29 January 2017

Bypass Factory Reset Verification (FRP) / Google Verification pada Android Coolpad E570

  7 comments
Assalamualaikum
Akhirnya saya bisa sedikit bernafas lega, bagaimana tidak, sore tadi, tepatnya pas abis sholat magrib datang teman kerumah minta tolong untuk membuka Androidnya yang terkunci dan membutuhkan akun Google untuk membukanya.

Kronologisnya, katanya si pemilik Coolpad E570 ini, android yang dia pake udah lemot, jadinya tanpa pikir panjang langsung deh dia Reset kembali ke pengaturan pabrik. Nah pas udah selesai Reset dan Coolpad udah nyala barulah dia kaget ternyata setelah selesai reset dia harus bertemu dengan Factory Reset Verification. yang mana pemilik android harus login terlebih dahulu menggunakan akun Google yang ia gunakan sebelum Di reset untuk bisa kembali menggunakan Coolpad E570 ini.

Ini adalah salah satu fitur terbaru yang bertujuan agar sekiranya android tersebut hilang dan jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab, maka ia tidak bisa menggunakan android tersebut jika ia tidak mengetahui Akun Google pemilik Android tersebut.

Yang jadi masalah pada kasus saya adalah, sang empunya Android Coolpad E570 ini tidak ingat apa akun Googlenya, katanya waktu dulu pertama dibeli, ia hanya minta tolong ke orang konter untuk dibuatkan akun Google dan ia sendiri tidak mengetahui Email sama Passwordnya.

Akhirnya saya putuskan untuk mencoba membypass Coolpad E570 yang nyangkut di Factory Reset Verification (FRP) ini. namun saya tidak berjanji bisa berhasil ke teman tersebut, karena saya sendiri baru 2 x mendapati kasus nyangkut di Google Verification seperti ini. dulu pertama kali Android yang sempat berhasil saya tangani adalah Huawei Y560-U02 . Sedangkan untuk android Coolpad Type E570 ini baru pertama kali saya berujumpa dengan kasus yang seperti ini.

Setelah saya mengiakan untuk mencoba mengatasi masalah FRP ini, teman saya tersebut langsung cabut pulang. Setelah dia pulang barulah saya sadar bahwa masih di awal saya sudah langsung mendapati sebuah masalah yaitu awalnya saya tidak mengetahui Type dari Android Coolpad ini. karena Android Merek Coolpad ini tidak bisa dibuka Penutup belakangnya untuk melihat type yang biasanya ada di balik baterai. akhirnya mulailah saya surfing ke mbah Guugle bermodalkan sedikit informasi yaitu " Bypass Factory Reset Verification Coolpad".

Hasil dari Surfing dengan kata kunci tersebut mulai memberikan sedikit pencerahan, namun dari semua Artikel yang membahas tentang Bypass FRP Coolpad tersebut, tidak ada 1 pun model dan bentuk Coolpad yang cocok dan identik dengan Coolpad yang sedang saya tangani, yang artinya tutorial2 tersebut belum tentu bisa dan cocok untuk saya terapkan pada Coolpad yang ada pada saya.

Karena mulai buntu, saya baca kembali artikel saya sebelumnya Tentang bypass Google Verification pada Huawei Y560-U02 untuk menganalisa kembali langkah-langkahnya dan secara garis besarnya trik untuk membypass FRP ini adalah berusaha masuk ke menu Setting pada Android dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi assistant yang biasanya ada pada Keyboard (Aplikasi Swype pada kasus Huawei)

