20 March 2018

Rangkaian Remot Perangkat Elektronik menggunakan DTMF CM8870 Tanpa Microcontroller

Assalamualaikum
Pada project kali ini saya sedang membuat sebuah rangkaian yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat menggunakan IC CMOS DTMF Receiver yaitu IC CM8870PI.
Rangkaian Remot Perangkat Elektronik menggunakan DTMF CM8870 Tanpa Microcontroller
Komunikasi data tanpa kabel yang berfungsi Untuk mengendalikan sebuah perangkat dari jarak yang jauh memang sudah bukan hal yang spesial sekarang ini. Dengan menggunakan media Infrared ,Bluetooth, wireless dan lainya, sebuah perangkat atau alat bisa berkomunikasi dengan perangkat lain tanpa terhubung langsung menggunakan kabel fisik sehingganya banyak dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari seperti Remot TV, AC, MP3 player dan masih banyak lagi.

Pada Artikel sebelumnya tentang Kontrol lampu menggunakan Bluetooth, Arduino digunakan untuk berkomunikasi dengan Lampu yang terhubung menggunakan sebuah media Bluetooth yang berfungsi Meng-On kan ataupun Meng-Off kan Lampu yang diputus dan disambungkan melalui Sebuah modul relay. Karena jarak jangkauan maksimal Bluetooth hanya sekitar beberapa meter menjadikan bLuetooth maka Peran Bluetooth bisa digantikan dengan Media lainya seperti Wireless mengingat wireless bisa diperluas jangkauanya dengan adanya perangkat tambahan yang berfungsi sebagai repeater.

Jika jarak jangkauan yang dibutuhkan sangatlah jauh maka budget yang dibutuhkan untuk membangun infrastruktur Repeater menjadi besar pula. Maka pada titik ini Wireless dinilai kurang efisien sehingga bisa digantikan menggunakan media Internet namun dengan syarat perangkat pengontrol dan yang dikontrol harus sama-sama terhubung ke internet untuk bisa saling berkomunikasi. 

Salah satu trik yang bisa di gunakan untuk mengatasi masalah-masalah Jarak jangkau sebuah alat kontrol bisa di atasi dengan memanfaatkan Layanan GSM (SMS Ataupun Telepon) Operator Seluler. 

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba membuat sebuah alat untuk mengendalikan Perangkat Listrik dari jarak jauh menggunakan IC DTMF Receiver menggunakan media Penghubung Telepon selular atau handphone. Alat ini dibuat tanpa bantuan Microcontroller jadi mudah dibuat oleh siapa saja.

Sewaktu saya browsing di internet mengenai IC DTMF CM8870PI ini saya baru tau kalau ternyata IC ini bisa dibilang sudah jadul dan Rangkaian Kontrol relay menggunakan DTMF ini pun sudah lama diaplikasikan sebagai remot jarak jauh.

Pada gambar dibawah ini diperlihatkan rangkaian standar penggunaan IC DTMF CM8870PI
Rangkaian Remot Perangkat Elektronik menggunakan DTMF CM8870 Tanpa Microcontroller
Pada rangkaian diatas Jika pada kaki Q1 s/d Q4 (Output) di pasang sebuah led maka led tersebut akan menyala sesuai Tone atau nada yang masuk ke IC yang berasal dari keypad handphone. Untuk membuat rangkaian diatas bisa berfungsi mengendalikan alat elektronika maka rangkaian diatas perlu di ubah sedikit.

Komponen yang saya gunakan untuk membuat Alat ini adalah sebagai berikut :

  • 1 buah Regulator 7805
  • 1 buah IC DTMF CM8870PI
  • 1 buah Crystal Osc 3.579545 Mhz
  • 1 buah Resistor 1M Ohm
  • 1 buah Resistor 10K Ohm
  • 1 buah Resistor 330K Ohm
  • 2 buah Resistor 22K Ohm
  • 2 buah Resistor 33K Ohm
  • 2 buah Resistor 470 Ohm
  • 2 Buah Kapasitor Keramik 0.1uf (104)
  • 2 Buah Relay 5v/6v/12v (Terserah)
  • 2 Buah Dioda IN4007
  • 2 Buah Transistor NPN (s9014 p)
  • 2 Buah Led indikator (Merah)
Rangkaian bisa anda lihat pada gambar di bawah ini
Rangkaian Remot Perangkat Elektronik menggunakan DTMF CM8870 Tanpa Microcontroller
Rangkaian Kendali Relay Menggunakan DTMF Receiver
Note: Transistor Q1 dan Q2 keliru, harusnya bukan 2n2222, yang saya gunakan adalah S9014

Penjelasan :

Pada rangkaian diatas saya menggunakan Tegangan 12VDC untuk menggerakan koil relay, karena kebeteluan saya menggunakan Relay 12V maka tentu saja membutuhkan 12V untuk membuat relay bisa bekerja. Selain untuk menggerakkan Relay, tegangan 12VDC ini juga digunakan untuk mengaktifkan IC DTMF namun sebelum masuk ke IC, Tegangan 12V tersebut diturunkan dulu menjadi 5V menggunakan Regulator 7805 karena, jika tegangan yang masuk ke IC lebih dari 5V bisa menyebabkan kerusakan pada IC.

