22 January 2019

Memperbaiki Solder Uap yang tidak mau Panas

Assalamualaikum
Beberapa hari yang lalu setelah sekian lama akhirnya terwujud juga salah satu keinginan saya yang sudah cukup lama saya rencanakan yaitu Memiliki Blower atau biasa di sebut Solder Uap. 

Solder Uap yang saya beli ini bermerek QUICK 858D Digital tapi bukan yang original melainkan KW/Tiruannya. Blower ini saya beli dari Toko online dengan harga yang relatif murah yaitu sekitar setengah dari harga Blower Quick 858D Originalnya. Sengaja saya beli bukan yang original dikarenakan budget yang terbatas dan juga ini Solder Uap pertama jadi saya anggap ini hanya sekedar untuk coba coba saja dulu alias untuk di pake belajar dulu. Nanti kalo udah agak mahir baru beli yang agak bagusan dikit, itupun kalau ada rejeki Lebih :D.

Setelah menunggu lebih dari seminggu akhirnya kiriman dari JNE berupa Solder uap yang ditunggu tunggu akhirnya sampai juga dirumah, Langsung saja saya coba biar bisa dikonfirmasi ke penjualnya. Setelah dicoba beberapa kali akhirnya saya pastikan Solder Uap ini dalam keadaan baik dan sudah bisa saya konfirmasi ke penjualnya tanpa perlu melakukan Klaim apapun.

Besoknya ketika saya mau nyobain lagi eh tiba tiba Solder Uap ini tidak mau Panas, walaupun saya sudah menyetel temperatur melalui tombol yang ada di mesinnya tetap saja Blower tidak mau panas, kalau anginya sih keluar dan bisa di atur melalui knob yang ada di mesinnya. Sedih, namun mau bagaimana lagi, yang namanya versi KW pasti kualitasnya pun dibawah alias cepat rusak kayak gini atau mungkin sayanya yang lagi yang apes ya.

Langsung tuh saya hubungi penjualnya, dan beruntung setelah diskusi dengan penjualnya dia mau bertanggung jawab Namun ada 1 masalah, yaitu untuk proses pengembalian barang ongkos kirim pulang baliknya saya yang tanggung. Nah Ongkos kirim Pulang balik dari Toko ke Rumah saya sudah setengah dari harga Blowernya, ini dia yang bikin saya galau lagi.

Dengan sangat terpaksa saya urungkan niat saya untuk mengkalim garansi mengingat biayanya yang kurang sebanding. dan akhirnya saya putuskan untuk memberanikan diri untuk mencoba mencari tahu penyebab masalah pada Blower Quick 858D Digital KW ini siapa tahu bisa saya perbaiki.

Yang pertama kali saya curigai adalah terdapat masalah pada gagangnya, karena itu langsung saya coba bongkar dengan melepas 2 buah baut yang terdapat di gagang Solder uap ini. Didalmnya terdapat sebuah kipas angin, rangkaian elektronik, dan elemen pemanas. Tidak ada bagian yang terlihat rusak, semua komponen terlihat baik-baik saja dan tidak ada kabel atau jalur yang putus, oleh karena itu saya berasumsi kuat bahwa masalah ada pada Elemen pemanasnya.

Dengan perlahan saya mencoba membuka gulungan kertas timah yang membungkus elemen pemanas (entah apa namanya) agar tidak rusak dan masih bisa digunakan kembali. gulungan kertas tersebut ternyata terdapat kawat yang berbentuk per dan melingkar lingkar. Namun jelas terlihat kawat ini sudah putus dan inilah penyebab solder uap saya tidak bisa panas.
Toko toko elektronik di kota saya tidak ada yang menjual sparepart elemen pemanas seperti ini, adanya hanya di toko online saja, Jadi saya mencoba menyambungkan kembali kawat yang putus tadi, dengan cara melilit2 kedua bagian yang putus menjadi 1 bagian dengan harapan dengan cara seperti ini blower bisa Panas kembali.
Setelah saya rakit kembali semua bagian seperti semula, tiba waktunya yang mendebarkan yaitu uji coba apakah masih bisa digunakan atau harus beli elemen baru dan menunggu 7 hari lagi. Dan hasilnya ternyata sangat menggembirakan ternyata Solder uap/Blower bisa kembali panas dan berfungsi selayaknya solder uap pada umumnya.

Sampai dengan hari ini solder uap yang tadinya rusak sudah saya gunakan seminggu lebih semenjak saya menyambung kawat elemen pemanas, dan keadaanya masih baik baik saja. Namun buat jaga-jaga saya membeli beberapa buah elemen pemanas buat si Blower ini dari toko online, sekiranya suatu saat nanti bagian yang rusak pada elemennya sudah tidak bisa diperbaiki lagi, maka bisa langsung diganti karena saya sudah punya sparepartnya

Oke sekian Pengalaman saya ketika mencoba memperbaiki Blower / Solder Uap digital Merk Quick 858D KW yang tidak bisa panas dengan menyambung kawat elemen pemanasnya.

Sekian dan terimakasih
Wassalam


EmoticonEmoticon