Pada Android Coolpad E570 ini ternyata cara untuk mengakalinya lebih mudah yaitu dengan cara
  • Pada menu wellcome Coolpad sebenarnya kita sudah bisa langsung masuk ke menu Setting android dengan cara mengakses Emergency Calls terlebih dahulu. Namun saya sendiri tidak langsung masuk ke Emergency calls. saya klik next dan saya Hubungkan Coolpad E570 ini ke Internet memalui jaringan wireless
    Bypass Factory Reset Verification (FRP) / Google Verification pada Android Coolpad E570
  • Setelah terhubung ke jaringan internet, menu yang tampil selanjutnya adalah menu untuk memasuka Email, email yang dimaksud disini adalah email yang digunakan pada Coolpad E570 ini sebelum dilakukanya Factory Reset. Nah nanti ditahap inilah baru saya masuk ke menu setting dengan cara saya tulis beberapa huruf pada kolom Email terus saya tap atau klik 2 x pada huruf-huruf tersebut maka akan muncul beberapa pilihan, dan silahkan pilih assistan
    Bypass Factory Reset Verification (FRP) / Google Verification pada Android Coolpad E570
  • Maka akan terbuka Google Assistant, anda hanya perlu mengetik settings untuk membuka menu setting
  • Setelah menu setting terbuka, yang pertama saya lakukan adalah masuk ke About Phone. Dari About Phone inilah saya mengetahui Type dan informasi penting lainya yang berkaitan dengan Coolpad yang tengah saya coba bypass ini. Yaitu Coolpad E570 dengan Android Versi 6
  • Informasi yang saya dapatkan dari Hasil Surfing di google, sebagian besar artikel mengarahkan kita untuk masuk kemenu setting dengan Berbagai cara, salah satunya ya itu tadi dengan memanfaatkan Google Assistan.
  • Namun setelah menu setting terbuka, langkah2 selanjutnya dari Tutorial2 yang saya baca tidak ada 1 pun yang work pada Coolpad E570 ini. Mulai dari menonaktifkan OEM Unlock yang tidak berhasil karena menu developer Option yang tidak juga muncul walaupun saya sudah mengetuk Build Version dll beberapa kali yang pada menu About Phone/Tentang.
  • Ada juga tutorial yang setelah masuk ke menu Setting Atau pengaturan, langsung lanjut ke menu Backup & Reset. selanjutnya setelah dilakukan reset kembali maka Coolpad akan hidup kembali normal tanpa meminta Verifikasi, namun hal itu tidak berlaku atau tidak terjadi pada kasus yang saya alami
  • Ada juga tutorial yang menggunakan Aplikasi2 tambahan seperti FRP-bypass-1.0.apk, ada juga yg menggunakan Root Jungky FRP Bypass, ada lagi yang menggunakan trik dengan menginstall Aplikasi Setting dan Development setting. namun lagi2 semua itu tidak ada yang berhasil pada Coolpad E570
  • Ohia, jika anda bingung bagaimana caranya menginstall aplikasi dalam keadaan Locked, caranya mudah kok, siapkan Aplikasi yang ingin anda install (dalam bentuk apk) lalu taruh di Mikro SD terus buka File manager lalu cari Aplikasi anda dan install seperti biasanya. Untuk membuka Filemanager pun caranya sama dengan waktu kita membuka menu setting yaitu tab 2 x pada tulisan yang kita ketik pada kolom apapun lalu pilih Assistant, setelah Google Assistant terbuka baru ketik File manager pada kolom pencarian setelah itu baru pilih File manager, maka File manager akan otomatis terbuka
  • Posisi sekarang Coolpad E570 sudah dengan mudah keluar masuk menu Setting, bahkan udah bisa install Launcher jadi tampilanya udah hampir normal, namun posisi aslinya Coolpad E570 ini masih dalam keadaan Locked alias terkunci, ini ditandai dengan jika anda menekan tombol back terus menerus maka anda akan kembali ke halaman awal saat pertama kali Coolpad ini hidup yaitu pemilihan Bahasa dan Emergecy Calls.
  • Hampir saja saya putus asa untuk menyelesaikan masalah ini, sampai akhirnya saya menemukan sedikit lagi tambahan informasi atau tambahan trik lainnya. yaitu dengan melakukan Login Akun Google Baru melalui Browser dengan cara. Download dulu file APK QuickShortcutMaker terus taruh di SD Card dan lanjutkan dengan menginstallnya. Setelah di install cari "Pengelola Akun Google" atau "Google Account Manager" jika menggunakan bahasa inggris.
  • Setelah memilih Google Account manager maka akan terbuka list Child yang ada dibawahnya. Disinilah letak permasalah inti pada Coolpad E570 ini. Entah bagaimana dan kenapa ada salah satu Child yang hilang pada Google Account Manager yaitu tidak adanya Type Email and Password. Akhirnya saya coba download File APK Goole Account Manager yang baru lalu menginstallnya kembali pada Coolpad E570 ini dan hasilnya sudah muncul atau sudah ada Child Google Account Manager Type Email dan Password
    Bypass Factory Reset Verification (FRP) / Google Verification pada Android Coolpad E570
  • Setelah itu Pilih Google Account Manager Type Email And Password lalau Pilih Try
    Bypass Factory Reset Verification (FRP) / Google Verification pada Android Coolpad E570
  • maka akan muncul Form yang meminta anda untuk menuliskan Password. pada tahap ini anda tidak perlu menuliskan apapun, cukup pilih titik 3 yang ada disudut kanan lalu pilih browser Signin
    Bypass Factory Reset Verification (FRP) / Google Verification pada Android Coolpad E570
  • Maka akan muncul sebuah jendela browser, nah disinilah anda menginputkan Email baru untuk didaftarkan ke Android Coolpad E570 ini. 
    Bypass Factory Reset Verification (FRP) / Google Verification pada Android Coolpad E570
  • Setelah berhasil memasukan Email baru, Coolpad tersebut saya reboot alias restart. dan setelah selesai Restart dan beberapa proses sinkronasi akhirnya Coolpad E70 yang nyangkut di FRP / Google Verification kini sudah normal kembali dengan menggunakan Email baru yang didaftarkan  sebelumnya.
Mohon maaf jika penjelasanya berputar-putar dan membingungkan, karena saya sendiri sebenarnya bingung mau nulisnya kayak gimana.

