25 May 2017

Tutorial Flashing Oppo Neo 3 / Oppo R831K Menggunakan SP Flash Tools

Tags

Setelah sukses memperbaiki Oppo Yoyo (R2001)  Milik teman yang katanya Bootloop, kini saya kebanjiran orderan servis. Padahal nyatanya saya sendiri hanya mengandalkan Google sebagai penjawab setiap pertanyaan yang di lontarkan kepada saya dan tak mampu untuk saya jawab.

Kali ini ada sebuah smartphone yaitu Oppo Neo 3 atau Oppo R831K yang mengalami sedikit masalah berupa muculnya pesan error "error message unfortunately the process com android phone has stopped " . Dari Notifikasi tersebut saya bisa mengenali beberapa hal penyebab hal ini terjadi, dan juga saya punya beberapa solusi dari setiap penyebab tersebut, mulai dari Hapus dalvik Cache, Format data & Cache, Nonaktikan Time Auto Sync dan lainnya.  Namun ternyata kesemuaan Cara tersebut belum memberikan hasil yang memuaskan untuk saya

Mau tidak mau akhirnya saya memtutuskan untuk melakukan Flashing sebagai langkah akhir untuk menangani permasalahan ini.

Bahan-Bahan Flashing

Langkah Kerja
  1. Untuk melakukan Flashing pada Oppo Neo 3 menggunakan SP Flash tools sebenarnya langkah-langkah sama saja seperti melakukan Flashing pada Smartphone lainya Khususnya Oppo, yaitu dimulai dengan menginstall Driver USB yang bisa di download melalui link diatas
  2. Selanjutnya Extract File Firmware Oppo R831K
  3. Jalankan Aplikasi SP Flash Tools
  4. Setelah aplikasi SP Flash Tools Terbuka, Klik Scatter Loading lalu arahkan ke folder Hasil Extract firmware Oppo R831K tadi lalu pilih file Scatter loadingnya
    Tutorial Flashing Oppo Neo 3 / Oppo R831K Menggunakan SP Flash Tools
  5. Preloader dan UBoot tidak perlu di centang
  6. Pastikan pada menu Dropdown terpilih Download Only lalu klik Download
  7. Matikan Smartphone Oppo Neo 3 anda lalu Copot Baterainya
  8. Dalam keadaan tanpa baterai, Tekan dan tahan tombol Volume UP lalu colok kabel USB
  9. Jika Driver telah berhasil terinstall tanpa masalah, maka otomatis, SP Flash Tools akan otomatis mendeteksi adanya Device dan otomatis pula Proses Flashing akan berjalan
    Tutorial Flashing Oppo Neo 3 / Oppo R831K Menggunakan SP Flash Tools
  10. Tunggu hingga proses flashing selesai, sampai muncul notifikasi sukses.
    Tutorial Flashing Oppo Neo 3 / Oppo R831K Menggunakan SP Flash Tools
  11. Copot kabel USB lalu pasangkan Baterai kembali dan Hidupkan Smartphone Oppo Neo 3/ R831K dengan menekan tombol Power
  12. Selesai


Sekian dan Terima kasih
Wassalam



EmoticonEmoticon