2 Buah Led pada rangkaian sifatnya optional saja, alias tidak harus ada. Pada rangkaian diatas saya sengaja menggunakan Led dengan tujuan hanya sebagai indikator Relay dalam keadaan ON atau Off. Jadi jika anda tidak ingin menggunakan Led indikator otomatis Resistor R8 dan R9 pun tidak perlu digunakan.

Transistor Q1 dan Q2 yang saya gunakan adalah jenis NPN dengan tipe S9014 (Kebetulan cuma itu yang saya punya) berfungsi sebagai saklar untuk mengaktifkan Relay. Jadi saat Output Pin 11 pada IC 8870PI menjadi HIGH (5V) maka tegangan akan melewati R6 dan selanjutnya ke kaki Basis Transistor S9014 yang menyebabkan Transistor berada dalam keadaan Saturasi sehingga bisa meng-On-Kan Relay. Transistor bisa diganti dengan tipe NPN lainya, namun jika anda mengganti transistor dengan tipe lain otomatis Nilai Resistor yang terhubung ke kaki Basis pun harus diubah.

Crystal Oscilator yang terhubung di kaki 7 dan 8 IC DTMF haruslah Crystal 3.579545 Mhz karena itu sudah ketentuan berdasarkan datasheet IC 8870 tersebut. jadi tidak bisa menggunakan Crystal Osc dengan frekuensi selain itu.

Untuk input tone atau audio sebaiknya menggunakan Jack Audio Mono karena lebih mudah. Jadi cukup hubungkan kabel Audio dari Jack Mono ke Pin No 2 pada J2 dan Kabel Ground ke Ground. Namun jika anda menggunakan kabel Jack Stereo, maka kabel R dan L (Right & Left) disatukan saja dan dihubungkan ke pin No 2 pada J2 dan Ground tetap ke Ground

Pada penerapanya saya menggunakan Handphone Nokia Jadul sebagai sumber tone atau nada DTMF. Dari yang sudah saya coba, ada beberapa jenis handphone/Smartphone yang tidak support dengan rangkaian ini jadi solusinya adalah dengan merubah ukuran transistor pada kaki 2 IC. Oh ia selain itu saya mendapati saat menggunakan Hanphone yang berbeda maka Outputnya pun berbeda. Contoh saat menggunakan Hanphone Nokia Q1 (Pin 11) Akan aktif jika di tekan tombol 8 pada Keypad Hanphone dan Nonaktif (LOW) saat di tekan tombol 9. Namun saat saya menggunakan Smartphone Xiaomi Tombol yang digunakan untuk Mengaktifkan Q1 sudah bukan tombol angka 8 dan 9 lagi melainkan 1 dan 2.

Pengoperasianya pun sangat mudah, Di Handphone yang terhubung ke Alat ini disetting dulu pengaturan panggilannya menjadi Auto Answer agar supaya saat ada telepon masuk bisa otomatis langsung dijawab. Jadi saat kita menelepon ke Handphone tersebut dari Handphone lain otomatis akan dijawab dan saat kita menekan Keypad atau angka2 pada Handphone, Suara atau nada dari tombol-tombol tersebut akan terdengar pula di Handphone penerima yang mana nada2 tersebut di teruskan ke IC DTMF melalui Kabel Audio sehingga bisa merubah nilai Output IC dari LOW ke HIGH ataupun sebaliknya.
Rangkaian Remot Perangkat Elektronik menggunakan DTMF CM8870 Tanpa Microcontroller

Oke rasanya sudah capek saya mengetik jadi sebaiknya diakhiri saja sampai disini
Mohon maaf jika penjelasan terlalu panjang dan bertele-tele atau mungkin penjelasan saya diatas agak membingungkan ataupun keliru, karena pada dasarnya saya pun masih dalam tahap belajar dan masih banyak kekurangan

Sekian dan Terimakasih
Wassalam









1 komentar so far

Ijin Pak, bisa minta nomor WA nya tidak ? Mau belajar DTMF Pak


EmoticonEmoticon