Note :
  1. Gambar yang saya gunakan bukan merupakan hasil dokumentasi Asli, karena saat Artikel ini ditulis Coolpad E570 tersebut sudah Normal dan sudah saya kembalikan ke pemiliknya
  2. Untuk Link aplikasi Google Account Manager dan QuickShortcutMaker silahkan Googling aja dulu, nanti kalau udah ada waktu pasti saya update di Postingan ini
  3. Jangan ragu untuk bertanya jika anda merasa bingung dengan penjelasan diatas
  4. Artikel ini saya tulis berdasarakan kejadian nyata yang saya sudah coba sendiri dan berhasil
  5. Resiko kerusakan dan Efek negatif lainya yang mungkin saja timbul dari artikel ini bukan menjadi tanggung jawab saya. makanya jika anda ragu serahkan saja pada tukang servis handphone.

Terima kasih Wassalam :D.


24 January 2017

Lampu Tinta/Kertas Pada Printer Epson L110 Berkedip. Ink Pad End Of Service life

  No comments
Assalamualaikum
Kali ini saya ingin share bagaimana caranya mengatasi error pada printer Epson type L110 dengan indikasi Lampu Tinta/kertas berkedip, Printer tidak memberikan respon apapun dan ada pesan "Ink Pad End Of Service Life" Pada layar Komputer.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya sangat mudah, yaitu kita hanya perlu melakukan reset counter sehingga sehingga printer Epson L110 Bisa kembali bekerja dengan menggunakan bantuan aplikasi Adjusment Program khusus Printer Epson L110.

  • Download dulu Aplikasi Reseternya
  • Extract dan Jalankan 
  • Lalu Klik Select. pada kolom Model pilih L110 dan pada Port pilih Port yang digunakan untuk terhubung ke Printer lalu klik Ok
    Lampu Tinta/Kertas Pada Printer Epson L110 Berkedip. Ink Pad End Of Service life
  • Pilih Particular Adjusment Mode
    Lampu Tinta/Kertas Pada Printer Epson L110 Berkedip. Ink Pad End Of Service life
  • Klik Waste Ink Pad Counter lalu klik ok
    Lampu Tinta/Kertas Pada Printer Epson L110 Berkedip. Ink Pad End Of Service life
  • Selanjutnya centang Main Pad Counter . Lalu Klik Tombol Check . Centang kembali Main pad Counter lalu klik Intialization
    Lampu Tinta/Kertas Pada Printer Epson L110 Berkedip. Ink Pad End Of Service life
  • Setelah Proses selesai, matikan Printer dan silahkan hiduppkan kembali
Semoga Cara ini bermanfaat untuk anda dalam mengatasi permasalahan Lampu tinta/kertas pada Printer Epson L110 yang berkedip atau mengalami Ink Pad End Of Service life

Terima kasih :D.


22 January 2017

Membuat Running Text Menggunakan P10 dan Controller TF-SW

  No comments
Assalamualaikum.
Tahun 2016 kemaren saya pernah merakit sebuah running text menggunakan Arduino sebagai kontrolernya, dan Bluetoth sebagai Media penghubung antara Android dan modul p10. Lebih detailnya bisa anda baca di "Kontrol Running Text p10 menggunakan Android dan Arduino". 

