18 March 2017

Solusi Masalah Port LAN UBNT/Ubiquiti Yang tidak terdeteksi

Tags

Assalamualaikum
Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengalaman saya ketika menangani perangkat wifi yang bermasalah , Lebih tepatnya adalah Radio Ubiquiti Nanobridge M2 yang selama ini saya gunakan sebagai Link PTP mengalami masalah berupa tidak bisa di aksesnya konfigurasi melalui browser.

Problem seperti ini lumayan sering dialami oleh para pemain wifi (Juragan Hotspot), karena sering kali saya membaca keluhan-keluhan untuk masalah seperti ini di Group-group Facebook yang berkaitan dengan jaringan,Wireless dan RT/RW Net. Keluhannya pun bermacam-macam, ada yang mengalami Radionya rusak dengan indikasi Lampu LED LAN pada perangkat tidak menyala walaupun sudah di Colok kabel, ada juga yang Indikator LAN menyala namun tidak bisa di ping atau diakses melalui browser.

Saya sendiri sudah beberapa kali mengalami hal yang serupa, ada yang berhasil sembuh seperti Nanostation Loco M2 yang tidak terdeteksi Port LAN,  namun banyak juga perangkat lainnya yang kini sudah pensiun karena mengalami problem yang serupa.

Pada artikel ini perangkat yang rusak adalah Nanobridge M2 dengan indikasi kerusakan LED indikator LAN menyala namun tidak bisa di Ping dari Komputer dan juga tidak bisa di akses menu konfigurasinya.

Hal pertama yang saya lakukan adalah Melakukan Hardreset denga menekan tombol Reset yang ada pada Horn Nanobridge. Namun hal Reset ternyata belum bisa menjadi jawaban untuk masalah ini. karena setelah di reset pun, Nanobridge M2 masih tetap tidak bisa di Ping

Entah ada ilham dari mana, saya teringat bahwa radio Merk Ubiquiti/UBNT defaultnya dalam keadaan mode Station (Penerima) , atas dasar hal tersebut saya mencoba peruntungan dengan menyiapkan sebuah radio lain yang akan digunakan sebagai Access Point (Pemancar). Tujuanya, agar Nanobridge M2 ini bisa terhubung ke AP (Pemancar) melalui wireless.

Berikut langkah-langkahnya
  • Siapkan sebuah Radio Access Point yang akan digunakan sebagai media penghubung ke Nanobridge yang tidak terdeteksi Port LAN atau tidak bisa diakses melalui LAN
  • Merk atau type apapun Radio yang anda siapkan ada baiknya jika direset terlebih dahulu
  • Setelah di Reset, Atur IP Address AP menjadi 192.168.1.1
  • Selanjutnya Setting Radio Tersebut untuk dijadikan pemancar dalam mode Bridge dan dengan SSID ubnt
  • Secara otomatis Radio Nanobridge M2 akan terhubung ke perangkat yang dijadikan AP tadi, karena defaultnya Perangkat UBNT berjalan dalam mode station dari pemancar dengan SSID ubnt
    Solusi Masalah Port LAN UBNT/Ubiquiti Yang tidak terdeteksi
  • Setelah berhasil terhubung (Indikator signal pada Nanobridge Menyala), saya mencoba melakukan ping ke IP address default perangkat Ubiquiti yaitu 192.168.1.20 dan hasilnya reply
  • Saya coba akses menunya melalui Browser dan ternyata bisa :D
  • Karena sudah bisa masuk ke menu konfigurasi Nanobridge jadi saya mencoba mengganti pengaturan LAN Speed yang ada di menu Advanced dari yang tadinya Auto saya ubah menjadi 10Mbps Full.
    Solusi Masalah Port LAN UBNT/Ubiquiti Yang tidak terdeteksi
  • Setelah mengklik Change lalu Apply, saya mencoba kembali mencolok kabel LAN langsung ke Nanobridge untuk dicoba kembali dan alhamdulillah kini Nanobridge milik saya sudah bisa diakses kembali melalui LAN walaupun kecepatanya hanya 10Mbps


Nah jika anda mengalami hal yang serupa, namun ketika mengganti LAN Speed hasilnya tetap saja perangkat anda tidak bisa diping atau diakses, anda bisa mencoba Opsi lain yaitu dengan memanfaatkan perangkat tersebut untuk dijadikan Repeater dengan menggunakan mode AP-Repeater.

Sekian dan Terima kasih

Wassalam

11 komentar

sangat bermanfaat gan Luarbiasa penemuannya,,, Keren

selamat pagi, saya memakai Loco M2 sebagai client. Problemnya sama sih, walaupun bisa digunakan sebagai client, tapi saya tidak bisa mengakses web setting melalui LAN. Saya coba cara anda namun tidak bisa, apakah ada saran?

hahhahah artikelnya mengelikan.....ubnt tidak bisa menjadi station sebelum kita memilih country...

dicoba aja dlu gan bru komen lgi

MAS PUTRA COC.. bisa ko gan,, malah saya sering pake cara ini untuk mengatasi radio yang mati LAN NYA,, lumayan msh bs d pake repeter...

Mantap gan. Terima kasih

Itu pas buat SSID "ubnt" nya tanpa password kah ?

@azmi : iya gak pake password

wkwkwk works mas... thx advicenya... kemaren sempet pusing gara2 sayang klo di buang :(

mantap ternyata bender om

kalau litebeam apakah bisa pakek cara itu


EmoticonEmoticon