanostation 5 (NSM5) untuk freq 5Ghz
Powerbeam M5 Untuk freq 5, Powerbeam M2 untuk Freq 2.4 , Airgrid M2 untuk 2.4 airgrid m5 untuk 5ghz begitu seterusnya


EmoticonEmoticon