Kekurangan dari Rangkaian tersebut adalah, setiap kali Arduinonya mati atau kehilangan power maka Tulisan akan terhapus, dan kita harus menginputnya kembali melalui Android setiap kali Arduinonya di nyalakan kembali.

Nah karena itu kali ini saya mencoba merakit kembali Running Text yang lebih simpel dan mudah tanpa harus koding-kodingan lagi menggunakan Arduino

Bahan-bahan yang diperlukan
  1. 1 Buah Modul p10
  2. 1 Buah kontroler Running Text (TF-SW)
  3. Aplikasi PowerLed untuk PC dan Android

Hanya bermodalkan ketiga bahan diatas, kita sudah bisa membuat atau lebih tepatnya merakit Modul untuk dijadikan Running Text. Untuk kontrolernya saya tidak lagi menggunakan Arduino, begitupun Bluetooth tidak saya gunakan lagi, karena saya menggantinya dengan Kontroler khusus Running Text yang sudah include dengan Wireless yaitu TF-SW

Modul p10 dan Kontroler TF-SW saya dapatkan dari toko Online Dengan total harga -+ 2ratusan ribu. hal ini tentu lebih efisien dan hemat ketimbang menggunakan Arduino, karena harus membeli lagi modul wireless atau bluetooth untuk penghubungnya.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Kontroler TF-SW adalah
  1. Include dengan Wireless
  2. Tidak perlu Coding lagi
  3. Kontroler inipun bisa digunakan sebagai penampil Jam
  4. Bisa di Program langsung melalui Android menggunakan Aplikasi Power Led

Saat pertama kali saya mencoba merakit modul saya mendapati masalah yaitu text yang muncul pada P10 tidak sesuai dengan apa yang saya tulis melalui Power Led di Android. Ternyata p10 ini perlu di konfigurasi terlebih dahulu menggunakan aplikasi Power Led melalui PC/Laptop.

Caranya
  • Buka Aplikasi Power Led di PC/Laptop anda yang sudah terhubung ke kontroler menggunakan USB to Serial
  • Selanjutnya klik Tools Lalu pilih panel setup dan masukan passwordnya 168
  • Pada Tab Panel setup pilih jenis Kontroler yang anda gunakan dan warna Lednya
  • klik tab modular by unit lalu pilih p10 dan akhir dengan menekan tombol setup
  • Nah sekarang anda sudah bisa menghubungkan android anda ke kontroler menggunakan wireless
Sekian dan terima kasih

17 January 2017

Bongkar isi Catridge Karena masalah tinta yang tidak keluar pada Canon IP2770

  No comments
Assalamualaikum
Postingan ini masih berkaitan dengan postingan saya sebelumnya tentang Solusi Error 6000 pada Canon IP2770.

Ceritanya, printer yang error tersebut kini sudah mulai memperlihatkan tanda-tanda kehidupanya setelah melewati beberapa kali operasi karena komplikasi penyakit. maklumlah printer tua yang sudah tidak terurus.

Nah, kali ini penyakitnya adalah tidak ada tinta sama sekali yang muncul di kertas. Analisa saya awalnya mungkin ini karena emang Catridgenya kosong, setelah di isi tinta dan dicoba kembali melakukan print eh ternyata masih saja tetap tidak ada tinta yang keluar.

Kemungkinan besar, ada tinta yang membeku di head catridge karena sudah lama tak terpakai. Nah saya mencoba untuk membersihkanya dengan cara mencelupkan bagian head catridge ke dalam wadah yang berisikan air hangat dengan tujuan agar tinta yang membeku bisa keluar dan tinta bisa jalan normal kembali.

Oh ia, saat mencelupkan bagian head catridge, usahakan agar Pin Pin konektor tidak mengenai air untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan. Air yang digunakan usahakan hangat, karena kalau dingin Tinta yang beku akan sulit cair, dan kalau terlalu panas bisa bisa merusak head catridge. Celupkan bagian head catridge tersebut berulang-ulang agar tinta yang membeku dan menyumbat bisa keluar.
Bongkar isi Catridge Karena masalah tinta yang tidak keluar pada Canon IP2770

Setelah di celupkan ke Air hangat, saya membersihkan head catridge dan Pin-pin konektor menggunakan tisu dengan cara menempelkanya saja secara perlahan. selanjutnya saya memasang kembali catridge kedalam printer, sebelum melakukan printing, saya melakukan Deep Cleaning sebanyak 3 kali. 
Hasilnya tinta warna biru sudah bisa keluar, sedangkan kuning, merah dan hitam masih belum nampak dikertas. Saya ulangi lagi langkah mencelupkan Head ke dalam wadah berisikan air panas beberapa kali dan dilanjutkan dengan melakukan Deep Cleaning namun hasilnya sama saja. Hanya tinta biru saja yang keluar. Anggapan saya, ini pasti mau tidak mau, harus ganti catridge karena masalahnya pasti ada di catidge.

