17 February 2017

Solusi Masalah Monitor "Input Not Supported" Saat bermain Point Blank

Assalamualaikum
Sore tadi ada seorang Owner warnet di kompleks rumah saya yang datang minta tolong untuk memeriksa keadaan komputernya. Menurut penjelasanya setiap kali ada yang mau bermain Point Blank di salah satu PC Client Warnetnya, pasti monitor langsung mati dan ada tulisan "Input Not Supported" pada layar Monitornya.

Asumsi awal sang owner warnet adalah, Kabel power PC ada yang bermasalah, begitu katanya. Namun ternyata hal itu tidak benar, karena pada saat saya coba, ketika muncul tulisan "Input Not Supported " pada Layar monitor saya mencoba menekan tombol Windows pada keyboard, dan hasilnya Layarnya kembali normal dengan menampilkan Desktop.

Dari analisa tersebut, bisa saya simpulkan bahwa masalah ada pada "Resolusi", yang artinya Resolusi Point Blank melebihi kemampuan Resolusi monitornya, sehingga Monitor tidak mampu menampilkan gambar dari permainan Point Blank ini

Saya coba Cek Resolusi Display pada PC bisa nyampe 1920x1200 karena kebetulan PC ini menggunakan VGA Card yang sanggup sampai Resolusi 1920x200. Dari beberpa hal yang diketahui tersebut sudah bisa ditebak solusinya yaitu dengan mengganti Resoulsi dari Game Point Blank menjadi sesuai dengan kemampuan Resolusi pada Layar Monitor. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka Aplikasi PBConfig.exe yang ada pada Folder instalasi Pointblank sesuai Resolusi pada Layar monitor

Dan hasilnya, Game Point Blank kini sudah bisa tampil kembali pada layar monitor dan saya pun mendapat sedikit Imbalan untuk beli Rokok atas hal yang simpel ini hehehehe

Terima kasih wassalam :D



EmoticonEmoticon