23 February 2018

Rangkaian Audio Amplifier Sederhana dengan IC LM386

Assalamualaikum
Artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya membuat sebuah Mini Amplifier sederhana menggunakan IC LM386. Rangkaian ini cocok untuk pemula seperti saya, karena cara membuatnya yang sangat mudah dan juga komponen-komponen nya pun dengan mudah bisa kita dapatkan.

Sudah banyak Contoh rangkaian audio amplifier Menggunakan IC LM386 ini yang berterbaran di Blog blog lain, Rangkaian yang akan saya share ini pun bisa dibilang hampir mirip dengan rangkaian-rangkaian lainya bahkan mungkin anda akan menemukan rangkaian yang sama persis dengan yang saya share ini, karena pada dasarnya semua rangkaian Amplifier LM386 didasari oleh rangkaian Minimum yang kemudian di modifikasi dengan selera masing-masing namun pada dasarnya kesemuaan itu sama saja hanya saja mungkin berbeda pada kualitas hasil output audionya saja.

Sebelum masuk ke komponen dan rangkaian ada baiknya anda perhatikan gambar dibawah ini untuk mengetahui Pinout atau fungsi dari masing-masing kaki IC LM386.
Rangkaian Minimumnya adalah seperti pada gambar dibawah ini dengan Gain atau penguatan sebesar 20x
Untuk meningkatkan Gain sampai 200x anda cukup menghubungkan Pin 1 dan 8 menggunakan sebuah Kapasitor

Komponen yang dibutuhkan

  1. IC LM386
  2. Potensio 10K
  3. Resistor 10 Ohm
  4. Elco 220uF 16v/25v 2 buah
  5. Elco 100uF 16v/25v 1 buah
  6. Elco 10uF 16v/25v 1 buah
  7. Kapasitor Mylar 474j
  8. Jack Audio 3 Pin
  9. Speaker 8 Ohm
Jalur Scehmatic atau rangkaianya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini
Catatan :

  • Nilai C2 pada Gambar diatas seharusnya bernilai 220uF
  • Untuk Jack Audio , disini saya menggunakan headset bekas yang memiliki 3 Kabel, 1 Untuk Right (Kanan), 1 Left(Kiri) dan 1 lagi Ground. Karena rangkaian ini merupakan Rangkaian audio mono maka kabel left dan right disatukan saja untuk jadi input audionya. Untuk mengetahui fungsi masing-masing kabel saya menggunakan Avometer dengan cara Kabel yang terhubung ke Bagian paling besar pada ujung jack audio adalah Ground secara otomatis, ke 2 kabel lainya adalah Left dan Right.
  • Input Power DC bisa berasal dari Charger Hp (5v) namun untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus disarankan minimal tegangan adalah 9v tapi jangan sampai lebih dari batas tegangan kerja IC LM386.
Berikut penampakan simple mini audio Amplifier yang telah saya solder pada papan PCB

Sekian dan Terimakasih 
wassalam


EmoticonEmoticon