Karena tak ada Catridge cadangan, dan tidak mau keluar ongkos (ngirit, hehehe) akhirnya saya putuskan untuk mencoba membongkar isi catridge tersebut, tujuanya siapa tahu jika dibersihkan langsung dari dalam, catridgenya bisa berfungsi lagi, dan Kalo ternyata tidak berhasil ya paling tidak saya bisa lihat bagaimana penampakan isi dalam catridge.

Kirain untuk membuka catridge itu susah, ternyata sangat mudah. saya hanya menggunakan Obeng mines lalu saya congkel bagian atas atau penutup catridge secara perlahan untuk membukanya.
Bongkar isi Catridge Karena masalah tinta yang tidak keluar pada Canon IP2770

Abis itu saya keluarin gabus/serat (entah apa namanya) yang ada di dalam Catridge lalu saya bersihkan dengan air biasa sampai terlihat bersih. sedangkan bagian dalam Catridge saya cuci dengan Air hangat untuk mempermudah keluarnya tinta, karena kalau dengan air dingin agak sulit dan lama untuk membersihkanya. namun tetap perhatikan agar tidak ada air yang mengenai Pin Pin Konektor catridge.

Setelah dikeringkan dengan cara di jemur dan diangin-anginkan sebentar, saya masukin kembali gabus kedalam catridge dan ditutup kembali. 
Bongkar isi Catridge Karena masalah tinta yang tidak keluar pada Canon IP2770

Untuk merekatkan bisa gunakan Lem, namun saran mendingan dipakein isolasi aja supaya besok besok bisa dibuka lagi dengan mudah, asalkan pas ditutp harus benar-benar rapat serapat-rapatnya ya gan :D.

Tinta pun mulai diisi kembali kedalam Catridge, dan mulailah masuk uji coba. Seperti biasa awali dulu dengan melakukan Head Cleaning beberapa kali sampai terlihat ada tinta yang keluar di pembuangan. setelah itu barulah mulai melakukan printing. Dan hasilnya alhamdulillah Catridge yang tadinya hampir saya buang kini sudah bisa digunakan kembali tanpa harus diganti.

Wassalam :D

Hati-hati, usahakan agar tidak ada pin yang kena air, dan waktu dipasangkan kembali ke dalam dudukanya, Pin konektor harus dalam keadaan Kering untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada printer.

Cara Memperbaiki Canon IP2770 Blink 3x Bergantian / Error 6000

  No comments
Assalamualaikum, akhir-akhir ini Blog Catatan Lamers ini mulai jarang di update karena aktifitas didunia nyata yang lumayan padat sehingga tidak sempat buat saya menulis konten di blog ini. Salah satu kegiatan yang saya lakukan akhir-akhir ini adalah Service Printer atau lebih tepatnya "belajar Memperbaiki Printer".

Salah satu jenis printer yang coba saya pelajari cara memperbaikinya adalah Canon IP2770, dengan problem atau indikasi masalah lampu led hijau (power) dan kuning/orange berkedip bergantian sebanyak 3 x (tiga kali) dan pesan error yang muncul dilayar komputer adalah Error 6000
Cara Memperbaiki Canon IP2770 Blink 3x Bergantian / Error 6000

Sebelumnya saya pernah mendapati masalah yang hampir mirip, yaitu ketika lampu led orange/kuning berkedip sebanyak 3 kali dan lampu powernya normal alias tetap menyala dan tidak berkedip. dan untuk hal tersebut penyebabnya ada pada gir gir mekanik yang macet sehingga untuk penangananya kita harus mengecek gir gir tersebut apakah ada yang patah atau ada benda yang nyangkut disela-sela sehingga roda gir mekanik tidak dapat berputar.

Nah untuk masalah yang sekarang (Blink 3 kali bergantian / Error 6000) Penyebab dan Solusi penangananya pun sama persis seperti problem pada "Blink orange 3x" yaitu ada masalah pada roda-roda gir mekanik sehingga perlu dilakukanya pengecekan dengan cara membongkar Printer IP2770 untuk mencari tahu lokasi Gir yang macet.

Umumnya, letak kerusakan ada di bagian motor/dinamo yang menggerakan Roda2 gir mekanik yang terletak di kiri depan Printer ( Cover printer menghadap anda). 
Cara Memperbaiki Canon IP2770 Blink 3x Bergantian / Error 6000
Dinamo Motor Gir Mekanik
Pada kasus yang saya alami, ternyata benar bahwa masalahnya ada disitu, yaitu Roda2 Gir tidak dapat berputar saat saya mencoba memutarnya dengan tangan secara manual. setelah saya cek lagi, penyebabnya ada pada Dinamo/Motor yang sudah berkarat, entah mungkin karena kena tinta dan sudah mengering untuk waktu yang cukup lama, maklum Printer Canon IP2770 yang saya tangani ini memang hanya saya dapatkan di gudang, dan saya perbaiki dengan tujuan untuk dijadikan kelinci percobaan untuk belajar memperbaiki Printer.
Cara Memperbaiki Canon IP2770 Blink 3x Bergantian / Error 6000
Dinamo / Motor IP2770 yang berkarat
Kebetulan saja, ada lebih dari 1 Printer yang ada di gudang, karena itu saya mencopot dinamo dari printer lain yang juga sudah rusak (Rusak mainboard) dan saya pasangkan ke Printer yang dinamonya berkarat tadi.

Pas dicoba, ternyata benar saja printer akhirnya sudah tidak lagi Blinking 3 kali bergantian, dan sudah ada respon dari printer, yaitu roda-roda gir berputar kembali dengan normal. 
Cara Memperbaiki Canon IP2770 Blink 3x Bergantian / Error 6000
Gir mekanik yang sudah diperbaiki dan dibersihkan
Karena printer ini emang udah lumayan berumur, setelah masalah Error 6000 tersebut teratasi, muncul lagi beberapa problem seperti Error 5100 dan beberapa error lainya. Namun setelah saya pelajari, akhirnya semua masalah tersebut bisa diatasi dan kini Printer Canon IP2770 tersebut sudah beroperasi kembali.

Untuk penanganan masalah Error lainya pada IP2770 akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Terima kasih
Wassalam :D.

07 January 2017

Setting Wireless Router Bluelink BL-R30G Sebagai Repeater Bridge untuk Hotspot

  No comments
Assalamualaikum
Kali ini saya akan membahas bagaimana caranya melakukan Konfigurasi pada Wireless Router Bluelink BL-R30G untuk dijadikan Repeater jaringan wireless dalam mode Bridge. Alasan saya menggunakan menggunakan mode Bridge bisa anda baca pada Artikel sebelumnya yang membahas tentang bagaimana caranya mengkonfigurasi TP-Link WR740N sebagai AP Client Bridge atau Repeater Bridge.
Setting Wireless Router Bluelink BL-R30G Sebagai Repeater Bridge untuk Hotspot

Perangkat Bluelink ini termasuk perangkat legendaris alias sudah jadul, dan mungkin sudah tidak banyak lagi penggunanya karena sudah beralih ke Merek Radio wireless terbaru seperti TP-Link,Ubiquity,Mikrotik,D-Link dan sebagainya. saya sendiri awal berjumpa dengan BL-R30G ini karena ada teman yang minta agar dirumahnya bisa dipasangkan Hotspot dari server hotspot saya. 

Nah cara settingnya seperti ini
  • Agar lebih mudah, ada baiknya Reset terlebih dahulu perangkat Bluelink BL-R30G anda, dengan cara menekan tombol reset selama -+ 30 Detik menggunakan kayu kecil atau apa saja yang bisa masuk ke lubang Reset.
  • Setelah di reset, Colok kabel Lan ke PC/Laptop yang akan digunakan melakukan konfigurasi, lalu ujung kabel tersebut di pasang di salah satu Port LAN (1-4) yang ada pada Bluelink BL-R30G 
  • Jika sudah, buka Browser (Firefox/Chrome) lalu ketikan alamat konfigurasi BL-R30G yang defaultnya adalah 192.168.2.254
  • Masukan username dan password defaultnya yaitu user: admin password: admin . Jika berhasil maka anda akan dibawa ke halaman status BL-R30G seperti pada gambar dibawah ini
    Setting Wireless Router Bluelink BL-R30G Sebagai Repeater Bridge untuk Hotspot
  • Konfigurasi awal yang dilakukan adalah merubah IP Address BL-R30G ini menjadi sekelas dengan IP Hotspot atau IP Wireless yang akan direpeat nantinya. pada kasus saya, IP Hotspot saya adalah 192.168.3.1 dengan range DHCP dari 192.168.3.100 s/d 192.168.3.200, karena itu BL-R30G ini saya beri IP 192.168.3.200 dan Gateway saya isi 192.168.3.1 (Server Hotspot Mikrotik), DHCP pun sengaja dimatikan agar Client dibawah BL-R30G ini nantinya mendapatkan IP dari DHCP server yang ada di Mikrotik, bukan dari BL-R30G ini. Klik Apply Changes untuk menyimpan perubahan
    Setting Wireless Router Bluelink BL-R30G Sebagai Repeater Bridge untuk Hotspot
  • Setelah di Apply, maka anda harus merubah konfigurasi IP Address Pada PC anda agar sekelas kembali dengan IP BL-R30G seperti pada contoh dibawah ini
  • setelah diubah IP komputer anda, maka akses kembali halaman konfigurasi Bluelink dengan mengunjungi alamat IP baru yang tadi kita ubah, pada kasus ini adalah 192.168.3.200. setelah terbuka langsung menuju Menu Operation mode lalu Pilih Bridge dan klik Apply Change
    Setting Wireless Router Bluelink BL-R30G Sebagai Repeater Bridge untuk Hotspot
     
  • setelah perangkat reboot, kini masuk ke menu Wireless lalu klik sub menu Basic Settings. Mode Pilih Client, SSID di isi terserah kemauan anda, sisanya ikuti saja yang ada pada gambar dibawah ini lalu Klik Apply Change.
    Setting Wireless Router Bluelink BL-R30G Sebagai Repeater Bridge untuk Hotspot
  • Setelah Reboot, masuk kembali ke menu Wireless lalu pilih sub menu Site Survey, Klik refresh untuk menampilkan list Wireless yang terdeteksi oleh perangkat Bluelink ini, jika sudah pilih salah satu wireless yang akan di repeat dengan cara mengklik Radio button yang ada di Ujung list wireless lalu klik Connect.
    Setting Wireless Router Bluelink BL-R30G Sebagai Repeater Bridge untuk Hotspot
  • Jika berhasil konek akan muncul notif seperti pada gambar dibawah ini
    Setting Wireless Router Bluelink BL-R30G Sebagai Repeater Bridge untuk Hotspot
  • Sampai disini, seharusnya PC anda sudah bisa terhubung ke Hotspot namun masih harus menggunakan Kabel, karena posisi BL-R30G kini hanya berfungsi sebagai Penerima saja, belum di buat untuk pemancar alias repeater.
  • Untuk membuatnya bekerja sebagai penerima dan pemancar sekaligus, maka masuk kemenu Wireless lagi lalu ke Basic Settings lagi. Mode yang tadinya Client diubah lagi menjadi AP.  Centang enable Universal Repeater mode, lalu pada kolom disampingnya isikan SSID dari wireless yang akan di repeat, Channel Numbernya pun harus sama dengan wireless pusat, dan untuk SSID bisa anda rubah menjadi Nama lain, atau bisa juga anda biarkan sama seperti nama wireless pusat yang akan di repeat. jika semua telah diatur maka klik Apply Changes. Dan selesai.
    Setting Wireless Router Bluelink BL-R30G Sebagai Repeater Bridge untuk Hotspot

sampai disini seharusnya Wireless Router Bluelink BL-R30G sudah berfungsi sebagai repeater Bridge untuk menguatkan signal wireless hotspot.

Sekian dan terima kasih 







04 January 2017

Konfigurasi TP-Link TL-WR740N DD-WRT Mode Client Bridge / Repeater

  4 comments
Assalamualaikum 
Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas bagaimana caranya mengganti firmware TP-Link TL-WR740N menjadi DD-WRT dengan tujuan agar si WR740N ini bisa digunakan dengan mode Client alias jadi penangkap/penerima signal wireless. 

Mode Client sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu Client Bridge dan Client Router, perbedaan dari keduanya saya rasa mungkin sudah cukup jelas dari namanya. Sebagai Contoh, jika anda memiliki RT/RW Net menggunakan fitur Hotspot dari mikrotik dan anda ingin memperluas jaringan anda, maka anda bisa menggunakan WR740N ini sebagai penguat signal atau repeater dengan mode Client Bridge pada Interface utamanya, selanjutnya akan signal yang diterima tersebut akan dipancarkan kembali oleh WR740N menggunakan Virtual Interface sehingga WR740N yang sudah menggunakan Firmware DD-WRT akan menjalankan 2 fungsi sekaligus secara bersamaan yaitu Penerima sekaligus pemancar dalam Mode bridge, yang artinya Koneksi yang didapat dari Virtual Interface masih satu network dengan Hotspot. Kalo bingung dengan penjelasan saya, semoga gambar dibawah ini bisa memperjelasnya.
Konfigurasi TP-Link TL-WR740N DD-WRT Mode Client Bridge / Repeater
Nah cara konfigurasinya sebenarnya sangat mudah, namun biasanya bagi yang baru pertama kali migrasi dari Firmware Asli bawaan TP-Link menjadi DD-WRT seringkali mendapati masalah saat melakukan konfigurasi.

Skenario

  1. Mikrotik RB450G sebagai Server Hotspot yang berjalan di Port 3.
  2. Mikrotik Sudah selesai disetting, dan sudah bisa berinternet dan juga sudah di konfigurasi pula server Hotspotnya
  3. IP Server Mikrotik adalah 192.168.3.1
  4. IP Range dari DHCP Server Mikrotik adalah 192.168.3.100 s/d 192.168.3.254
  5. Rocket M2 + Antena Omni AMO2G13 Bertindak sebagai penyebar signal dalam Mode Bridge
  6. TP-Link WR740N dengan Firmware DD-WRT akan bertindak sebagai Repeater dengan  cara menangkap signal dari Pemancar pusat (Rocket M2) setelah itu di Pancarkan kembali menggunakan Virtual Interface atau Virtual AP yang sudah termasuk dalam salah satu fitur firmware dd-wrt.


Let's Begin

  • Masuk ke menu konfigurasi DD-WRT menggunakan Browser, lalu arahkan ke Tab Menu Status lalu ke sub menu Wireless. dibagian Bawah Klik Site survey untuk melihat signal wireless yang terdeteksi oleh si TP-Link WR740N ini
    Konfigurasi TP-Link TL-WR740N DD-WRT Mode Client Bridge / Repeater
  • Selanjutnya perhatikan, SSID mana yang ingin anda tangkap, jika sudah ketemu langsung Klik Join
    Konfigurasi TP-Link TL-WR740N DD-WRT Mode Client Bridge / Repeater
  • Seharusnya, setelah Klik join maka anda akan dibawa ke menu Wireless - Basic Settings. Namun jika tidak otomatis, maka anda harus masuk ke menu tersebut.
  • Pada bagian Wireless mode pilih Client Bridge (Routed) lalu Klik Save (Jangan dulu klik Apply Settings)
    Konfigurasi TP-Link TL-WR740N DD-WRT Mode Client Bridge / Repeater
  • Setelah anda Klik Save maka akan muncul sebuah Pilihan lagi yaitu Default GW Mode, silahkan Pilih Auto (DHCP). Lalu dibagian Bawah Virtual Interfaces klik tombol Add
  • Pada Virtual Interface yang baru saja dibuat (Dengan Mengklik tombol add) , Wireless mode pilih AP (Pemancar) lalu wireless SSID diisi sesuka hati anda, sisanya dibiarkan default saja
    Konfigurasi TP-Link TL-WR740N DD-WRT Mode Client Bridge / Repeater
  • Terakhir Masuk ke menu Setup lalu Basic Setup. Atur IP TP-Link sekelas dengan IP Hotspot Server, tujuanya agar mudah di Remot dan di konfigurasi kembali jika sudah terhubung dengan Server hotspot. Setelah Selesai barulah anda bisa klik Apply Changes, dan Perangkat akan melakukan Reboot dan setelah itu perangkat sudah siap untuk digunakan
    Konfigurasi TP-Link TL-WR740N DD-WRT Mode Client Bridge / Repeater
  • Untuk Membuktikanya lihat gambar dibawah ini.
    Konfigurasi TP-Link TL-WR740N DD-WRT Mode Client Bridge / Repeater


Oke sekian dan Terima kasih
Semoga bermanfaat
Wassalam